Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

12 Tips memilih nama domain yang baik untuk website

Sep
02
2018
by : Losari WS. Posted in : Domain Hosting
5/5 (1)

Memilih nama domain hampir sama dengan memilih nama perusahaan, tidak hanya asal memilih nama domain saja, tapi membutuhkan banyak pemikiran dan pertimbangan. Nama domain yang Anda pilih merupakan identitas Anda atau bisnis Anda di internet. Untuk itu, pastikan memilih nama domain yang tidak hanya sesuai dengan bisnis Anda, tetapi juga mudah ditemukan dan dipromosikan. Berikut ini Tips memilih nama domain yang baik untuk website.

Tips memilih nama domain yang baik untuk website

1. Kesesuaian nama

Sebaiknya ada kesesuaian antara nama domain dengan isi website Anda, dengan memilih nama domain yang sesuai dengan isi website, maka pengunjung akan tahu gambaran isi website Anda hanya dengan melihat nama domain Anda. Misalnya saja, Anda ingin membuat website seputar dunia kesehatan, maka Anda bisa memilih domain seperti infosehatkeluarga.com, gak lucu kan kalau domain Anda infosehatkeluarga.com misalnya, terus isinya membahas tentang komputer.

2. Gunakan nama yang pendek dan mudah diingat

Tujuan pemilihan nama domain yang pendek ialah agar mudah diingat, seandainya Anda bisa memilih nama domain dengan hanya tiga huruf misalnya, mungkin itu lebih baik. Kebanyakan perusahaan besar memilih nama domain yang pendek dan mudah diingat. Ada juga yang berpendapat bahwa nama domain yang pendek akan memudahkan pendindeksan mesin pencari, namun kebenaran tentang hal ini belum banyak yang bahas.

3. Gunakan nama domain yang mudah diketik

Ini juga penting, selain domain yang mudah diingat, domain yang mudah diketik juga akan menjadi salah satu faktor kesuksesan diinternet. Dengan menggunakan kata-kata atau huruf yang beberapa konsonan, mungkin akan membingunkan pengunjung untuk mengetiknya, Seperti kata xpress dengan ekspres, mungkin akan terlihat mana yang akan mudah diketik.

4. Tidak menggunakan tanda penghubung

Pada awal-awal saya membuat website, saya baiasa menggunakan tanda penghubung, contohnya www.saudagar-bugis.com. Penggunaan tanda penghbung juga biasa membuat pengunjung website akan sulit untuk mengingat nama domain Anda tersebut. Jadi gunakan tanpa tanda penghubung, seperti infoidebisnis.com

5. Menggunakan alternatif nama domain yang mirip

Setiap hari, mungkin ada ribuan nama domain baru yang telah diambil oleh orang yang ingin membuat website, sehingga nama-nama yang pendek dan gampang diingat sudah diambil orang lain. Misalnya kita ingin membuat website tentang kesehatan, mungkin saja domain sehat.com sudah ada yang ambil duluan, maka kita bisa memilih nama yang mirip atau mengandung kata tersebut, seperti infosehat.com atau infosehatkeluarga.com jika ternyata juga sudah ada yang ambil duluan.

6. Hindari penggunaan angka

Kalau bisa, hindari penggunaan angka. Hal ini untuk menghindari pengunjung keliru mengetikkan url saat akan membuka website, kecuali nama perusahaan atau brand anda memang mengandung angka, seperti trans7

7. Legalitas nama domain

Sebelum membeli suatu domain, sebaiknya perhatikan dulu apakah nama domain tersebut tidak mengandung hak cipta atau merek orang atau perusahaan lain, karena hal ini bisa menyebabkan masalah di kemudian hari.

8. Membeli nama-nama domain yang mirip

Ini sebenarnya tidak terlalu penting, namun jika Anda memiliki dana yang cukup atau berlebih, Anda bisa membeli beberapa domain yang mirip dengan nama domain utama Anda, hal ini untuk mencegah terjadinya salah pengetikan pengunjung, sehingga kalau terjadi salah ketik, maka domain yang Anda beli tadi akan redirect ke domain utama.

Namun jika Anda ingin membangun brand dan membesarkan bisnis Anda, maka untuk melindungi merek Anda, Anda sebaiknya membeli berbagai ekstensi domain, termasuk versi salah eja dari nama domain Anda tersebut. Hal ini mencegah kompetitor mendaftarkan versi lain dari nama domain Anda yang dapat merebut posisi Anda di mesin pencari dan merebut pelanggan Anda.

9. Ekstensi domain yang digunakan.

Tips memilih nama domain yang baik untuk website

Tips memilih nama domain yang baik untuk website

Jika Anda ingin membuat sebuah website yang target marketnya ialah orang Indonesia, mungkin lebih baik memilih ekstensi domain .id, atau Anda bisa memilih ekstensi domain .com yang universal dan bisa target ke mana saja. Salah satu kemudahan dalam melakukan registrasi domain berekstensi .com ialah tidak membutuhkan embel-embel dokumen dalam pengurusannya.

Ekstensi domain .com merupakan ekstensi domain yang paling populer, tetapi mungkin sulit untuk mendapatkan nama domain .com yang pendek dan mudah diingat karena sudah ada yang membelinya terlebih dulu.

Sebenarnya telah banyak tersedia domain tingkat atas generik baru – seperti .photography, .nyc dan .guru – sehingga jika Anda ingin berburu domain pendek, mungkin Anda bisa menemukannya. Kembali kita rincikan beberapa ekstensi teratas lainnya yang sering digunakan:

  • .co: singkatan untuk perusahaan, perdagangan, dan komunitas.
  • .info: situs informasi.
  • .net: situs infrastruktur teknis dan Internet.
  • .org: organisasi non-komersial dan organisasi nirlaba.
  • .biz: penggunaan bisnis atau komersial, seperti situs e-commerce.
  • .me: blog, resume atau situs pribadi.

Baca juga: Domain: Pengertian dan Domain yang ada di Indonesia

10. Domain yang mengandung kata kunci

Menggunakan nama domain yang mengandung kata kunci tak hanya akan mudah diingat oleh pengunjung, tapi juga akan membantu meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencari. Misalnya, jika ingin membuat website bisnis rental mobil, Anda bisa memilih nama domain rentalmobil.com.

11. Nama domain yang menargetkan area.

Jika Anda ingin membuat website bisnis yang targetnya lokal, pertimbangkan untuk memasukkan kota atau wilayah Anda dalam nama domain tersebut untuk memudahkan pelanggan lokal menemukan dan mengingatnya. Misalnya, rentalmobilmakassar.com

12. Memborong domain cantik

Jika punya modal banyak, Anda bisa memborong domain-domain cantik yang bernilai jual, yang bisa Anda jual nantinya kalau tidak ingin dibuatkan menjadi sebuah website.

Demikianlah Tips memilih nama domain yang baik untuk website, semoga bermanfaat.

artikel terkait 12 Tips memilih nama domain yang baik untuk website

Sabtu 8 September 2018 | Domain Hosting

Control panel hosting memegang peranan penting dalam pengelolaan web. Bagi webmaster, mungkin setiap hari mengakses control…

Selasa 4 September 2018 | Domain Hosting

Sebelum Anda membuat keputusan untuk menyewa web hosting, maka sebaiknya perhatikan Tips memilih web hosting berikut…

Rabu 5 September 2018 | Domain Hosting

Setelah kita mempelajari Tips memilih web hosting, maka langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan untuk membuat website…

Kamis 26 Juli 2018 | Domain Hosting

Domain sebenarnya identik dengan nama sebuah website atau url, misalnya www.losari.web.id, namun secara teori, domain bisa…

Tips memilih nama domain yang baik untuk website

Online Sejak 8 Maret 2013