Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Cara menginstal wordpress



Apr
08
2018
by : Losari WS. Posted in : Tutorial Website

Jika Anda ingin membuat website dan ingin menjadikan WordPress sebagai cms yang Anda gunakan, namun bingung cara memulainya di mana, maka tutorial Cara menginstal wordpress ini mungkin bisa bermanfaat. Saya teringat waktu pertama kali beli hosting dan bingung mau pakai cms apa, dan akhirnya setelah hampir setahun membeli hosting tanpa mengetahui apa yang harus saya lakukan, saya kemudian mencoba menggunakan WordPress dengan berbagai trial dan error. Tapi untuk Anda yang pertama mengenal WordPress, maka Anda tidak perlu melakukan  trial dan error untuk memulainya.

Cara Menginstal WordPress menggunakan Installer Sekali Klik

Penginstal skrip seperti Softaculous, Fantastico, dan Mojo Marketplace merupakan tool instalasi WordPress yang super duper mudah. Hanya mengklik klik klik ini dan itu, maka pekerjaan Anda akan selesai.

Cara Menginstal WordPress menggunakan Softaculous

Menginstal WordPress merupakan dasar-dasar penginstalan website. Ada lebih dari 10+ metode yang dapat digunakan untuk menginstal situs WordPress. Salah satu cara paling populer untuk menginstal WordPress, yaitu dengan menggunakan perangkat lunak / script installer otomatis seperti Softaculous.

Bagaimana cara menginstal WordPress menggunakan penginstal skrip otomatis?

Dengan menggunakan penginstal skrip otomatis, yang lebih dikenal sebagai “penginstal sekali klik”, memasang skrip atau perangkat lunak web apa pun, hanya dilakukan dengan beberapa klik. Salah satu pengistal skrip yang terkenal ialah Softaculous yang biasanya telah disediakan oleh penyedia host dalam cpanel mereka. Dengan menggunakan Softaculous, kita dapat menginstal perangkat lunak web apa pun, seperti skrip untuk membuat polling dan survei, galeri gambar, wiki, e-commerce, klien email berbasis web, blog, forum, dan CMS lainnya. Dan salah satu skrip yang paling populer yang ada dalam Softaculous ialah WordPress. Nah mari kita mempelajari cara menginstal WordPress.

Di mana kita bisa menemukan Softaculous?

Softaculous jika disediakan oleh pihak hosting, biasanya ada di tab Software di cPanel. Jika penyedia hosting tidak menggunakan cPanel (misalnya FatCow), maka Anda mungkin menemukan Softaculous di suatu tempat di custom control panel. Jika Anda tidak menemukannya, silahkan hubungi penyedia web hosting Anda.

Menyiapkan WordPress menggunakan Softaculous

  1. Klik Softaculous App installer pada panel kontrol web hosting Anda, misalnya pada cPanel.
  2. Temukan ikon WordPress. Arahkan kursor ke atasnya dan klik Instal.

Jika tidak ada di halaman depan Softaculous Anda, klik pada kolom sebelah kiri pada bagian Blog. Anda akan menemukan WordPress di baris pertama. Kemudian klik WordPress.

  1. Jika Anda telah mengikuti langkah 2, lewati langkah ini dan lanjutkan ke langkah berikutnya. Maka Anda akan berada di halaman ringkasan WordPress Softaculous yang berisi daftar instalsi WordPress yang sudah ada di server Anda.

Untuk melakukan instalasi, klik tombol Install di bagian atas:

  1. Dimulai dari tab Software Setup.

    • Protocol secara default menggunakan http:// tapi jika Anda menggunakan SSl, maka Anda bisa menggunakan https://
    • Domain: Jika Ada banyak domain atau subdomain yang ditautkan dengan cpanel Anda, maka Anda bisa memilih salah satunya.
    • In Directory: Jika Anda ingin alamat webmu muncul sebagai www.domainkamu.com maka biarkan bidang ini kosong. Jika Anda ingin muncul sebagai www.domainkamu.com/wp, masukkan “wp” (atau nama lainnya) di bidang ini.
  2. Site settings.
    Ini merupakan pengaturan umum, Anda dapat memilih judul dan deskripsi yang Anda inginkan, namun sebaiknya melakukan riset kata kunci sebelum mengisi kolom ini.  Jika Anda tidak ingin segera menggunakan Multisite atau ingin melakukannya di kemudian hari, jangan centang sekarang, Anda selalu dapat menginstalnya nanti.
  3. Admin Account.

    Hal paling penting untuk diisi di sini ialah jangan menggunakan “admin” sebagai admin username di WordPress, karena hal ini menyangkut keamanan website Anda. Sedangkan untuk password, Anda dapat menggunakan generator kata sandi untuk mendapatkan kata sandi yang kuat.
  4. Choose language.
    Anda bisa menggunakan bahasa yang Anda kuasai untuk dasbor website Anda nanti.
  5. Select Plugin
    Limit Login Attempts merupakan plugin untuk mencegah akses yang tidak sah. Anda dapat memblokir akses dari alamat IP tertentu setelah sejumlah upaya login gagal.
  6. Advanced Options.
    • Database name = Nilai default database dimulai dengan ‘wp__’. Untuk memudahkan mengenali database yang mana untuk setiap website, maka sebaiknya menggunakan nama khusus.
    • Table prefix = Dalam database, tabel merupakan unit dasar untuk menyimpan data. Nama tabel database WordPress dimulai dengan wp_ – yang istilahnya Table Prefix. Untuk keamanan, sebaiknya ganti prefix wp_ dengan kata lain, misalnya anu_, pastikan awalan tersebut diikuti dengan tanda garis bawah (_).
    • Disable Update Notifications = sangat berguna jika Anda memiliki beberapa situs WordPress, dan Anda akan mendapatkan notifikasi jika ada rilis WordPress baru (atau pembaruan yang tersedia), pilih untuk tetap diaktifkan. Softaculous akan memberi tahu Anda tentang pembaruan untuk setiap instalasi WordPress yang berbeda. Jadi, jika Anda memiliki 10 situs, Anda akan mendapatkan 10 email untuk setiap ada update WordPress.
    • Auto Upgrade = jika dipilih, akan memungkinkan Softaculous secara otomatis memperbarui WordPress ketika pembaruan core WordPress tersedia. Kebanyakan orang memilih untuk membiarkan opsi ini dinonaktifkan karena WordPress memiliki opsi upgrade otomatis. Sebaiknya tetap nonaktif dan gunakan fungsi upgrade WordPress.
    • Auto upgrade WordPress plugin = jika dicentang, maka jika ada pembaharuan plugin yang aktif, maka plugin akan terupdate otomatis
    • Auto upgrade WordPress theme = jika decentang, maka jika ada pembaharuan theme yang aktif, maka theme akan diperbaharui secara otomatis.
    • Backup location = lokasi tempat backup instalasi Wordpress.
    • Automated backup = Softaculous secara otomatis akan membackup melalui cron jika dipilih. Anda bisa memilih Don’t backup, maka softaculous tidak akan melakukan backup, Anda juga bisa memilih backup harian, mingguan, bulanan atau mengatur sesuai dengan keinginan
    • Backup rotation = Untuk menentukan batas rotasi backup, jika telah tercapai batas maksimum, maka backup lama akan terhapus, dan akan membuat backup baru.
  7. Select theme.

    Anda bisa memilih theme yang digunakan, tapi jika Anda mempunyai theme sendiri, maka Anda bisa melewati pilihan ini.
  8. Masukkan email Anda di Email installation details to kemudian klik instal.
  9. Maka proses instalasi WordPress akan berjalan.
  10. Maka Instalasi WordPress selesai.

Demikianlah artikel mengenai Cara Menginstal WordPress menggunakan Softaculous, semoga bermanfaat.



artikel terkait Cara menginstal wordpress

Rabu 4 Juni 2014 | Tutorial Website

Cara Install Plugin WordPress Secara Massal – Setiap pengguna WordPress memiliki plugin favorit yang ingin digunakan di…

Kamis 14 Desember 2017 | Tutorial Website

Jika Anda mempunyai domain, banyak hal yang Anda dapat lakukan dengannya, selain membangun sebuah situs web…

Jumat 8 Maret 2013 | Tutorial Website

Pada dasarnya, website adalah sekumpulan file dan folder yang berisi script-script/bahasa pemrograman, yang tersimpan di dalam…

Selasa 10 Juni 2014 | Tutorial Website

Cara Mengatasi Penalti Google karena Unnatural Links atau Link Tidak Wajar – Membuat backlink ke blog/ website…

Cara menginstal wordpress

Online Sejak 8 Maret 2013