Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Cara menambahkan subdomain di cPanel

Sep
23
2018
by : Losari WS. Posted in : Tutorial Website
5/5 (1)

Sebelum lebih lanjut membahas mengenai Cara menambahkan subdomain di cPanel, terlebih dahulu kita harus memahami mengenai hierarki sebuah domain.  Sebagai contoh, domain www.losari.com, dua buah titik dalam nama domain tersebut merupakan pemisah masing-masing level. .com merupakan level domain teratas yang biasa disebut dengan Top-Level-Domain (TLD), Losari merupakan subdomain dari com, yang disebut dengan second-level-domain (SLD), sementara www merupakan subdomain dari losari yang disebut juga sebagai Third-level domain.

Dengan demikian, subdomain merupakan bagian dari domain yang lebih tinggi, dengan level tertinggi berada di sebelah kanan, berturut-turut ke sebelah kiri. Kesatuan level-level domain tersebutlah kemudian membentuk sebuah nama domain.

Sebenarnya sebuah nama domain bisa terdiri dari 27 level, namun dibatasi hanya sampai 3 level. Jika Anda membeli nama domain dan menghubungkannya dengan hosting, maka Anda bisa membuat subdomain di level ketiga melalui cpanel.

Sebuah subdomain digunakan untuk membuat sebuah bagian khusus dari sebuah website. Misalnya saja, jika Anda membuat sebuah toko online dengan nama domain www.tokoina.com, maka Anda bisa membuat website baru sebagai pendukung toko online utama Anda tersebut dengan menggunakan subdomain, seperti fashion.tokoina.com, herbal.tokoina.com, atau arloji.tokoina.com, dan lain sebagainya.

Selain digunakan sebagai pendukung situs utama, subdomain juga dapat digunakan untuk redirection. Misalnya saja, situs www.losari.web.id merupakan situs utama, saya ingin membuat subdomain untuk menggunakannya sebagai redirect ke fanpage saya, maka saya bisa membuat subdomain fanpage.losari.web.id untuk memudahkan pengunjung mengingat halaman fanpage saya.

Cara menambahkan subdomain di cPanel

Lalu bagaimana Cara menambahkan subdomain di cPanel? Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Login ke cPanel
  2. Cari menu domain, kemudian klik Domains.
    Cara menambahkan subdomain di cPanel
  3. Anda akan diarahkan menuju halaman Subdomains.
    Menambahkan subdomain
    Pada Kolom:

    • Subdomain, isi dengan nama subdomain yang Anda inginkan
    • Domain: Anda bisa pilih domain utama yang akan ditambahkan subdomain, sebagai contoh di sini, domain utama saya ialah losari.web.id
    • Domain Root akan terisi secara otomatis
    • Klik Create
  4. Maka akan keluar konfirmasi mengenai subdomain telah berhasil dibuat.
    Penambahan subdomain berhasil

Setelah penambahan sub domain berhasil, maka secara otomatis cPanel akan membuat folder baru sesuai dengan nama subdomain yang kita buat tadi, yang bisa kita letakkan file-file pendukung website baru yang akan kita buat.

Subdomain ini bisa kita buat sebuah website baru, Anda bisa mempelajari cara menginstal WordPress jika Anda ingin menginstal sebuah website baru dengan cms WordPress.

Cara melakukan redirect subdomain

Namun, jika Anda ingin menggunakan subdomain tersebut sebagai redirection, maka berikut ini cara melakukan redirect subdomain:

  1. Masuk ke cPanel
  2. Cari menu domains, kemudian klik Redirects.
    Cara melakukan redirect subdomain
  3. Anda akan menuju halaman Redirects.  Redirects ini memungkinkan kita untuk membuat satu pengalihan domain ke domain lain, atau subdomain ke url lain, baik untuk situs web atau halaman web tertentu. Misalnya, buat pengalihan sehingga www.example.com secara otomatis mengalihkan pengguna ke www.example.net, atau mengalihkan pengunjung web ke halaman fanpage Anda.
    Melakukan redirect subdomain
    Pada kolom:

    • Type: Anda bisa memilih jenis pengalihan yang Anda inginkan.
    • https?://(www.)? = Pilih subdomain yang ingin Anda alihkan.
    • Redirects to = Isi alamat url tujuan pengalihan, misalnya halaman URL fanpage Anda
    • www. redirection, Anda bisa memilih:
      • Only redirect with www. = Hanya mengalihkan tanpa www.
      • Redirect with or without www. = mengalihkan dengan atau tanpa www.
      • Do Not Redirect www. = Tidak meredirect www.
      • Wild Card Redirect = Wildcard redirect adalah jenis pengalihan yang dapat digunakan untuk mengalihkan folder dan semua kontennya ke yang lain dengan nama file yang identik, misalnya jika dua buah direktori  / produk / dan / produk baru / lalu tautan /produk/my-wp-pugins/seo-redirection.htm akan dialihkan ke /produk-baru/my-wp-pugins/seo-redirection.htm perhatikan bahwa bagian my-wp-pugins/seo-redirection.htm digunakan pada tujuan, tanpa menggunakan Wildcard itu akan dialihkan ke /produk-baru/.
      • Klik Add
  4. Anda akan mendapatkan konfirmasi bahwa subdomain berhasil diredurect.

Demikianlah tutorial mengenai Cara menambahkan subdomain di cPanel, serta cara melakukan redirect subdomain, semoga bermanfaat.

artikel terkait Cara menambahkan subdomain di cPanel

Senin 9 Juni 2014 | Tutorial Website

Cara merekam dan upload video ke YouTube dari WordPress – Menambahkan video YouTube di WordPress bisa…

Jumat 7 Desember 2018 | Tutorial Website

WordPress database menyimpan semua informasi penting seputar website, sehugga membuatnya aman dan terorganisir tidak boleh diabaikan.…

Selasa 22 Juli 2014 | Tutorial Website

Sulitnya Mendapatkan Uang Dari Blogging – Mungkin Anda sudah menemukan beberapa artikel yang memberitahu Anda untuk…

Sabtu 1 September 2018 | Tutorial Website

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang cara membuat Menu Kategori Tanpa Menyertakan Linknya. Artikel ini…

Cara menambahkan subdomain di cpanel dengan 6 Langkah - JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE

Online Sejak 8 Maret 2013