Losari.web.id – Memahami apa itu SEO akan sangat membantu Anda dalam mengembagkan bisnis dengan memanfaatkan media internet. Seperti yang Anda ketahui, saat ini internet marketing merupakan salah satu bagian paling penting dari setiap bisnis, baik yang bergerak di segala bidang.
Meskipun Anda punya bisnis yang bergerak di bidang jasa offline seperti instalasi listrik, kontraktor, hingga jasa sedot WC, pemahaman tentang SEO tetap dibutuhkan. Karena SEO bisa membantu Anda melakukan promosi di Google dan menjangkau calon pelanggan yang lebih luas.
Nah untuk lebih lengkapnya mengenai apa itu SEO, mari kita bahas tuntas dalam artikel berikut ini.
Apa itu SEO dan SEM?
Beberapa dari Anda mungkin sadar bahwa pemilik website bisnis di dunia bukan hanya ratusan orang. Bahkan di Indonesia sendiri, sudah ada jutaan pemilik website bisnis yang saling bersaing mendapatkan posisi di halaman pertama Google maupun mesin pencarian lainnya.
Dengan menduduki peringkat pertama mesin pencarian, website tersebut akan lebih banyak dilihat oleh pengguna internet yang mencari kata kunci tertentu.
Dalam dunia internet marketing sendiri, ada 2 metode yang biasa dilakukan untuk mengoptimasi sebuah website agar bisa mempromosikan dan menjangkau lebih banyak audiens. Di antaranya ialah:
- SEO
- SEM
Nah, berikut ini penjelasan dari apa itu SEO dan SEM.
Apa Itu SEO?
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Sederhananya, arti dari apa itu SEO adalah langkah atau metode untuk mengoptimasi website, blog, maupun konten yang Anda unggah agar bisa ditampilkan dalam halaman mesin pencarian.
Dengan optimalkan kualitas sebuah situs web, kemungkinan website tersebut tampil di halaman pertama pencarian Google akan jadi lebih tinggi.
SEO juga membantu Anda mendapatkan pengunjung situs yang organik, banyak, dan berkualitas. Bukan hanya berkualitas dari segi angka, namun juga berkualitas dari segi siapa pengunjungnya.
Karena dalam sebuah bisnis, tentunya memiliki target pasar yang terarah sangatlah penting untuk mengatur strategi penjualan.
Apa Itu SEM?
Berbeda dengan SEO, SEM merupakan cara yang dilakukan untuk mengoptimasi website agar bisa berada di halaman pertama Google. SEM sendiri merupakan singkatan dari Search Engine Marketing atau pemasaran menggunakan mesin pencarian.
Jika SEO mendapatkan trafik organik dengan mengoptimasi website agar selaras dengan keinginan algoritma, SEM justru memanfaatkan fitur yang sudah disediakan oleh Google bernama Google Adwords.
Jadi pada dasarnya, Anda akan mempromosikan website atau produk menggunakan layanan Adwords.
Dengan begitu, website akan langsung tampil di halaman dan peringkat paling pertama pencarian Google meskipun dengan struktur dan konten yang tidak tersusun.
Untuk menggunakan layanan Adwords sendiri, Anda perlu membayar biaya yang sudah ditentukan. Besar kecilnya harga Adwords yang harus dibayar tergantung dari berapa lama dan berapa luas audiens yang ingin ditargetkan.
Selain itu, Anda tetap perlu mengatur strategi tentang kata kunci apa dan wilayah mana saja yang ingin dijangkau oleh iklan tersebut.
Dengan begitu promosi yang dilakukan bisa lebih terarah dan mendapatkan calon pembeli potential.
Bagaimana Cara Kerja SEO?
Setelah mengetahui apa itu SEO, sekarang Anda perlu tahu bagaimana metode ini bekerja. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, SEO bekerja dengan mengoptimalkan kualitas website agar selaras dengan apa yang diinginkan oleh algoritma mesin pencarian.
Algoritma sendiri merupakan sebuah otak dari setiap mesin pencari. Baik itu Google, Bing, Yahoo!, DuckDuckGo, dan masih banyak lagi.
Algoritma juga lah yang menentukan mana website yang menurutnya berkualitas dan layak untuk ditampilkan dalam halaman pertama Google dan mana yang harus berada di posisi lainnya.
Jadi sederhananya, cara kerja SEO ialah dengan mengoptimalkan dan menyesuaikan kualitas, struktur, maupun konten di dalam website agar sesuai dengan apa yang diinginkan oleh algoritma mesin pencarian.
Dengan begitu, kemungkinan website Anda berada dalam halaman pertama Google dan mendapatkan trafik organik serta berkualitas jadi lebih besar.
Algoritma Google dan mesin pencarian lain pun selalu berubah dari waktu ke waktu. Hal ini dilakukan agar konten yang berada di halaman pertama selalu update dan menyesuaikan dengan apa yang diinginkan oleh para pengguna internet.
Artinya, metode SEO yang digunakan dalam website Anda pun harus di-update dari waktu ke waktu.
Google juga terus mengevaluasi standar website dan konten yang berkualitas menurut mereka. Sebab masih ada beberapa cara blackhat yang digunakan oleh pemilik website agar bisa bersaing di halaman pertama Google tanpa harus membuat konten berkualitas.
Contoh SEO untuk Website
Setelah mengetahui apa itu SEO, sekarang Anda perlu mempelajari bagaimana contoh penerapannya dalam sebuah website seperti di bawah ini.
#1. Membuat Konten yang Menarik Berkualitas
Dalam mesin pencarian Google, konten yang berkualitas akan sangat mempengaruhi bagaimana performa website atau blog Anda.
Konten berkualitas yang dimaksud di sini bukan hanya dari segi penempatan keyword, LSI, keyword density atau hal-hal yang berbau teknis lainnya.
Namun juga berkualitas dari segi mudahnya tulisan tersebut untuk dipahami, memiliki materi yang lengkap, dan lain-lain.
#2. Memiliki Backlink yang Kuat dan Berkualitas
Backlink juga menjadi faktor yang sangat penting dalam menerapkan SEO untuk sebuah website. Sebab menurut algoritma, backlink yang kuat dan berkualitas merupakan bukti bahwa konten yang Anda buat berkualitas dan terpercaya.
Backlink yang organik didapatkan ketika salah satu link dalam situs Anda ditautkan di blog atau website lain.
#3. Memiliki Struktur kode yang Tersusun Rapi
Terakhir, algoritma Google juga mempertimbangkan kerapian, kecepatan loading website, dan mudah atau tidaknya navigasi sebuah website sebagai konten yang layak masuk dalam halaman pertama pencarian.
Itulah mengapa, Anda wajib memiliki kode yang tersusun rapi dan memiliki waktu loading cepat jika ingin website bersaing di semua kata kunci.
Baca juga:
Tutorial SEO WordPress
Apakah SEO Youtube Sama dengan SEO Blog?
Pada dasarnya, baik Google maupun Youtube sama sama memiliki algoritma mesin pencarian. Artinya, terdapat metode SEO yang bisa diterapkan agar video yang diunggah ke Youtube bisa lebih banyak menjangkau calon viewers.
Tapi apakah caranya sama dengan SEO Blog atau website?
Jawabannya tentu saja tidak. Walaupun sama-sama memiliki algoritma, namun kedua algoritma ini disusun dan memiliki cara kerja yang berbeda.
SEO Google atau website lebih mengutamakan konten dan kualitas tulisan, produk, struktur website, penggunaan kata kunci, backlink, dan tingkat aktualisasi dari konten tersebut.
Sedangkan SEO Youtube lebih mengutamakan hiburan, menarik, catchy, dan banyak disukai orang.
Jika di dalam mesin pencarian Google, Anda perlu membuat konten yang berkualitas dan memiliki backlink tinggi agar bisa membuat algoritma percaya bahwa konten Anda layak tampil di halaman pertama pencarian.
Sedangkan dalam Youtube, Anda perlu membuat konten yang banyak disukai orang. Sebab SEO Youtube sangat dipengaruhi oleh banyaknya like yang didapat pada sebuah video, banyaknya komentar positif, dan rajin atau tidaknya sang pemilik channel dalam mengunggah konten baru.
Penutup
Seperti itulah penjelasan mengenai apa itu SEO beserta cara kerja dan contoh penerapannya. Mempelajari SEO memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, Anda juga tidak bisa mengandalkan teori semata. Dibutuhkan praktek langsung untuk mengetahui mana cara yang benar dan yang salah dalam SEO.