Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Cara menambahkan theme wordpress

Jan
27
2019
by : Losari WS. Posted in : Tutorial Website
5/5 (1)

Apakah Anda ingin memasang tema WordPress? Sebagai seorang pemula, Anda mungkin telah mendengar tentang temheme WordPress gratisan dan berbayar (premium). Saat Anda memulai membuat website WordPress, mungkin Anda ingin mencoba beberapa theme di website Anda sampai menemukan yang tepat dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai cara menambahkan theme WordPress atau Cara mengganti theme WordPress. Jika Anda baru membuat Website WordPress, dan ingin menambahkan theme baru, atau mengganti theme default, maka berikut ini langkah-langkahnya.

Pendahuluan

Sebelum Anda Menginstal ataua menambahkan atau mengganti theme WordPress.
Menginstal atau menambahkan atau mengganti theme WordPress itu mudah. Namun perlu diingat bahwa jika Anda mengaktifkan theme baru, maka akan mengubah tampilan dan fungsi situs web Anda.

Cara menambahkan theme wordpress / Cara mengganti theme wordpress / Cara menginstal theme wordpress

Cara menambahkan theme melalui fasilitas pencarian theme di WP admin

Jika Anda ingin menambahkan theme WordPress gratis dari direktori theme WordPress.org, maka cara termudah ialah dengan menggunakan fungsi pencarian theme di halaman dasbor admin WordPress.

  1. Login ke dasbor WordPress Anda.
    Cara menambahkan theme WordPress
  2. Kemudian klik bagian Appearance / Tampilan.
  3. Selain menambahkan theme, jika Anda ingin mengganti theme yang ada di list theme default WordPress, 
  4. Setelah Anda berada di halaman theme, klik tombol Add New di bagian atas.
  5. Untuk menambahkan theme yang ada di list (theme gratis yang disediakan WordPress.org. Silahkan Anda pilih theme yang menarik buat Anda  Anda bisa memilih dari list theme WordPress pilihan, theme WordPress Populer, theme WordPress terbaru, mencari theme tertentu, atau mencari theme dengan fitur spesifik.Cara menambahkan theme melalui fasilitas pencarian theme di WP admin
  6. Jika sudah menemukan theme yang ingin Anda instal, cukup arahkan mouse di atas gambar. sampai muncul tombol instal, tombol pratinjau, dan tombol detail. Klik tombol install.
  7. Klik Activated.

Catatan: Tergantung pada theme yang Anda pilih, itu dapat menambahkan opsi pengaturan tambahan yang mungkin perlu dikonfigurasi baik melalui penyesuai theme atau melalui panel opsi terpisah.

Cara menginstal theme WordPress dengan metode upload di dasbor WP

Metode pertama yang kami bahas sebelumnya hanya memungkinkan Anda untuk menginstal theme gratis yang tersedia di direktori theme WordPress.org. Tetapi bagaimana jika Anda ingin menginstal theme WordPress “premium” seperti yang Anda beli di Themeforest, dan lain-lain.

Atau bagaimana jika Anda ingin memasang theme khusus? Nah dalam hal ini, Anda perlu menginstal theme menggunakan metode upload dari admin WordPress Anda.

Mulailah dengan mendownload file .zip dari theme yang Anda beli.

  1. Login ke dasbor WordPress Anda.
  2. Kemudian klik bagian Appearance / Tampilan.
  3. Setelah Anda berada di halaman theme, klik tombol Add New di bagian atas.
  4. Pada halaman berikutnya, klik tombol Upload Theme di bagian atas.Cara menginstal theme WordPress dengan metode upload di dasbor WP

  5. Anda akan diminta untuk memilih file zip yang telah didownload sebelumnya. 
  6. Pilih theme yang ingin diupload
  7. Klik Instal now.
  8. Setelah theme dipasang, Anda akan melihat pesan sukses bersama link untuk mengaktifkan dan melihat pratinjau theme tersebut
  9. klik Aktifkan. 

Tergantung pada themenya, ini dapat menambahkan opsi pengaturan tambahan yang mungkin perlu dikonfigurasi baik melalui penyesuai theme atau melalui panel opsi terpisah.

Catatan: Fungsi upload theme hanya tersedia untuk pengguna WordPress.org yang dihosting sendiri. Jika Anda menggunakan WordPress.com, maka Anda tidak akan melihat opsi ini karena WordPress.com membatasi Anda. Untuk menggunakan fitur upload theme khusus, Anda harus menggunakan WordPress.org yang dihosting sendiri

Mengelola Tema WordPress Anda

Untuk mengelola theme WordPress Anda, sorot menu Appearance di Dasbor WordPress. Kemudian klik menu Themes.

Di bagian atas halaman ini, Anda akan melihat theme yang Aktif. Dalam hal ini, tema kami saat ini adalah tema Twenty Twelve. Di sini kita juga melihat opsi untuk Menyesuaikan/Customize. Jika Anda mengklik link ini, Anda akan melihat jendela pratinjau yang memungkinkan Anda untuk membuat perubahan pada Judul Situs dan Tagline, mengatur warna, menambahkan gambar latar belakang yang berbeda atau mengubah halaman statis.

Jika Anda kembali ke tab Themes, Anda akan melihat daftar theme yang tersedia di bawah theme yang aktif. Itu merupakan theme yang telah diinstal di situs WordPress Anda sebelumnya.

Jika Anda mengklik link Pratinjau Langsung / Live Preview di bawah theme apapun, Anda akan melihat pratinjau bagaimana tampilan situs Anda dengan menggunakan theme tersebut. Pada posisi pratinjau, Anda dapat menavigasi ke halaman yang berbeda untuk melihat bagaimana tampilan berdasarkan posting, arsip, dan template halaman lainnya. Di panel sebelah kiri jendela pratinjau, Anda juga dapat mengedit pengaturan theme. Pengaturan ini akan berbeda, tergantung pada fitur theme apa yang didukung oleh theme tersebut.

Pelajari: Cara Membuat Website / Blog WordPress : Pemilihan Domain, Hosting, Themes dan Plugin

Demikianlah tutorial Cara menambahkan theme WordPress, cara instal theme WordPress atau cara mengganti theme WordPress, semoga bermanfaat.

tags:

artikel terkait Cara menambahkan theme wordpress

Minggu 23 September 2018 | Tutorial Website

Sebelum lebih lanjut membahas mengenai Cara menambahkan subdomain di cPanel, terlebih dahulu kita harus memahami mengenai hierarki…

Selasa 20 Februari 2018 | Tutorial Website

Setiap orang memiliki cerita dan pengalaman yang menarik, serta ide-ide yang cemerlang. Jaman dahulu ketika saya…

Minggu 13 Januari 2019 | Tutorial Website

WordPress dilengkapi dengan kemampuan untuk menyortir konten ke dalam kategori, tag, dan taksonomi. Salah satu perbedaan…

Senin 9 April 2018 | Tutorial Website

File .htaccess merupakan file konfigurasi server Apache yang didistribusikan, di mana Anda dapat memberikan perintah ke server…

Cara menambahkan theme wordpress | JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE

Online Sejak 8 Maret 2013