Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Cara Install Plugin WordPress Secara Massal

Jun
04
2014
by : Losari WS. Posted in : Tutorial Website

Cara Install Plugin WordPress Secara Massal – Setiap pengguna WordPress memiliki plugin favorit yang ingin digunakan di blog/website mereka. Biasanya Anda harus secara manual menginstal plugin satu-persatu untuk setiap blog/ website. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara install plugin WordPress secara massal. Menginstall plugin WordPress secara massal akan berguna jika Anda mengelola beberapa blog/ website WordPress. Berikut ini adalah langkah-langkah tentang cara install plugin WordPress secara massal pad sebuah blog/ website.

Cara Install Plugin WordPress Menggunakan WP Install Profiles

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menginstal plugin WordPress secara massal adalah menginstal dan mengaktifkan plugin WP Install Profiles.

Cara Install Plugin WordPress Secara Massal

Cara Install Plugin WordPress Secara Massal

Setelah selesai menginstal WP Install Profiles, lanjutkan ke dashboard WordPress Anda, lalu cari  Plugins » Bulk Install Profiles. Anda akan melihat daftar plugin yang sering digunakan, tentunya seperti yang sudah tercantum dalam daftar database WP Install Profiles. Anda bisa menggunakan plugin dari daftar tersebut dan menghapus sebagian atau seluruh plugin yang ada dalam daftar tersebut. Anda juga dapat menambahkan plugin baru ke daftar ini selama plugin tersebut tersedia di WordPress.org.

Untuk menambahkan sebuah plugin, Anda harus menambahkan nama plugin yang sama persis dengan yang di digunakan di WordPress.org.

Setelah Anda memasukkan semua plugin yang ingin Anda instal, Anda bisa memberikan nama untuk daftar yang sudah anda tentukan tersebut, misalnya dengan nama “MyFavoritePlugins”. Setelah itu Anda dapat menyimpan profil, atau klik pada Download plugin dan menyimpan profil.

Plugin WP Install Profiles akan menginstal semua plugin dari daftar yang Anda susun dan memberikan sebuah link untuk men-download profil Anda. Klik pada link download untuk menyimpan profil Anda, dan simpan untuk digunakan nanti dalam instalasi WordPress lain.

Untuk menginstal ulang plugin-plugin tersebut pada WordPress lain, Anda harus menginstal dan mengaktifkan plugin WP Instal profil pada blog/ website baru yang akan Anda install tersebut. Setelah selesai proses install dan aktivasi plugin, cari di dashboard wordpress Anda : Plugins » Bulk Install Profiles, lalu lakukan instalasi plugin secara massal dengan cara klik pada tab Import Profiles

Sekarang Anda harus meng-upload file profil yang sudah Anda download sebelumnya dengan mengklik tombol “Choose File dan cari file profil yang berisi kumpulan plugin yang sudah Anda download sebelumnya. Klik tombol “Upload“, dan plugin akan mulai mengimpor profil Anda. Pada layar berikutnya Anda dapat memilih dengan mengklik menu drop-down di sebelah opsi “Choose your profile”.

Ketika Anda memilih profil, Anda akan melihat bahwa semua plugin Anda akan muncul dalam daftar. Lalu klik pada tombol “Download plugins and save profile”. Anda dapat mengulangi proses ini pada blog/ website lain sebanyak yang Anda inginkan. Anda juga bisa membuat profil yang berbeda dengan daftar plugin yang berbeda sesuai kebutuhan Anda.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca “Cara Install Plugin WordPress Secara Massal“. Semoga penjelasan tentang cara install plugin WordPress secara massal tersebut bermanfaat untuk Anda.

 

artikel terkait Cara Install Plugin WordPress Secara Massal

Kamis 14 Desember 2017 | Tutorial Website

Jika Anda mempunyai domain, banyak hal yang Anda dapat lakukan dengannya, selain membangun sebuah situs web…

Sabtu 31 Mei 2014 | Tutorial Website

Cara Membuat Website / Blog WordPress – Membuat website / blog mungkin akan menjadi pekerjaan yang menyulitkan…

Selasa 19 Maret 2013 | Tutorial Website

Sebelum Anda membuat sebuah website, maka hal pertama yang harus diperhatikan ialah Riset Keyword. Membuat website…

Selasa 18 September 2018 | Tutorial Website

Pada saat pertama kali menerima informasi login cpanel, maka username dan password akan terkirim secara otomatis…

Cara Install Plugin WordPress Secara Massal

Online Sejak 8 Maret 2013