Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Cara setting dns dan name server jika domain dan hosting berbeda

Jan
12
2019
by : Losari WS. Posted in : Domain Hosting
5/5 (2)

Server menyimpan database yang sangat besar. Server bekerja menemukan nama yang disimpan dan mengubahnya menjadi semacam nomor telepon. Sistem ini memastikan orang hanya perlu mengingat nama domain, dan bukan nomor yang terlalu panjang.

Cara setting dns dan name server / Cara mengganti name server di Idwebhost – Bagaimana membuat DNS record akan bervariasi sesuai dengan penyedia hosting. Jadi, silakan periksa antarmuka hosting masing-masing. Kita perlu mengkonfigurasi name server agar dapat menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP.

Untuk ekstensi domain (TLD), biasanya harus menggunakan setidaknya 2 alamat IP yang berbeda untuk 2 name server yang berbeda. Sebagai contoh, kita menggunakan domain “domainkamu.com” dengan server nama “ns1.idwebhost.com” dan “ns2.idwebhost.com” yang seharusnya memiliki IP “1.2.3.4” dan “5.6.7.8”.

Jika kita membeli domain di suatu registrar, namun kita ingin menghosting website kita di tempat lain, maka kita perlu mengatus DNS atau name server untuk domain kita. Kalau kita menghosting website kita di tempat yang sama, maka tidak perlu melakukan pengaturan DNS atau name server.

Berikut ini Cara setting dns dan name server jika domain dan hosting berbeda. Berhubung semua domain saya, saya register di Idwebhost, maka panduan ini saya gunakan Idwebhost sebagai contoh. Saya rasa caranya hampir sama di register lain. Namun jika di tempat Anda membeli domain, berbeda caranya, silahkan hubungi registrar domain Anda untuk mendapatkan bantuan bagaimana caranya mengubah name server.

Baca juga: Cara membeli domain dan hosting di idwebhost

Cara setting dns dan name server / Cara mengganti name server di Idwebhost

Cara setting dns dan name server / Cara mengganti name server di Idwebhost

Sebagian besarregistrar domain memiliki tool sehingga Anda dapat mengubah name server sendiri. Kemudian Anda bisa menghapus name server default dan menggantinya dengan name server yang dikirimkan melalui email oleh penyedia hosting yang Anda gunakan.

Cara setting dns dan name server / Cara mengganti name server di Idwebhost

  1. Login ke akun Idwebhost Anda
    Login ke Idwebhost
  2. Klik domain aktifKlik domain aktif
  3. Akan keluar nama-nama domain Anda.Daftar domain aktif
  4. Pilih domain yang ingin Anda ganti name servernya.
  5. Klik di bagian drop down samping gambar kunci pas di sebelah kanan.
  6. Klik kanan ganti name server.
  7. Akan keluar halaman pengelolaan domain. Biasanya name server di sini akan otomatis terisi sendiri, dan jika kita ingin menghosting website kita di Idwebhost, maka name server ini tidak usah diganti.Mengganti name server
  8. Tandai Gunakan nameserver lain (masukkan di bawah)Gunakan name server lain
  9. Ganti 2 name server yang ada dengan name server yang diberikan oleh hosting provider Anda.
  10. Klik ganti name server
  11. Selesai. Tunggu maksimum 3×24 jam agar propagasi menuju ke server hosting baru sempurna. Dalam masa propagasi ini, maka website biasanya tidak dapat diakses dengan sempurna.

Demikianlah Cara setting dns dan name server jika domain dan hosting berbeda, semoga bermanfaat.

artikel terkait Cara setting dns dan name server jika domain dan hosting berbeda

Sabtu 8 September 2018 | Domain Hosting

Control panel hosting memegang peranan penting dalam pengelolaan web. Bagi webmaster, mungkin setiap hari mengakses control…

Senin 3 September 2018 | Domain Hosting

Pengertian Web Hosting – Web hosting dapat diumpamakan sebagai rumah kontrakan, dimana kita bisa memilih tipe…

Selasa 4 September 2018 | Domain Hosting

Sebelum Anda membuat keputusan untuk menyewa web hosting, maka sebaiknya perhatikan Tips memilih web hosting berikut…

Rabu 5 September 2018 | Domain Hosting

Setelah kita mempelajari Tips memilih web hosting, maka langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan untuk membuat website…

Cara setting dns dan name server jika domain dan hosting berbeda dengan 11 langkah - JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE

Online Sejak 8 Maret 2013