Meskipun ada beberapa data yang tidak ditampilkan dalam Facebook audience insight, namun fitur terbaru yang disediakan untuk semua media sosial buatan Facebook ini sangat membantu melihat perkembangan akun Anda.
Kini, fitur yang awalnya hanya bisa digunakan oleh influencer ini bisa digunakan oleh semua pemilik sosial media.
Memang tidak semua orang peduli dengan insight akun sosial media mereka. Kebanyakan justru hanya ingin bersenang-senang dan membagikan momen kebahagiaan, curhat, atau melihat-lihat aktivitas teman mereka di media sosial.
Namun dengan semakin menjamurnya selebgram dan selebtwit dari Indonesia maupun luar negeri, rasanya sekarang semua orang mau ingin jadi selebriti di sosial media.
Itu juga yang menjadi salah satu faktor mengapa Facebook membuat fitur insight yang lebih mudah untuk diakses oleh semua penggunanya.
Apa itu Insight di Facebook?
Secara sederhana, Insight adalah sebuah halaman yang digunakan untuk melihat laporan dari akun media sosial Anda.
Laporan yang dimaksud di sini ialah seperti berapa banyak akun yang melihat postingan di akun Anda, berapa banyak pengikut baru yang datang dari unggahan tertentu, dari mana saja pengikut akun berasal, dan masih banyak lagi.
Untuk akun yang digunakan untuk bisnis, seperti influencer maupun akun perusahaan tertentu, Insight digunakan sebagai evaluasi. Sebab perusahaan ingin tahu bagaimana perkembangan akun mereka, yang mana akan berpengaruh pada efektivitas branding dan promosi.
Masalah seperti itu awalnya tidak dihiraukan oleh pengguna media sosial pada umumnya. Sehingga Instagram dan Facebook hanya menyediakan fitur Insight untuk akun bisnis, alias akun yang dikelola secara profesional.
Tapi kini, akun pribadi di kedua media sosial ini pun bisa melihat perkembangan jumlah follower mereka dari waktu ke waktu melalui Insight.
Untuk beberapa orang, hal ini membuat mereka merasa tertekan karena jumlah followers-nya harus terus bertambah. Sehingga tidak sedikit orang-orang yang membuat konten tidak masuk akal dan hanya mencari sensasi agar Insight akunnya terlihat bagus dan ada produk yang mau melakukan endorse.
Di sisi lain, pemilik media sosial yang benar-benar menggunakan akunnya untuk membuat konten kreatif dan mengedukasi bisa terbantu dengan fitur ini.
Sebab mereka bisa tahu hashtag mana yang membuat unggahannya dilihat lebih banyak orang, kapan kebanyakan followers-nya aktif, serta interaksi seperti apa yang diinginkan oleh pengikutnya.
Bagaimana Cara Masuk Audience Insight Facebook?
Facebook dan Instagram memiliki satu halaman Audience Insight yang bisa diakses secara bersamaan bernama Facebook Creator Studio.
Namun, Anda perlu menyambungkan akun Instagram dengan halaman Facebook untuk menggunakan website tersebut. Oleh karena itu jika Anda tidak punya akun Instagram atau tidak ingin menyambungkan halaman Facebook dengan Instagram, berikut ini langkah yang perlu diikuti.
- Pertama, masuk ke akun Facebook yang menjadi admin di halaman Anda
- Kemudian masuk ke menu Halaman seperti biasa
- Pada list menu di bagian kiri, Anda bisa melihat tulisan Insight
- Klik menu tersebut untuk masuk ke halaman Audience Insight Facebook
Halaman ini hanya bisa diakses oleh admin dan beberapa pengurus tertentu dari sebuah halaman. Jadi, jangan khawatir bila Anda takut ada orang lain yang ikut melihat perkembangan halaman Facebook tersebut dari tahun ke tahun.
Apa Data yang Tidak Ditampilkan dalam Facebook Audience Insight?
Mengetahui perkembangan dari sebuah halaman Facebook Anda memang sangat membantu. Itulah mengapa Facebook menyediakan Facebook Audience Insight khusus untuk para pengguna media sosial ini.
Tapi, ada beberapa data yang tidak ditampilkan dalam Facebook Audience Insight, seperti:
Hashtag yang Menjadi Sumber Pengunjung Paling Banyak
Hashtag merupakan salah satu sumber pengunjung yang bisa meningkatkan reach setiap unggahan yang Anda buat.
Dengan Facebook Audience Insight, Anda bisa melihat berapa banyak orang yang mengetahui unggahan tersebut dari hashtag atau sumber lainnya.
Tapi Facebook tidak menunjukan dari hashtag mana para pengunjung tersebut datang. Sebab dalam satu unggahan, kita bisa memasang lebih dari 1 hashtag, bahkan jumlah maksimalnya tidak terbatas.
Komentar di Unggahan
Merespon komentar bisa memicu algoritma agar menaikan jumlah reach dari sebuah unggahan. Sayangnya, dalam halaman Facebook Audience Insight Anda tidak bisa melihat komentar apa yang diterima dalam unggahan tersebut.
Anda juga tidak bisa menjawab atau menambah komentar apapun melalui halaman ini.
Jadi jika ingin menjawab komentar dari para pengunjung atau followers, kita perlu masuk lagi ke link unggahan dan menulisnya dari halaman tersebut.
Data Apa Saja yang Tampil dalam Insight Facebook?
Setelah tahu apa saja data yang tidak ditampilkan dalam Facebook Audience insight, sekarang mari kita pelajari apa saja data yang bisa dilihat dalam halaman ini.
Jumlah Reach dan Engagement
Reach dan Engagement pasti merupakan istilah yang sudah sering Anda dengar. Tapi, ternyata tidak sedikit pengguna media sosial yang belum mengerti arti kedua istilah ini.
Reach adalah jumlah orang yang melihat unggahan Anda. Baik itu ketika lewat di timeline mereka, melihat melalui rekomendasi konten, dan masih banyak lagi.
Sedangkan Engagement adalah jumlah orang yang berinteraksi dengan unggahan Anda. Misalnya ketika mereka memberi like, komentar, atau membagikan unggahan tersebut.
Dengan menggunakan Facebook Audience Insight, Anda juga bisa melihat data perkembangan Reach dan Engagement dari waktu ke waktu.
Demografi Followers
Selanjutnya, Anda juga bisa melihat demografi dari followers halaman tersebut.
Demografi yang ditampilkan dalam Facebook Audience Insight terdiri dari:
- Usia rata-rata
- Jenis kelamin
- Tempat tinggal
- Jam aktif rata-rata
Dengan memanfaatkan demografi yang ditampilkan di halaman Insight, Anda bisa membuat konten yang lebih menarik untuk para pengikut. Misalnya jika kebanyakan pengikut Anda berasal dari luar negeri, maka konten-konten di halaman bisa diisi dengan konten berbahasa Inggris.
Sumber Orang-orang yang Melihat Unggahan
Tidak semua unggahan dilihat hanya oleh pengikut saja. Tidak jarang, unggahan dari halaman Anda dilihat oleh orang yang belum pernah berinteraksi dengan halaman tersebut sama sekali.
Itulah mengapa, Facebook Audience Insight akan menampilkan data audience dari sumber yang berbeda-beda.
Dengan membedakan dari mana pengunjung halaman berasal, Anda bisa menjadikannya sebagai bahan evaluasi. Khususnya ketika Anda menggunakan Facebook Ads.
Pelajari InsightZilla – Membantu riset dan menentukan target iklan di Facebook
Menampilkan Konten dengan Like, Share atau Komentar Terbanyak
Terakhir, Anda bisa melihat unggahan mana yang punya share, like serta komentar yang paling banyak.
Anda juga bisa melihat apakah unggahan-unggahan itu masih menjangkau pengunjung baru atau tidak, apakah masih ada orang yang membagikan unggahan itu atau tidak, dan lain sebagainya.
Jika ada komentar baru dalam unggahan tersebut dan Anda ingin langsung meresponnya agar algoritma makin mendorong reach unggahan, maka Anda bisa langsung menuju link unggahan.
Akhir Kata
Walaupun ada beberapa data yang tidak ditampilkan dalam Facebook Audience Insight, fitur dari Facebook ini sangat membantu untuk mempercepat perkembangan halaman. Oleh karena itu, cobalah pelajari bagaimana cara melihat dan mengevaluasi data insight dengan baik.