Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Cara mendapatkan uang dari YouTube

Apr
16
2019
by : Losari WS. Posted in : Tutorial
5/5 (1)

Di era modern seperti saat ini, YouTube menjadi salah satu akses informasi maupun hiburan video yang bisa ditonton oleh masyarakat seluruh dunia. Dengan adanya sistem monetisasi dan iklan, YouTube juga menjadi lahan pekerjaan yang sangat menjanjikan. Namun, bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube ?

Sistem monetisasi atau iklan pada YoTtube Indonesia mulai diberlakukan sekitar tahun 2010, dimana pada saat itu, internet dan dunia digital di Indonesia baru mulai berkembang dengan cepat. Namun, dengan komunitas YouTube Indonesia yang baru berkembang pada saat itu, jumlah penghasilan para YouTuber belum sebanyak saat ini.

Namun, kini YouTube Indonesia telah jauh berkembang pesat. Dengan naiknya Atta Halilintar sebagai channel dengan Subscriber terbanyak di Asia Tenggara dan telah mengalahkan banyak YouTuber dari berbagai dunia, membuktikan bahwa komunitas YouTube Indonesia semakin berkembang.

Bahkan, telah banyak orang yang berpenghasilan utama dengan cara mendapatkan uang dari Youtube.

7 Cara Mendapatkan Uang Dari TouTube atau Cara Menjadi Youtuber Dengan Penghasilan Tinggi

Cara mendapatkan uang dari YouTube
Cara mendapatkan uang dari YouTube

Pada awalnya, YouTube tidak dibuat untuk lahan pekerjaan atau untuk penghasilan utama. Namun, dengan banyaknya perubahan yang terjadi di era digital saat ini, YouTube telah menjadi pekerjaan utama banyak orang. Dan di beberapa negara, Youtuber telah termasuk dalam kategori pekerjaan dalam kartu identitas.

Namun, cara mendapatkan uang dari YouTube tidak semudah yang kita semua pikirkan. Kita perlu membuat konsep, ketekunan, dan kesabaran agar dapat menjadi YouTuber dengan penghasilan yang menjanjikan. Oleh karena itu, mari kita simak 7 cara menjadi Youtuber dengan penghasilan yang tinggi berikut ini.

Tekun Dalam Membuat Konten

Jika diperhatikan, dibutuhkan waktu lebih dari 1 tahun untuk dapat menjadi Youtuber dengan penghasilan yang tinggi. Memang di masa awal–awal video kita tidak memiliki visitor yang begitu banyak. Namun dengan ketekunan dalam membuat konten dan mengunggah video, viewers di video kita akan datang secara perlahan–lahan.

Sering Melakukan Promosi

Cara paling mudah untuk mendatangkan penonton ke Channel Youtube kita ialah dengan melakukan promosi dengan rutin. Promosi ini bisa kita lakukan dengan gratis melalui media sosial ataupun forum–forum yang berkaitan dengan topik dalam video kita.

Sebagai contoh, bila kita membuat video game Mobile Legends atau PUBG, kita dapat membagikan kedua link video kita tersebut di grup Facebook yang berkaitan dengan game tersebut. Akan lebih baik, jika kita memiliki Fanspage khusus untuk mempromosikan Channel yang kita buat.

Lakukan Monetasi Adsense

Cara mendapatkan uang dari Youtube yang paling utama ialah melalui Google Adsense. Jika kita sering melihat iklan ketika sedang menonton Youtube, iklan tersebutlah yang memberikan uang kepada sang content creator. Hal ini disebut juga dengan Monetisasi akun.

Untuk melakukan Monetasi akun pun kalian perlu memenuhi beberapa persyaratan. Peraturan terbaru, kalian perlu memiliki minimal 4000 Watch time dan 1000 Subscriber dalam 1 tahun terakhir.

Mengikuti Youtube MCN

MCN atau Multi Channel Network merupakan sebuah jaringan yang mengumpulkan beberapa channel dalam satu jaringan. Bisa dibilang, MCN merupakan management untuk para Youtuber.

Ada banyak MCN yang menerima Youtuber pemula maupun professional. Tiap MCN juga memiliki sistem pembagian hasil yang berbeda-beda. Umumnya, MCN dipilih karena persyaratannya yang lebih mudah dibandingkan harus mendaftar di Google Adsense.

Sebagai Ajang Promosi Produk

Youtube merupakan media paling efektif untuk beriklan di era digital seperti saat ini.. Tanpa perlu mengeluarkan banyak uang untuk mengiklan, kalian dapat meningkatkan penjualan dengan mempromosikannya di Youtube.

Untuk permulaan, kalian dapat menjadi Advertiser yang mengiklan di Youtube. Bila para viewers mulai berdatangan, mulailah memonetisasi channel. Sehingga Youtube dapat kalian jadikan penghasilan lain di samping produk yang kalian buat. Umumnya cara menghasilkan uang dari Youtube yang satu ini dilakukan oleh para YouTuber yang memiliki usaha di samping menjadi content creator.

Membuat Video Content Placement

Selain Adsense, Content Placement juga dapat menjadi cara menghasilkan uang dari YouTube yang cukup menjanjikan. Dengan cara ini, kalian akan mempromosikan produk milik orang lain. Dan sang pemilik produk akan memberikan bayaran sesuai dengan kontrak dan perjanjian.

Membuat Konten Original Yang Menarik

Membuat konten yang menarik untuk dilihat merupakan cara paling utama dalam menghasilkan uang dari YouTube. Seperti yang kita tahu, banyak konten–konten viral yang berhasil menarik banyak perhatian para pengguna Youtube.

Dengan membuat konten yang menarik, para penonton akan menyaksikan seluruh isi video dari awal hingga akhir. Sehingga kita dapat membuka peluang penghasilan berbeda, yaitu dari Adsense maupun Sponsorship.

Baca juga: Cara Merekam dan Upload Video ke YouTube dari WordPress.

Bagaimana Cara Membuat Akun Youtube Yang Banyak Dilihat?

Pertama–tama jika kalian membuat youtube hanya agar banyak dilihat, mungkin hal ini akan sangat sulit khususnya pada masa awal. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat menjadikan Youtube sebagai penghasilan utama.

Namun, jika kalian bersikukuh, berikut ini merupakan beberapa tipe channel yang banyak dilihat oleh para  pengguna Youtube.

Tayangan List

Channel pertama yang paling banyak dicari ialah yang membahas list atau rekomendasi. Selain itu, tipe konten ini juga tergolong yang paing mudah karena kalian hanya perlu modal kemampuan editing saja. Contoh video dengan tipe konten tayangan list seperti “ 7 Film Horor Terbaik 2019 “ atau “ 9 Top Country To Spend Your Holiday “

Umumnya, channel yang menggunakan bahasa inggris lebih cepat berkembang karena dapat dilihat oleh semua orang di seluruh dunia.

Unboxing atau Review Produk

Bisa dibilang, konten Unboxing merupakan konten yang dapat mencakup semua usia. Baik anak–anak maupun orang dewasa, pastinya ingin tahu barang–barang impian sebelum mereka membelinya. Sehingga mereka akan mencari video Unboxing barang tersebut dan melihat bagaimana tanggapan orang lain.

Selain itu, membuat konten Unboxing membuka peluang lebih besar untuk mendatangkan para sponsor agar produk mereka dapat kalian review.

Gaming

Seperti yang kita ketahui, sebagian besar pria menyukai konten Gaming. Tak heran, Youtube dengan konten Gaming menjadi salah satu cara paling mudah untuk kalian membuat channel Youtube. Dengan bermodalkan hobi, kalian dapat membuat Youtube sebagai penghasilan sampingan maupun utama.

Cover Musik

Cover Musik mungkin akan mendatangkan banyak penonton ke channel youtube kalian. Namun, tentunya kualitas suara dan kemampuan bermain alat music kalian juga menentukan seberapa banyak penonton yang datang.

Baca juga: Tutorial 5 menit android menghasilkan $700 dalam 1 game – Review.

Demikianlah cara mendapatkan uang dari Youtube yang bisa kalian tiru. Kegigihan dan ketekunan akan sangat berpengaruh dalam seberapa cepat kalian mendapatkan uang. Selain itu, bila kalian menggunakan Google Adsense untuk memonetisasi channel, kalian butuh minimal $100 atau sekitar Rp.1.400.000 untuk dapat mencairkan saldo tersebut rekening Anda.

artikel terkait Cara mendapatkan uang dari YouTube

Sabtu 30 Maret 2019 | Tutorial

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara Penulisan Daftar Pustaka dari berbagai sumber disertai contoh.…

Senin 18 Maret 2019 | Tutorial

Bagi anda yang telah memiliki kemampuan cukup baik dalam menggunakan program pengolah kata seperti halnya Microsoft…

Sabtu 27 April 2019 | Tutorial

Saat ini, untuk mencari pundi-pundi uang di dunia online sangat mudah di lakukan. Cara paling mudah…

Rabu 27 Maret 2019 | Tutorial

Kita dapat mengganti password Gmail untuk alasan keamanan atau mengatur ulang jika kita lupa. Mengubah password…

7 Cara mendapatkan uang dari YouTube - JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE

Online Sejak 8 Maret 2013