Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, Instal theme & Plugin, dan promosi online (Google Adwords)

5 Tips dan Cara Menjalankan Bisnis Online Shop: Reseller [Pemula]

Nov
03
2019
by : Losari WS. Posted in : Bisnis Online

Bukan rahasia lagi, jika saat ini beragam bisnis sudah beralih ke yang awalnya berbasis offline ke yang online. Hal itu tidak lepas dari peran perkembangan teknologi yang sangat pesat, sehingga banyak orang bisa menjalankan bisnis online shop.

Banyak orang yang ingin menjalankan bisnia, tapi kadang kala mereka terhalang dengan tempat yang kurang tepat, atau fasilitas yang tidak memadai. Jika Anda memang sangat srius untuk memulainya, maka bisnis online shop bisa menjadi pilihan. Karena dengan anda di rumah saja sudah bisa menjual barang dan menghasilkan uang.

Pengertian Online Shop

Seperti yang kami katakan di awal paragraf, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, memberikan pengaruh yang besar terhadap berbagai aspek kehidupan, salah satunya dalam bidang bisnis. Di jaman dulu, sebelum adanya internet, kegiatan jual beli hanya bisa dilakukan dengan adanya pertemuan pelaku ekonomi secara langsung.

Dalam hal ini, konsumen yang ingin membeli suatu barang bisa langsung mendatangi toko untuk melihat kondisi fisik dari barang yang akan dibeli. Hal ini juga berlaku dalam proses transaksi yang dilakukan dengan kontak secara fisik atau bahkan dengan cara tawar menawar diantara kedua belah pihak, yaitu penjual dan pembeli.

Tetapi saat ini, dengan adanya internet, hal itu menciptakan perubahan besar dalam dunia dagang menjadi lebih modern. Dimana setiap pelaku ekonomi tidak harus bertatap muka langsung untuk bisa melakukan transaksi. Dalam hal ini, mereka hanya perlu melakukan kesepakatan diantara kedua belah pihak dan barang akan tiba ke lokasi pembelinya tanpa harus repot-repot untuk mendatangi toko lagi. Sistem inilah yang saat ini disebut dengan online shop.

Atau dapat disimpulkan bahwa pengertian online shop adalah suatu tindakan menjual atau membeli produk dan layanan melalui internet. Dan di Indonesia sendiri, budaya online shop mulai berkembang sekitar tahun 2000-an hingga sekarang sudah sangat maju pesat.

Hal ini ditandai dengan begitu banyaknya muncul berbagai startup yang bermain di bidang jual beli produk. Hasilnya sangat postitif, dimana banyak orang yang merasa nyaman dan mudah karena adanya online shop ini. Dengan adanya online shop ini, Anda dan termasuk kami tidak perlu repot lagi mengantre dan berdesakan di toko hanya untuk mencari barang yang diinginkan.

Baca juga: Cara Mudah Untuk Membuat Toko Online Sendiri

Cara Menjadi Reseller Online Shop

Cara Menjalankan Bisnis-Online-Shop

Ada banyak orang yang mulai berbondong-bondong ingin menjalankan bisnis online shop, salah satu yang mereka lakukan ialah dengan menjadi reseller. Tapi sebelum kita membahas mengenai cara menjadi reseller online shop, alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu pengertian dari reseller itu sendiri.

Apa itu reseller ?

Kata reseller berasal dari dua suku kata yaitu re (Kembali) dan seller (penjual) sehingga bisa diartikan sebagai penjualan kembali. Sedangkan menurut Wikipedia, reseller merupakan sebuah perusahaan atau individu yang membeli barang atau jasa dengan tujuan untuk dijual kembali dan tidak untuk dipakai sendiri. Hal ini dilakukan oleh mereka guna mendapatkan keuntungan.

Bagaimana cara menjadi reseller online shop untuk pemula?

Untuk menjadi seorang reseller, maka anda bisa bekerja sama dengan produsen, suplier, distributor, agen bahkan dengan reseller yang lainnya. Pada umumnya reseller akan memperoleh harga yang lebih murah dari harga pasaran.

Dan jika telah memperoleh barang, maka reseller mempromosikan barang dan menjual kembali pada konsumen dengan harga pasaran.

Tips menjadi reseller yang sukses

Meskipun tergolong mudah untuk menjadi seorang reseller, tapi tidak berarti untuk menjalankan usaha ini mudah banget. Diperlukan strategi yang tepat supaya usaha Anda bisa berkembang dan mampu bersaing dengan kompetitor yang menjual produk yang sama. So, jika Anda ingin menjadi reseller, maka anda dapat mengikuti beberapa tips berikut ini!

  • Mengenali produk

Mengenali produk merupakan hal pertama yang harus anda lakukan untuk menjadi reseller. Dalam hal ini, Anda perlu memastikan produk yang akan anda jual memiliki peluang dan prospek yang bagus untuk berkembang.

Dengan Anda mengenali produk yang akan dijual, tentunya anda bisa membuat strategi untuk bersaing dengan reseller yang lainnya. Disini popularitas merek bisa anda jadikan sebagai faktor utama dalam memilih produk. Dengan semakin populernya sebuah merek produk, maka semakin mudah anda untuk menjualnya lagi.

Dan cara mudah untuk mengetahui populernya sebuah produk maka anda bisa melihat iklan yang dilakukan oleh perusahaan atau reseller.

  • Bandingkan produk tersebut dengan produk yang lainnya

Membandingkan produk yang juga sejenis dengan kompetitor merupakan langkah yang harus anda lakukan untuk menjadi reseller. Mencari kelebihan dan kekurangan produk anda dengan kompetitor, tentu  akan bisa membantu anda untuk menjelaskan pada konsumen.

Satu hal yang perlu diingat, sebelum anda menjadi reseller, maka hal yang tidak boleh dilupakan ialah mempelajari profil perusahaan atau suplier anda.

Dalam hal ini, Anda bisa mencari berbagai informasi mengenai profile suplier anda sedetail mungkin. Jangan sampai anda menawarkan suatu produk yang berasal dari suplier yang tidak terpercaya atau bodong.

  • Memastikan suplier mempunyai pelayanan yang prima

Supaya jalannya usaha reseller Anda tidak terhambat, maka sebaiknya anda memilih suplier yang mempunyai pelayanan yang prima. Dalam hal ini, Anda perlu memastikan bahwa suplier anda memiliki online support yang cepat dan responsif.

  • Memaksimalkan pemasaran melalui berbagai media sosial

Salah satu kunci pemasaran yang sedang trend dalam dunia bisnis online shop ini ialah dengan memaksimalkan penggunaan media sosial seperti Instagram dan Facebook. Dengan Memaksimalkan pemasaran media sosial ini, tentu akan bisa membantu anda untuk berpromosi untuk meningkatkan penjualan anda.

  • Memperbanyak relasi bisnis

Mempunyai relasi bisnis yang luas merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam berbisnis. Dengan Anda mempunyai relasi yang banyak, maka Anda akan bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik.

Baca juga: Tips membuka Olshop bagi pemula agar Sukses

Cara Berjualan Online Shop Untuk Pemula

Setiap orang yang ingin menjalankan bisnis online shop, pastinya harus mengetahui bagaimana cara berjualan yang baik. Jika tidak, maka apa yang Anda jual tidak akan ada yang membeli, bahkan untuk melirikpun mungkin orang akan ogah.

Rekomendasi kami tentang cara berjualan online shop untuk pemula ialah dengan membangun brand dulu. Jika Anda perseorangan, maka Anda bisa membangun brand dulu di media sosial atau yang lainnya.

Caranya: Anda bisa menawarkan berbagai macam jenis barang yang sedang trend. Mengapa harus trend? Sebab jika barang Anda sudah banyak yang punya, maka bisnis online shop tidak akan berjalan mulus seperti yang dibayangkan.

Setelah nama Anda sudah cukup terkenal, tiap hari Anda bisa memposting semua barang yang Anda jual. Anda bisa mempostinganya melalui media instgram, facebook, twitter atau whatsapp. Satu lagi, Anda harus ramah pada semua pelanggan agar mereka bisa puas dan akhirnya order lagi pada Anda.

Baca juga: Tips dan Cara Jualan Online Untuk Pemula Agar Cepat Laku

Demikian ulasan singkat tentang bisnis online shop yang bisa kami sampaikan. Kami berharap info ini bisa memberikan manfaat sehingga Anda bisa sukses dalam berbisnis.

REKOMENDASI HOSTING PROFESIONAL
Kode kupon Untuk Bulan OKTOBER 2019.
25% OFF Recurring Shared Hosting = Kode kupon = october2019
30% OFF Recurring Reseller Hosting = Kode kupon = roctober2019
25% OFF Recurring Semi dedicated Hosting = Kode kupon = sdoctober2019
30% OFF Recurring VPS Hosting = Kode Kupon = vpsoctober2019
Order di: sini

artikel terkait 5 Tips dan Cara Menjalankan Bisnis Online Shop: Reseller [Pemula]

Link Penting / MOST WANTED

Jl. Batua Raya No. 53 Makassar
081355077575
081355077575
081355077575
monitoringclub@yahoo.co.id

5 Tips Dan Cara Menjalankan Bisnis Online Shop: Reseller [Pemula] | JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE

Online Sejak 8 Maret 2013