Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Broken Link Checker

Mar
21
2013
by : Losari WS. Posted in : Plugin Pendukung

Broken Link

Broken LinkBroken Link dari segi bahasa dapat diartikan sebagai link rusak. Broken link dapat terjadi karena beberapa hal, seperti : salah mengetikkan link, blog / website tujuan telah dihapus.

Pada dasarnya blog dan website yang telah dihapus tidak begitu saja menghilang dari search engine, ini akan meninggalkan broken link apabila artikel kita memuat link yang menuju blog atau website yang sebenarnya telah hilang peredaraannya tersebut.

Sudah kita ketahui bahwa search engine akan merayapi blog atau website kita. Bot scrawl search engine akan berhenti bekerja apabila menemukan broken link, hal ini sangat dibenci oleh search engine karena mereka tidak mendapatkan informasi yang lengkap mengenai blog / website kita.

Semakin banyak Broken Link semakin jelek pula sebuah Blog atau Website di mata Google. Sehingga bisa mempengaruhi pagerank Blog atau Website. Bahkan pagerank akan sulit naik akibat dari adanya link yang rusak.

Cara Mengecek Broken Link Pada Website Kita

Sebenarnya banyak sekali cara mengecek broken link pada website kita, antara lain menggunakan:

  • Online Sites Broken Link Checker atau
  • Broken Links Checker Software

Mencari dan menemukan broken link adalah pekerjaan yang sangat menguras banyak waktu, apalagi blog atau website yang sudah memiliki ratusan bahkan ribuan postingan. Betapa repotnya jika kita harus mengecek satu persatu halaman atau postingan tersebut. Mungkin karena itulah kita terkadang lalai memeriksa broken link yang ada di dalam halaman blog.

Untungnya untuk pengguna WordPress telah tersedia plugin untuk menangani hal itu, sehingga waktu Anda tidak terbuang percuma hanya untuk mengecek dan menghapus broken link di website kita.

Pengaruh Broken Link terhadap Pagerank.

Apa hubungannya Pagerank dengan Broken Link?
Ternyata pengaruhnya cukup besar, karena dalam melakukan optimasi SEO, salah satu parameter yang harus diperhatikan adalah status Link yang ada di dalam website kita haruslah Aktif. Dalam artian link yang ada di dalam website benar-benar merujuk ke suatu halaman yang masih aktif juga, jika link di website Anda merujuk ke sebuah halaman yang sudah terhapus atau ke halaman yang dilarang oleh robot google maka link di website Anda tersebut dianggap sebagai Broken Link (link mati) oleh google. Semakin banyak Broken Link (link mati), semakin besar peluang website Anda mendapat penalti dari google. Maka Pagerank website Anda akan sulit naik.

artikel terkait Broken Link Checker

Senin 11 Maret 2013 | Plugin Pendukung

Akismet adalah sebuah plugin yang digunakan untuk melakukan filter pada komentar dan trackback yang masuk ke…

Kamis 22 Maret 2018 | Plugin Pendukung

Forum merupakan tempat berkumpulnya orang-orang yang punya ide, hobi, dan ketertarikan yang sama. Jika Anda mencari…

Sabtu 30 April 2016 | Plugin Pendukung

Berdasarkan hasil percakapan dari seorang konsumen yang menginginkan websitenya terintegrasi dengan live chat (fasilitas chating), maka…

Kamis 4 April 2013 | Plugin Pendukung

Apakah saat ini Anda sedang beternak blog? Atau membuat autoblog yang banyak? Jika ya, maka tentu…

Plugin Broken Link Checker

Online Sejak 8 Maret 2013