
Setiap bisnis, penulis lepas, pemilik situs web atau blog hari ini sangat khawatir dengan Search Engine Optimization (SEO). Alasannya ialah bahwa dengan mengikuti tindakan yang diperlukan untuk mengoptimalkan konten mereka, mereka sangat meningkatkan kesempatan mereka untuk meningkatkan peringkat situs mereka di mesin pencari. Dalam melakukannya, mereka meningkatkan kemungkinan dilihat oleh pembaca. Selain faktor penting ini, penulis mengikuti aturan-aturan SEO untuk menciptakan pengalaman pengguna yang menyenangkan yang menyediakan pembaca dengan informasi yang mereka cari.
Meningkatkan SEO melibatkan link building dan optimasi onpage, yang mengakibatkan situs mendapatkan trafik organik. (Proses ini berbeda dari Search Engine Marketing [SEM] yang membayar untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web). Mesin pencari seperti Google memberikan peringkat halaman web dalam urutan apa yang mereka menganggap menjadi yang paling relevan bagi pencari. Oleh karena itu sangat penting bagi penulis untuk menggunakan kata kunci untuk artikel mereka sehingga mudah ditemukan. Lebih ringkas dan akurat kata kunci akan semakin tinggi peringkat situs Anda akan diberikan oleh mesin pencari. Semakin relevan dan menarik tulisan Anda, semakin lama pengunjung untuk tetap di situs web Anda dan cenderung untuk berbagi. Berikut ini rincian apa yang harus dipertimbangkan ketika menulis konten untuk situs web Anda.
- Konten harus alami, tidak terlalu formal.
- Konten harus ditulis menggunakan bahasa yang baik.
- Konten harus kaya.
- Konten harus terstruktur, seperti cerita.
- Konten harus memiliki tujuan.
Saat menulis konten online dengan SEO, sangat penting untuk memasukkan nice keseimbangan informasi visual dan tekstual, untuk menjaga perhatian pembaca yang terfokus.
- Gunakan tombol berbagi sosial yang mobile friendly.
- Tambahkan “kata-kata hipnotic” untuk memangkas bounce rate dan meningkatkan waktu kunjungan pada halaman web. Kata/frase yang menjaga pembaca tetap berada pada halaman Anda misalnya “Sekarang,” “Anda mungkin bertanya-tanya”, “ini adalah kesepakatan” dan lain-lain.
- Jika Anda mempublikasikan artikel berupa daftar, coba gunakan angka ganjil, ini akan meningkatkan CTR 20% lebih banyak.
- Gunakan tanda [kurung kotak] untuk topik utama Anda, ini akan meningkatkan CTR 20% lebih banyak.
Struktur yang kaya.
- Buat struktur yang kaya dengan menambahkan jendela “Tip”, “What’s new”, atau “Mengapa produk ini” dengan beberapa poin-poin.
- Google mencintai poin, nomor, grafik, harga dan lain-lain. Apa saja untuk memecah tulisan dan membuatnya mudah dan menarik bagi pembaca.
CSS.
Kata kunci penting, kesimpulan atau fakta harus dipertebal, digarisbawahi atau ditulis dalam warna yang berbeda.
Sharing is caring