Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Cara membuat daftar isi di Microsoft Word

Mar
18
2019
by : Losari WS. Posted in : Tutorial
5/5 (1)

Bagi anda yang telah memiliki kemampuan cukup baik dalam menggunakan program pengolah kata seperti halnya Microsoft Office Word tentu anda tahu benar bagaimana cara membuat daftar isi dengan sangat mudah. Namun tentu saja tidak demikian dengan orang-orang yang masih terbilang cukup awam karena meskipun terlihat sangat sederhana, nyatanya tidak sedikit orang yang kesulitan membuat daftar isi untuk file mereka. sebenarnya ada berbagai macam cara yang bisa anda lakukan untuk dapat membuat daftar isi secara rapi namun tetap efisien dilakukan mulai dari cara yang paling sederhana hingga yang paling kompleks.

Kita sudah mengetahui bahwa daftar isi memudahkan pembaca Anda untuk membaca dokumen yang panjangnya 10 halaman atau lebih.

Daftar isi sama seperti daftar bab di awal buku. Ini mencantumkan setiap bagian dalam dokumen dan nomor halaman tempat bagian itu dimulai.

Anda dapat membuat daftar isi secara manual dengan mengetik nama bagian dan nomor halaman, tetapi cara tersebut akan membutuhkan banyak waktu. Dan jika Anda memutuskan untuk mengatur ulang bagian atau menambahkan lebih banyak informasi, maka Anda harus memperbarui semuanya kembali. Namun dengan pemformatan yang tepat, Word dapat membuat dan memperbarui daftar isi secara otomatis.

Untuk membantu anda yang sedang mencari informasi terkait cara membuat daftar isi maka dalam artikel kali ini akan diberikan informasi tersebut kepada anda. Adapun langkah membuat daftar isi yang bisa anda jadikan pedoman antara lain sebagai berikut:

Cara membuat daftar isi di Microsoft Word

Cara membuat daftar isi
Cara membuat daftar isi

Untuk membuat daftar isi dalam dokumen Microsoft Word prosesnya ada dua langkah. Pertama, identifikasi teks yang ingin Anda tampilkan di Daftar Isi. Kedua, menggunakan Word untuk memasukkan Daftar Isi. Setelah membuat Daftar Isi, Anda dapat menyesuaikannya dengan beberapa cara, sesuai dengan kebutuhan.

Mengidentifikasi teks yang ingin Anda tampilkan di Daftar Isi (Menerapkan heading style)

Pada dokumen, klik heading pertama yang ingin ditampilkan di Daftar Isi. Terapkan Heading 1 untuk paragraf tersebut. Cara termudah untuk menerapkan Heading 1 ialah:

  • Untuk Word 2003 ke bawah: klik style box pada formatting toolbar dan pilih Heading 1
  • Untuk Word 2007 dan Word 2010: pada tab Home, di grup Styles, klik thumbnail Heading 1.

Jika cara tersebut tidak Anda sukai, ada beberapa cara lain untuk menerapkannya.

Dengan cara yang sama, terapkan heading 1 ke judul utama lainnya pada dokumen Anda. Menerapkan Heading 2 ke sub-judul, Heading 3 style ke sub-sub-judul, dan seterusnya.

Jika Anda tidak menyukai tampilan heading (misalnya Anda menginginkan font, ukuran, warna font yang berbeda), jangan memformat teks secara langsung. tapi ubah heading stylenya.

Memasukkan daftar isi

Pada Word, daftar isi bergantung pada penggunaan style untuk memformat judul. Jika Anda sudah menggunakan Heading 1, Heading 2, dan lainnya untuk memformat dokumen, maka Anda siap untuk memasukkan daftar isi. Berikut langkah-langkah untuk menyisipkan daftar isi:

  1. Klik pada dokumen di mana Anda ingin membuat daftar isi. Jika Anda ingin ditampilkan di halamannya sendiri, masukkan page break (Ctrl + Enter) sebelum dan sesudah memasukkan daftar isi.
  2. Klik tab Referensi. Pada grup Daftar Isi, kemudian klik Daftar Isi.
  3. Pilih style Daftar Isi yang ingin Anda masukkan. Otomatis Tabel 1 membuat Daftar Isi dari judul. Otomatis Table 2 membuat Daftar isi dari judul.

Word akan membuat dari daftar isi dari teks dokumen yang diberikan gaya heading: Heading 1, Heading 2, dan Heading 3.

Tahan Ctrl dan klik salah satu nomor halaman untuk menavigasi dokumen. Saat orang membaca dokumen Anda dan mengarahkan mouse pada nomor halaman, mereka akan diingatkan bahwa mereka dapat menggunakan Daftar isi untuk navigasi.

Daftar isi juga membuat link untuk setiap bagian, memungkinkan pembaca menavigasi ke berbagai bagian dokumen. Cukup dengan menahan tombol Ctrl di keyboard kemudian mengklik bagian yang ingin dibaca.

Atur hyperlink agar cukup diklik satu kali

Dengan menggunakan cara membuat daftar isi seperti di atas tadi sebetulnya anda sekaligus membuat hyperlink pada dokumen anda. Artinya apabila anda hendak mengunjungi suatu bab maupun sub bab yang telah tercantum dalam daftar isi anda maka anda tinggal klik judul bab maupun judul sub bab yang anda maksud itu maka dengan segera anda akan langsung diarahkan menuju halaman tempat bab ataupun sub bab itu berada. Tetapi secara default cara tersebut dapat terjadi tidak dalam sekali klik, melainkan anda harus klik judul bab maupun sub bab yang anda kehendaki itu sambil menekan tombol “ctrl” pada papan ketik anda. Untuk menjadikannya cukup diklik satu kali maka silakan anda pergi ke menu file dan pilihlah option, nanti akan muncul kotak dialog baru dimana anda harus pilih word option serta klik advance. Lihat rincian menu advance yang terdapat di bagian sebelah kanan kotak dialog itu kemudian anda cari tulisan “use ctrl + click to follow hyperlink” dimana setelah anda temukan segera hapus tanda check list yang berada padanya.

Memperbaharui daftar isi

Jika Anda mengedit atau menambah dokumen, maka untuk memperbarui daftar isi sangatlah mudah. Cukup pilih daftar isi, kemudian klik Perbarui Tabel, dan pilih Perbarui Seluruh Tabel di kotak dialog yang muncul. Daftar isi akan diperbarui menyesuaikan dengan perubahan yang telah dilakukan.

Dari langkah-langkah membuat daftar isi di atas sebenarnya yang perlu anda perhatikan betul ialah langkah pertama dan kedua saja, karena langkah-langkah berikutnya hanya sekadar opsi lanjutan yang bisa anda lakukan dan bisa pula anda abaikan. Demikian informasi singkat tentang cara membuat daftar isi pada kesempatan kali ini, semoga informasi barusan dapat menjadi salah satu referensi bagi anda yang hendak membuat daftar isi untuk dokumen anda.

artikel terkait Cara membuat daftar isi di Microsoft Word

Selasa 2 April 2019 | Tutorial

Kita dapat mengirim file dengan gambar berkualitas tinggi dengan mudah, dan tanpa batas file, dengan menyimpan…

Selasa 16 April 2019 | Tutorial

Di era modern seperti saat ini, YouTube menjadi salah satu akses informasi maupun hiburan video yang…

Rabu 27 Maret 2019 | Tutorial

Kita dapat mengganti password Gmail untuk alasan keamanan atau mengatur ulang jika kita lupa. Mengubah password…

Sabtu 27 April 2019 | Tutorial

Saat ini, untuk mencari pundi-pundi uang di dunia online sangat mudah di lakukan. Cara paling mudah…

Cara membuat daftar isi di Microsoft Word dengan 4 Langkah - JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE

Online Sejak 8 Maret 2013