Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Cara Membuat Makalah yang Benar

Mar
21
2019
by : Losari WS. Posted in : Tutorial
5/5 (1)

Cara Membuat Makalah yang Benar – Saya yakin hampir semua guru mata pelajaran di masing-masing sekolah pasti pernah menugaskan siswanya untuk membuat sebuah makalah. Hal inilah yang menjadikan makalah sangat identik dengan para siswa atau juga mahasiswa. Namun, walaupun sudah menjadi tugas sehari-hari, masih ada begitu banyak siswa yang belum mengetahui tentang susunan makalah yang baik dan benar menurut aturan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Maka dari itu muncul ide dari saya untuk membuat artikel mengenai Cara Membuat Makalah.

Kadang kala makalah yang siswa buat hanyalah berupa artikel yang dicopy-paste dari internet. Kemudian mereka berikan halaman judul dan daftar pustaka tanpa memperhatikan susunan dan kerapihan dari makalah tersebut.

Dengan belajar mengenai Cara Membuat Makalah yang benar, selain akan mendapat nilai plus dari guru, hal itu juga akan melatih kedisiplinan kita. Terlebih lagi, saat kita masuk ke jenjang perguruan tinggi, tentu kita akan dihadapkan dengan pembuatan skripsi yang penuh dengan aturan dan ketentuan yang telah ditentukan oleh dosen terkait. Namun, jika sudah dibiasakan membuat makalah yang baik dan benar, tentunya membuat skripsi juga tidak akan terlalu sulit.

Cara Membuat Makalah Sesuai Susunan Aturan Kamus Besar Bahasa Indonesia

Ada beberapa sususan yang harus di perhatikan saat Anda akan membuat sebuah makalah. Ini bukan soal ketentuan dari perseorangan, namun ini merupakan aturan sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia, di antaranya sebaga berikut :

  • Halaman judul (jilid), Halaman ini ialah halaman paling depan dari sebuah makalah, pada halaman judul atau cover pada umumnya terdiri dari judul makalah, nama pembuat, logo, nama dan juga alamat sekolah atau perguruan tinggi.
  • Lembar pengesahan jika memang ada.
  • Kata pengantar.
  • Daftar isi.
  • Daftar tabel jika Anda masukkan tabel

Jika Anda sudah memahami beberapa poin di atas, mari masuk ke dalam isi makalah. Sesuai aturan isi makalah secara umum terdiri dari 3 bab, yang diantaranya sebagai berikut:

  • Bab pendahuluan, pada bab ini terbagi ke dalam 3 sub, yakni: latar belakang, ruang lingkup, dan juga maksud serta tujuan pembuatan makalah.
  • Bab pembahasan, pada bab ini ialah inti dan berisi pembahasan materi yang dijadikan makalah tersebut.
  • Bab penutup, pada bab ini biasanya terbagi ke dalam 2 sub, yakni: kesimpulan dan saran

Usahakan semua point di atas dapat Anda pahami secara keseluruhan. Sebab jika Anda salah memahami mengenai point isi dari makalah sesuai Cara Membuat Makalah yang Benar menurut aturan Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka Anda salah total. Isi merupakan yang paling diperhatikan dari sebuah makalah.

Setelah Anda paham mengenai point isi ini, mari kita lanjut pada bagian penutup makalah yang terdiri dari:

  • Daftar pustaka.
  • Lampiran-lampiran jika Anda menyiapkannya.

Cara Membuat Makalah Sesuai Format Penulisan pada Ms. Word

Cara membuat makalah
Cara membuat makalah

Tidak hanya susunan penulisan yang baik dan benar, format penulisan pada saat Anda mengetiknya pun memiliki beberapa aturan tersendiri. Biasanya, makalah yang baik memiliki format penulisan seperti halnya di bawah ini:

  • Untuk Margin atas 3cm dan bawah 3cm serta kanan 3cm dan kiri 4cm dengan menggunakan spasi 1,5 pada kertas ukuran A4.
  • Font yang dipakai pada umumnya ialah Arial atau Times New Roman dan mempunyai ukuran 12.
  • Mengena bagian awal sampai sebelum isi biasanya memakai penomoran halaman romawi (i, ii, iii, …) dan untuk penomoran halaman umumnya (1, 2, 3, …) pada bagian isi sampai selesai.

Nah, jika makalah sudah selesai diketik dan diedit. Maka tahap terakhir ialah mencetaknya, yaitu mencetak dokumen pada kertas A4 70gr atau 80gr. Ingat, ukuran kertas harus A4, sebab jika ukuran kertasnya kurang dar A4, maka hasilnya tidak akan sesuai. Dan lagi jika lebih dari A4 maka setelah dicetak Anda perlu memotongnya agar sesuai dengan ukuran defult pada dokumen word yaitu A4.

Dengan Anda mengikuti beberapa Cara Membuat Makalah di atas sejak masih di bangku sekolah, saya yakin Anda akan sangat mudah dalam membuat beberapa tugas jika sudah menginjak bangku kuliah.

artikel terkait Cara Membuat Makalah yang Benar

Sabtu 30 Maret 2019 | Tutorial

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara Penulisan Daftar Pustaka dari berbagai sumber disertai contoh.…

Selasa 16 April 2019 | Tutorial

Di era modern seperti saat ini, YouTube menjadi salah satu akses informasi maupun hiburan video yang…

Senin 18 Maret 2019 | Tutorial

Bagi anda yang telah memiliki kemampuan cukup baik dalam menggunakan program pengolah kata seperti halnya Microsoft…

Rabu 27 Maret 2019 | Tutorial

Kita dapat mengganti password Gmail untuk alasan keamanan atau mengatur ulang jika kita lupa. Mengubah password…

2 Cara Membuat Makalah yang Benar - JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE

Online Sejak 8 Maret 2013