Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Pengertian FTP dan Fungsinya

Sep
29
2018
by : Losari WS. Posted in : Tutorial Website
5/5 (1)

Sebenarnya fasilitas FTP ini hampir tidak pernah saya gunakan, karena kalau saya ingin mengelola file pendukung website, saya selalu menggunakan File Manager. Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai Pengertian FTP dan Fungsinya.

Pengertian FTP dan Fungsinya

Pengertian FTP

FTP atau File Transfer Protocol adalah protokol Internet standar yang berfungsi untuk mentransmisikan file antar komputer di Internet melalui koneksi TCP / IP.. 2 Hal penting yang ada dalam FTP ialah FTP Client dan FTP server. FTP software menjalankan software untuk melakukan tukar menukar file, yang selalu siap memberikan layanan FTP jika mendapatkan perintah dari FTP Client.

FTP Client merupakan komputer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file.

Dalam hubungannya dengan web hosting, FTP server adalah server web hosting yang digunakan, sementara FTP Client adalah komputer yang digunakan.

FTP adalah protokol client-server yang bergantung pada dua saluran komunikasi antara klien dan server: saluran perintah untuk mengendalikan percakapan dan saluran data untuk transmisi konten file. Klien (pengguna) memulai percakapan dengan server dengan meminta untuk mengunduh file.

Fungsi FTP

Pengertian FTP dan Fungsinya

Pengertian FTP dan Fungsinya

Dengan menggunakan FTP, klien dapat mengunggah, mengunduh, menghapus, mengganti nama, memindahkan, dan menyalin file di server. Seorang pengguna biasanya perlu masuk ke server FTP, meskipun beberapa server membuat beberapa atau semua konten mereka tersedia tanpa login, yang juga dikenal sebagai FTP anonim.

FTP memungkinkan kita untuk mengakses server dan mengelola file dengan menggunakan server yang disebut dengan FTP Client. Software tersebut menghubungkan server web hosting dengan komputer dan menyampaikan perintah yang dibuat dalam mengelola file di server.

Sesi FTP berfungsi dalam mode pasif atau aktif. Dalam mode aktif, setelah klien memulai sesi melalui permintaan saluran perintah, server memulai koneksi data kembali ke klien dan mulai mentransfer data. Dalam mode pasif, server malah menggunakan saluran perintah untuk mengirim klien informasi yang dibutuhkan untuk membuka saluran data. Karena mode pasif memiliki klien memulai semua koneksi, ia bekerja dengan baik di firewall dan gateway Network Address Translation (NAT).

Jadi Fungsi FTP yaitu memberikan akses klien ke server file melalui File Transfer Protocol (FTP). Fungsi FTP digunakan untuk membuka, masuk dan menutup koneksi, serta mengunggah, mengunduh, mengganti nama, menghapus, dan mendapatkan informasi tentang file dari server file.

Demikianlah Pengertian FTP dan Fungsinya, semoga bermanfaat.

tags: ,

artikel terkait Pengertian FTP dan Fungsinya

Rabu 25 Februari 2015 | Tutorial Website

Tips Memilih Theme Website Yang Ramah SEO – Tema website atau theme website merupakan suatu fitur…

Minggu 8 April 2018 | Tutorial Website

Jika Anda ingin membuat website dan ingin menjadikan WordPress sebagai cms yang Anda gunakan, namun bingung…

Senin 9 Juni 2014 | Tutorial Website

Cara merekam dan upload video ke YouTube dari WordPress – Menambahkan video YouTube di WordPress bisa…

Jumat 21 November 2014 | Tutorial Website

5 Kelebihan WordPress.org Daripada Blogspot dan WordPress.com – Khususnya di Indonesia, orang lebih banyak memilih Blogspot.com…

Pengertian FTP dan Fungsinya | JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE

Online Sejak 8 Maret 2013