Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

9 Cara Membuat Blog WordPress Gratis

Mei
12
2014
by : Losari WS. Posted in : Tutorial Website
5/5 (1)

Cara Membuat Blog WordPress Gratis– Sebua blog/ website, apapun basisnya, ada yang berbayar dan ada yang gratis. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Blog berplatform “Blogspot” dan “Wordpress” adalah yang paling sering digunakan oleh sebagian besar blogger di dunia. Anda seorang pemula di dunia blogging? Dan masih bingung bagaimana cara mudah membuat blog WordPress? Kali ini, kami akan berbagi kepada Anda “Cara Membuat Blog WordPress Gratis”. Tutorial cara membuat blog wordpress gratis ini akan kami susun secara jelas agar lebih mudah dipahami.

Langkah-langkah cara membuat blog WordPress gratis:

Langkah 1: Daftar untuk mendapatkan akun gratis WordPress

Cara membuat blog WordPress gratis dimulai dengan mendaftar account WordPress baru, kunjungi WordPress dan pilih tombol ‘Sign Up’ untuk mendaftar akun WordPress. Anda membutuhkan alamat email yang valid dan belum pernah digunakan untuk membuat akun WordPress.

mendaftar wordpress gratis

Langkah 2: Masukkan informasi untuk membuat Account WordPress gratis

Masukkan username dan password, konfirmasi bahwa Anda sudah membaca syarat dan ketentuan unuk mendapatkan fasilitas WordPress. Akhirnya, Anda akan ditanya apakah Anda ingin membuat sebuah blog atau hanya account WordPress. Jika Anda ingin memulai sebuah blog, pastikan kotak di samping ‘Gimme Blog!’ dicentang.

 

Langkah 3: Masukkan informasi untuk membuat Blog WordPress baru Anda

Untuk membuat blog WordPress Anda, Anda harus memasukkan teks yang akan ditampilkan dalam nama domain Anda. Blog WordPress gratis selalu berakhir dengan “.wordpress.com” (dot wordpress dot com). Anda bisa bebas memilih nama yang Anda inginkan untuk blog Anda. Nama domain yang Anda pilih tidak dapat dirubah dikemudian hari. Jadi pastikan nama terbaik untuk blog wordpress gratis Anda.

Langkah 4: Selamat – Account WordPress gratis Anda sudah selesai dan aktif!

Setelah Anda telah berhasil menyelesaikan langkah-langkah dalam tutorial cara membuat blog wordpress gratis di atas, Anda akan diberitahu bahwa akun WordPress Anda Anda telah aktif dan sebuah email konfirmasi yang harus Anda tindak lanjuti terkirim ke alamat E-mail Anda. Selanjutnya buka E-mail Anda.

 

Langkah 5: Seting Dashboard WordPress Anda

Ketika Anda login ke blog WordPress yang baru dibuat dalam dalam tutorial cara membuat blog wordpress gratis di atas, Anda akan dibawa ke dashboard WordPress. Dari sini, Anda dapat mengubah tema (tampilan desain), menulis posting dan halaman baru, menambahkan pengguna, merevisi profil pengguna, memperbarui blogroll, dan banyak lagi. Luangkan waktu untuk mempelajari dashboard WordPress Anda. Dan jangan takut untuk menguji berbagai perangkat dan fitur yang tersedia untuk membantu menyesuaikan blog Anda sehingga menjadi blog wordpress seperti harapan Anda. Jika Anda mengalami kesulitan, klik pada tab ‘Support’ di sudut kanan atas layar. Tombol itu akan membawa Anda ke bantuan online WordPress serta forum pengguna aktif dimana Anda dapat mengajukan pertanyaan di sana.

 

Langkah 6: Buka Dashboard WordPress

Toolbar yang ada di dashboard WordPress akan membantu Anda menavigasi dan mengatur blog Anda untuk melakukan segala sesuatu, dari menulis posting, memoderasi komentar, memodifikasi tema blog Anda, menyesuaikan sidebar dan lain-lain. Luangkan waktu untuk mempelajari semua tab pada dashboard.

 

Langkah 7: Pilih sebuah themes/ tema terbaik untuk Blog WordPress Anda

Salah satu fitur terbaik dari blog WordPress gratis adalah Anda bisa menciptakan tampilan sesuai selera Anda dengan menggunakan berbagai template gratis. Themes/ tema yang berbeda menawarkan berbagai tingkat kustomisasi. Sebagai contoh, beberapa tema memungkinkan Anda untuk meng-upload sebuah header untuk blog WordPress Anda, dan setiap tema menawarkan berbagai widget yang berbeda pula.

 

Langkah 8: Seting widget WordPress dan sidebars pada blog WordPress Anda

WordPress menyediakan cara untuk menyesuaikan sidebars blog Anda melalui penggunaan widget. Anda dapat menemukan tab ‘Widget’ melalui ”Presentation”. Anda dapat menggunakan widget untuk menambahkan alat RSS, pencarian, kotak teks untuk iklan dan banyak lagi. Pelajari fungsi etiap widget yang tersedia di dashboard WordPress.

 

Langkah 9: Anda siap untuk menulis posting dan halaman pertama di Blog WordPress Anda

Setelah Anda selesai dengan berbagai seting pada dashboard WordPress, saatnya untuk menulis posting pertama Anda. Masukkan judul, isi artikel maupun gambar pendukung untuk posting Anda. Setelah selesai dan klik ‘Publish’ untuk mempublikasikan blog Anda agar bisa dibaca oleh para pengunjung yang mendapatkan artikel Anda melalui search engine/ mesin pencari, misalnya Google dan Yahoo!

 

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang “Cara Membuat Blog WordPress Gratis” Semoga penjelasan tentang cara membuat blog wordpress gratis tersebut bermanfaat untuk Anda.

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- cara membuat blog wordpress

artikel terkait 9 Cara Membuat Blog WordPress Gratis

Sabtu 1 September 2018 | Tutorial Website

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang cara membuat Menu Kategori Tanpa Menyertakan Linknya. Artikel ini…

Rabu 20 Maret 2013 | Tutorial Website

Sebagian besar dari para blogger ataupun webmaster merasa bahwa Privacy Policy, Disclaimer, dan Terms of Service…

Minggu 29 Juni 2014 | Tutorial Website

6 cara untuk mengukur blog berkembang atau tidak – Menciptakan sebuah blog itu mudah, karena Menciptakan…

Selasa 19 Maret 2013 | Tutorial Website

Sebelum Anda membuat sebuah website, maka hal pertama yang harus diperhatikan ialah Riset Keyword. Membuat website…

9 Cara Membuat Blog Wordpress Gratis

Online Sejak 8 Maret 2013