Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Cara menghapus database di cpanel

Okt
14
2018
by : Losari WS. Posted in : Tutorial Website
5/5 (4)

Cara menghapus database di cpanel – Jika kita mengunakan program-program seperti WordPress, PrestaShop atau platform website yang lain Kita kadang-kadang membutuhkan untuk melakukan pekerjaan manual dalam database, termasuk salah satunya menghapus database. Salah satu hal yang biasa dilakukan selama pengujian dan pengembangan website ialah pengaturan ulang manual seluruh database. Ini dapat dilakukan dengan menghapus database keseluruhan dan kemudian membuatnya kembali melalui cPanel.

Setelah kita mempelajari Cara Membuat Database di cPanel, kita akan membahas mengenai cara menghapus database di cpanel yang sudah tidak digunakan lagi, agar kita bisa menghemat space hosting, apalagi kalau kita menyewa web hosting dengan disk space yang terbatas. Misalnya saja kita mempunyai aplikasi pihak ketiga yang tidak kita gunakan lagi, atau seperti yang pernah saya baca pengalaman seorang teman blogger yang membuat dobel database, sehingga ingin menghapus salah satu databasenya.

Pada dasarnya MySQL Database dapat dikelola melalui dua cara di cPanel, yaitu bisa melalui antarmuka atau menu MySQL Database atau melalui phpMyAdmin. Antarmuka MySQL memungkinkan kita untuk mengelola database secara keseluruhan, termasuk memungkinkan kita mengelola user yang memiliki akses ke database. Sedangkkan phpMyadmin digunakan untuk melihat isi dari database serta mengelola tabel dan struktur di dalamnya. Tutorial berikut akan menunjukkan kepada Anda cara menghapus database di cpanel dengan cepat dan mudah dari akun Web Hosting Anda dengan melalui antarmuka atau MySQL databases.

Cara menghapus database di cpanel

Cara menghapus database di MySQL

Cara menghapus database di mysql cPanel sangatlah mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Sebelum kita menghapus database, sebaiknya kita perlu untuk melakukan backup, semua database yang ada, untuk menjaga agar tidak terjadi kesalahan klik atau salah menghapus, atau suatu saat kita membutuhkannya kembali.

  1. Login ke cpanel
  2. Scrol ke bawah, pada pilihan Databases, klik MySQL Databases
    Cara menghapus database di cpanel
  3. Anda akan masuk ke halaman MySQL Databases.
  4. Cari Current Databases untuk melihat daftar database yang ada.
    Di Bawah Current Databases, Anda akan melihat tabel dengan daftar database yang diinstal pada cPanel Anda. Kolom paling kanan diberi label Actions. Di sini Anda dapat mengganti nama atau menghapus database yang ada di dalam tabel. Harap berhati-hati jika ingin menghapus database, jangan sampai salah hapus.
  5. Pilih database yang hendak dihapus dengan menghapus delete yang ada di bawah kolom action.
    Current databases
  6. Anda akan menerima notifikasi akan menghapus database tersebut. Klik Delete database. Jika Anda menekan atau mengklik Cancel, maka akan kembali ke daftar database yang ada.
    Konfirmasi akan menghapus database
  7. Anda akan menerima konfirmasi bahwa database yang bersangkutan berhasil dihapus.
    Database berhasil dihapus

Cara menghapus database di phpmyadmin

Selain menggunakan cara di atas, untuk cara menghapus database di phpmyadmin, Anda bisa membaca Cara menghapus isi tabel database di phpmyadmin.

Sebenarnya cara di atas bagi saya yang paling gampang dibandingkan menghapus database di phpmyadmin, karena di phpmyadmin membutuhkan beberapa langkah, dan kalau salah klik, bisa-bisa bukan database yang dimaksudkan terhapus.

Namun bagi webmaster lain, mungkin ada yang lebih suka menghapus database lewat phpmyadmin, berhubung phpMyAdmin merupakan aplikasi populer yang berfugsi untuk mengelola database MySQL. Jika Anda ingin menghapus tabel database, Anda dapat menggunakan phpMyAdmin untuk menyelesaikan tugas tersebut dengan cepat.

Cara menghapus database melalui WHM

Untuk menghapus database MySQL melalui WHM, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke halaman WHM sebagai pengguna root.
  • Cari bagian SQL Services (WHM >> Home >> SQL Services) dan klik phpMyAdmin.
  • Maka halaman phpMyAdmin akan terbukal.
  • Pada kolom sebelah kiri, pilih database yang ingin Anda hapus.
  • Di bagian atas halaman, klik Operasi. maka popup baru akan muncul.
  • Di bawah pilihan Hapus database, klik hapus database (DROP).
  • Klik OK untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin menghapus database.
  • Jika berhasil, maka pesan sukses akan muncul.

Demikianlah cara menghapus database di cPanel, Cara menghapus database di MySQL, cara menghapus database di phpmyadmin, dan cara menghapus database melalui WHM, semoga bermanfaat. Sangat mudah bukan? Tidak sampai satu menit untuk menghapus database tersebut. Ini merupakan tutorial lengkap untuk menghapus database dari akun cPanel Anda. Jangan lupa membackup database dan file situs web Anda sebelum melakukannya, ya itu tadi, jika saja terjadi salah hapus.

artikel terkait Cara menghapus database di cpanel

Selasa 13 Februari 2018 | Tutorial Website

Meskipun saat ini di dashboard admin WordPress telah disediakan sarana untuk menambahkan kategori ke menu, namun…

Selasa 19 Maret 2013 | Tutorial Website

Sebelum Anda membuat sebuah website, maka hal pertama yang harus diperhatikan ialah Riset Keyword. Membuat website…

Sabtu 29 September 2018 | Tutorial Website

Sebenarnya fasilitas FTP ini hampir tidak pernah saya gunakan, karena kalau saya ingin mengelola file pendukung…

Kamis 12 April 2018 | Tutorial Website

Sudah tidak diragukan lagi betapa pentingnya keamanan bagi situs WordPress. Salah satu cara mengamankan website WordPress,…

Cara menghapus database di cpanel dengan 7 Langkah - JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE

Online Sejak 8 Maret 2013