Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Cara Wajib Agar Postingan Blog Kamu Muncul di Halaman Pertama Google

Des
29
2015
by : Natasha Wiyanti. Posted in : SEO

Setiap penulis blog pasti berharap banyak postingan blog mereka akan muncul di halaman pertama Google. Namun tak jarang penulis blog yang masih buta sama sekali tentang SEO, atau optimasi SEO. Mendengar SEO saja kadang masih tak tahu.

Agar postingan blog muncul di halaman pertama Google

Agar postingan blog muncul di halaman pertama Google (Ilustrasi/photozou.jp)

Sebenarnya artikel yang telah diposting dalam blog atau web akan terindeks oleh Google, walaupun tanpa SEO, namun perlu proses yang agak lama. Kebanyakan dari mereka yang berharap postingannya bisa segera terindeks oleh Google bahkan di halaman pertama. Akan berusaha mencari cara agar postingan blognya bisa segera muncul di halaman Google. Dan akan mendapatkan banyak payment dari klik yang muncul karena blognya banyak dikunjungi.

Ini ada cara yang wajib kamu coba agar postingan blog kamu muncul cepat bahkan di halaman pertama Google

1. Mendaftarkan postingan blog kamu ke Google

Sebelum mendaftarkan postingan kamu, syarat utama yang harus kamu penuhi ialah memiliki akun gmail. Gmail merupakan fasilitas email yang disediakan oleh Google. Tentu ini menjadi syarat wajib dari Google. Setelah memiliki akun gmail, kamu bisa mendaftarkan postingan blog kamu di https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url .

Masukkan url dari postingan yang kamu buat di tempat yang disediakan lalu masukkan kode captha dan klik submit request. Nah postingan kamu sekarang telah di indeks Google. Kamu bisa mengeceknya dengan mengetikkan nama judul postingan kamu di kotak pencarian Google, tapi jangan sedih bila postingan kamu belum muncul di halaman pertama, karena postingan kamu mungkin berada di halaman berikutnya. Postingan blog tidak bisa langsung muncul di halaman pertama, karena ada beberapa faktor juga yang menentukan postingan kamu muncul di halaman pertama atau tidak. Berikut hal- hal yang harus kamu perhatikan agar postingan kamu muncul di halaman pertama

  • Punya judul yang baik dan original

Prinsip SEO ialah original, judul yang original dan belum pernah dipakai oleh orang lain. Hal ini tentu penting karena dengan begitu judul kita tak akan banyak pesaing dan tentunya lebih mudah dikenali Google.

  • Artikel Bersih dari Copas (Copy Paste)

Berulang kali ditekankan bahwa tidak diperkenankan copas atau copy paste langsung dari blog, setidaknya tidak lebih dari 30%. Boleh dimodifikasi namun tidak boleh copy paste.

  • Template yang ramah SEO

Tampilan blog juga mempengaruhi banyaknya pengunjung di blog kamu. Tak perlu template yang premium, cukup template yang simple namun tetap cantik. Karena belum tentu jika memakai template premium blog kamu akan muncul di halaman pertama.

  • Memiliki backlink yang berkualitas

Fungsi dari backlink sangat penting untuk blog kamu. Backlink akan membantu kamu meningkatkan rating blog. Backlink yang berkualitas akan membuat Google menempatkan blog kamu di halaman pertama mereka. Jangan terkecoh dengan jasa jual backlink karena, banyak yang backlinknya berkualitas buruk bahkan berisi spam.

2. Memiliki akun webmaster tools

Selain akun gmail, kita juga perlu mendaftarkan postingan blog di webmaster tools. Setelah memiliki akun webmaster tools kita bisa menggunakan fasilitas “Fetch as Google”. Fasilitas ini akan membantu postingan blog anda mudah dikenali Google. Berikut cara menggunakan fasilitas fetch as Google

  • silahkan masuk ke akun webmaster tool kamu, lalu pilih blog kamu
  • masukkan alamat postingan kamu tanpa home url, contohnya : 2015/07/google-web-master.html
  • lalu pilih desktop
  • klik tombol fetch atau fetch as render. Perbedaannya ialah tombol fetch digunakan untuk postingan yang baru saja didaftarkan atau pertama kali didaftarkan sedangkat fetch as render ialah tombol yang digunakan apabila postingan kamu sudah pernah didaftarkan sebelumnya.

artikel terkait Cara Wajib Agar Postingan Blog Kamu Muncul di Halaman Pertama Google

Rabu 5 Oktober 2016 | SEO

Google baru saja melakukan update algoritma akhir September 2016 lalu, Apakah website Anda masih nangkring di…

Minggu 1 Juni 2014 | SEO

JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE – Apakah kegunaan optimasi SEO pada blog/ website berbasis…

Kamis 23 November 2017 | SEO

Setiap bisnis, penulis lepas, pemilik situs web atau blog hari ini sangat khawatir dengan Search Engine Optimization…

Selasa 6 Maret 2018 | SEO

Bounce rate diyakini oleh banyak praktisi SEO sebagai faktor penentu peringkat mesin pencari yang memberi tahu…

Cara Wajib Agar Postingan Blog Kamu Muncul di Halaman Pertama Google

Online Sejak 8 Maret 2013