Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Cara mengatasi Google penguin dan bagaimana menghindarinya

Des
25
2018
by : Losari WS. Posted in : SEO
5/5 (1)

Cara mengatasi Google penguin dan bagaimana menghindarinya – Setelah Google Panda, pada tahun 2012, Google meluncurkan update algoritma yang bernama Penguin yang ditujukan untuk menurunkan peringkat situs dengan backlink manipulatif dan spam. Masalahnya, backlink selalu menjadi salah satu sinyal peringkat paling kuat untuk mesin pencari. Namun pada masa itu, algoritma Google tidak dapat menentukan kualitas backlink. Itulah sebabnya selama bertahun-tahun SERP mengalami kekacauan yang tidak terkendali. teknik SEO hanya mengandalkan dari membeli backlink atau menggunakan teknik spam untuk memanipulasi hasil pencarian.

Pengertian Google Penguin

Menurut Wikipedia:

Google Penguin is a codename for a Google algorithm update that was first announced on April 24, 2012. The update is aimed at decreasing search engine rankings of websites that violate Google’s Webmaster Guidelines by using now declared black-hat SEO techniques involved in increasing artificially the ranking of a webpage by manipulating the number of links pointing to the page. Such tactics are commonly described as link schemes.

Yang pengertian bebasnya ialah:

Google Penguin adalah nama kode untuk pembaruan algoritme Google yang pertama kali diumumkan pada tanggal 24 April 2012. Pembaruan ini ditujukan untuk menurunkan peringkat mesin pencari situs web yang melanggar Pedoman Webmaster Google dengan menggunakan Black-hat SEO yang sekarang dinyatakan teknik yang terlibat dalam meningkatkan peringkat laman web secara artifisial dengan memanipulasi jumlah tautan yang mengarah ke laman. Taktik semacam itu umumnya digambarkan sebagai skema tautan

Penguin bekerja secara real-time memeriksa setiap link internal dan eksternal. Sama seperti Panda, Penguin sekarang menjadi bagian dari algoritma inti dari Google.

Sejarah Google Penguin update

Ada sejumlah update algoritma Penguin sejak diluncurkan pada 2012, dan mungkin sejumlah tweak lainnya yang tercatat dalam sejarah sebagai update algoritma yang tidak dikenal.

  1. Penguin 1 pada tanggal 24 April 2012 (berdampak pada sekitar 3,1% dari semua query)
  2. Penguin 2 pada tanggal 26 Mei 2012 (berdampak pada kurang dari 0,1% dari semua query)
  3. Penguin 3 pada tanggal 5 Oktober 2012 (berdampak pada sekitar 0,3% dari semua query)
  4. Penguin 4 (penguin 2.0) pada tanggal 22 Mei 2013 (berdampak pada 2,3% dari semua query) . Ini juga merupakan update Penguin pertama yang melihat lebih dalam homepage situs web dan halaman kategori tingkat atas untuk menemukan spam link yang diarahkan ke situs web.
  5. Penguin 5 (penguin 2.1) pada tanggal 4 Oktober 2013 (berdampak pada sekitar 1% dari semua query)
  6. Penguin 6 (penguin 3.0) pada tanggal 17 Oktober 2014 (berdampak pada kurang dari 1% query berbahasa Inggris).
  7. Google Penguin 4.0: pada tanggal 23 September 2016. Hampir dua tahun setelah refresh 3.0, update algoritma Penguin terakhir diluncurkan. Perubahan terbesar dengan iterasi ini ialah bahwa Penguin menjadi bagian dari algoritma inti.

Sasaran Google Penguin

  • Link dari dari situs spam
  • Link dari situs yang tidak relevan secara niche
  • Backlink berbayar
  • Backlink dengan anchor text yang terlalu dioptimalkan (terlalu persis dengan kata kunci)
  • Backlink dengan anchor text yang terlalu persis dengan long tail keyword

Cara mengatasi Google penguin

Cara mengatasi Google Penguin
Cara mengatasi Google Penguin

Periksa backlink Anda.

Hal pertama yang harus dilakukan ialah memeriksa backlink spam dengan mencari backlink spam yang mengarah pada wbsite Anda.

Menghubungi webmaster dari sumber backlink spam

Meskipun ini agak susah, namun Anda bisa mencoba menghubungi pihak webmaster website bersangkutan untuk menghapus backlink yang menuju ke website Anda.

Disavow link spam

Setelah kita menghubungi pemilik situs spam untuk menghapus backlink yang menuju ke website kita namun tidak ada tanggapan, maka kita bisa melakukan disavow link dengan bantuan alat Google Disavow link. Inilah cara Google memahami backlink apa yang harus diabaikannya ketika memberi peringkat pada situs Anda.

Lakukan diversifikasi anchor text

Hindari menggunakan anchor text yang sama secara berulang-ulang. Gunakan variasi seperti:

  • Exact match: 10%
  • Partial exact match: 20%
  • Naked URL 30%,
  • Branding keyword 30%
  • Generic anchor text 10%

Hindari backlink berkualitas rendah langsung menuju ke moneysite

Pastikan backlink yang menuju ke moneysite Anda berasal dari situs dengan tingkat otoritas domain yang sama atau lebih tinggi. Hindari backlink yang tidak relevan dan terlalu banyak OBL.

Hindari link dari guest blogging network

Matt Cutts berjanji untuk menghukum guest blogging network. Ia selalu melakukan swiping guest blogging network. Oleh karena itu sebaiknya Anda menghindari jenis backlink ini.

Demikianlah artikel mengenai Cara mengatasi Google penguin dan bagaimana menghindarinya, semoga bermanfaat.

artikel terkait Cara mengatasi Google penguin dan bagaimana menghindarinya

Kamis 2 Juni 2016 | SEO

Jika Anda mengiginkan website Anda mengalami peningkatan dalam jumlah kunjungan, maka kecepatan website merupakan sesuatu hal…

Rabu 30 November 2016 | SEO

Kursus SEO terbaik dengan materi paling lengkap dan up-to-date, merupakan slogan untuk Kursus Private SEO V.3…

Rabu 26 Desember 2018 | SEO

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai Algoritma pencarian yang digunakan google. Tujuan dari perlunya…

Kamis 9 Juni 2016 | SEO

Banyak sekali calon konsumen yang bertanya, jika saya ingin dibuatkan website, apakah sudah termasuk managemen SEO-nya?…

Cara mengatasi Google penguin dan bagaimana menghindarinya | JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE

Online Sejak 8 Maret 2013