
Losari.web.id | Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakan Google Analytics – Salah satu alat (tool) yang banyak digunakan oleh pemilik sebuah website ialah Google Analytic. Tool ini banyak digunakan sebagai alat untuk memantau trafik yang masuk ke website dengan memanfaatkan fitur untuk melacak pengunjung yang dimilikinya.
Meskipun salah satu fitur Google Analytics untuk memantau jumlah pengunjung yang masuk ke website, namun sebenarnya ada banyak sekali fitur yang bisa dimanfaatkan.
Google Analytics tidak hanya digunakan oleh pemilik website pribadi, banyak perusahan dan pengusaha yang menggunakannya untuk meningkatkan potensi pendapatan.
Dengan memanfaatkan fitur yang ada di Google Analytics, anda akan sangat terbantu karena bisa menentukan keputusan apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan pengunjung website.
Bagi anda yang baru mendengar alat yang satu ini, mungkin masih kebingungan mengenai cara teknis penggunaannya. Untuk itu, ada baiknya jika anda melihat ulasan mengenai cara menggunakan Google Analytics dengan lengkap.
Apa Itu Google Analytics?
Google Analytics adalah sebuah alat yang memiliki fungsi untuk melacak berbagai macam informasi mengenai pengunjung yang berkunjung ke sebuah website. Saat ini alat ini banyak dimanfaatkan oleh para blogger, web developer, dan digital marketing untuk menganalisis strategi pemasaran mereka
Fungsi Google Analytics
Fungsi utama dari alat ini sesuai dengan namanya, Google Analytics berfungsi untuk melakukan analisis terhadap setiap kunjungan yang ada di website.
Dengan analisis tersebut, memiliki website akan mendapatkan gambaran mengenai lokasi pengunjung, kata kunci yang diketik pengunjung, dari mana sumber pengunjung, jenis perangkat yang digunakan, dan konten mana yang paling banyak dikunjungi.
Dari data atau informasi yang diperoleh tersebut anda bisa mengetahui bagaimana karakteristik pengunjung di website. Hal itulah yang menjadi bahan untuk memperbaiki kualitas konten sehingga pengunjung betah berkunjung di website anda.
Setelah mengetahui sekilas mengenai Google Analytics, berdasarkan informasi yang dibahas sebelumnya ada baiknya jika mengenal lebih jauh lagi mengenai alat ini. Untuk bisa mengaplikasikan ke website yang anda kelola, selanjutnya akan dibagikan informasi mengenai bagaimana cara menggunakan Google Analytics.
Cara Menggunakan Google Analytics
Setelah mengetahui sedikit gambaran mengenai Google Analytics, dibawah ini ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk melakukan pelacakan terhadap performa website yang anda miliki menggunakan menu Laporan Google Analytics.
Cara Menggunakan Google Analytics #1: Untuk Memonitor Data Real Time dengan Menu Real Time

Fitur ini bisa memberikan informasi detail mengenai kapan waktu website kamu ramai pengunjung. Dengan adanya data aktivitas pengunjung, anda bisa memanfaatkannya untuk membuat jadwal dalam mempublikasikan konten ataupun promo berdasarkan data tersebut.
Ringkasan
Pilih Menu Realtime > Overview, di bagian ini anda bisa melihat beberapa laporan diantaranya:
- Jumlah pengunjung yang aktif saat itu.
- Tampilan halaman per menit dan per detik.
- Rujukan teratas.
- Trafik sosial teratas.
- Halaman aktif paling atas.
- Kata kunci teratas.
- Lokasi pengunjung paling atas.
Lokasi
Sub-menu ini akan menampilkan data real-time dimana lokasi pengunjung membuka website.
Sumber Trafik
Sub-menu ini menampilkan dari mana sumber trafik datang apakah berasal dari pencarian organik, melalui iklan (CPC), referral, sosial, dan banner.
Konten
Sub-menu ini akan menampilkan konten mana yang sementara dikunjungi oleh pengunjung dan berapa jumlah orang yang mengunjungi.
Cara Menggunakan Google Analytics #2: Untuk Mengetahui Karakteristik Pengunjung Website lewat Menu Audience

Anda bisa mengetahui lebih detail mengenai karakteristik pengunjung website, asal pengunjung, dan apa saja ketertarikannya pada website yang anda kelola melalui menu Audience.
Ada 16 sub-menu yang ada pada menu Audience yang berisi informasi seperti lokasi pengunjung, browser yang digunakan, rentang usia, gender, perangkat yang digunakan, dan masih banyak lagi.
Pengguna Aktif
Data yang ditampilkan pada sub-menu ini akan memperlihatkan jumlah pengunjung dalam satu hari terakhir, tujuh hari terakhir, empat belas hari terakhir, dan 28 hari terakhir. Anda juga bisa mengatur sendiri rentang waktu yang diinginkan.
Demografi
Pada sub-menu ini anda akan melihat informasi detail mengenai usia dan jenis kelamin pengunjung website. Dengan data yang ada disini, anda bisa menentukan konten apa yang pas sesuai dengan data rentang umur dan jenis kelamin yang ada di sub-menu ini.
Minat
Disini anda bisa melihat informasi mengenai ketertarikan setiap orang yang mengunjungi website anda. Fungsi utama data yang ada di sub-menu ini ialah mengetahui bagaimana kesesuaian (koherensi) antara minat pengunjung dan target audiens website anda.
Geografis
Sub-menu ini menampilkan informasi mengenai lokasi visitor dan bahasa yang dipakai pada pencarian Google yang mereka gunakan untuk berkunjung ke website anda.
Teknologi
Informasi yang akan diperoleh dari sini adalah informasi mengenai OS, Browser, dan jaringan yang digunakan pengunjung untuk membuka website anda.
Seluler
Sub-menu ini memberikan laporan detail mengenai nama perangka, jenis perangkat, dan detail lain mengenai perangkat seluler yang digunakan untuk mengakses website.
Untuk informasi lainnya, bisa anda cek langsung ke menu Audiens.
Cara Menggunakan Google Analytics #3: Menganalisis Bagaimana Visitor menemukan Website Anda dengan Menu Akuisisi

Pada menu akuisisi, anda akan melihat informasi mengenai dari mana pengunjung bisa menemukan website anda. Fitur yang satu ini akan sangat bermanfaat untuk melakukan pelacakan terhadap keberhasilan campaign atau optimasi website yang anda lakukan.
Dalam menu akuisisi ini akan ditunjukkan beberapa sumber trafik, diantaranya berikut ini:
Ringkasan
Sub-menu ringkasan memberikan tampilan mengenai dari mana saja sumber trafik website anda berasal, apakah dari penelusuran organik, google ads, email, dan yang lain.
Semua Trafik
Pada sub-menu ini akan disajikan mengenai pembagian trafik website berdasarkan saluran, peta hierarki, sumber/media, dan rujukan.
Google Ads
Sub-menu ini berfungsi untuk mencatat dan mengumpulkan data visitor yang berasal dari Iklan Google yang menuju ke website anda.
Search Console
Sub menu ini akan memperlihatkan data yang sama dengan data yang berasal dari Google Search console. Data yang ditampilkan ialah data yang didapatkan dari visitor organik yang mengunjungi website anda melalui halaman Google search engine.
Sosial
Data yang ada di sub-menu ini memperlihatkan trafik yang berasal dari situs media sosial seperti Facebook, YouTube, Instagram, dan sebagainya.
Kampanye
Sub-menu ini akan berisi informasi tentang pelacakan pengunjung yang URL khusus kampanye yang sedang dijalankan.
Melalui menu Akuisisi, pada bagian Ringkasan anda juga bisa memantau pendapatan trafik secara ringkas. Dengan adanya informasi yang terdapat di menu ini, anda bisa menemukan dengan cara apa anda akan mendapatkan Return of Investment (ROI) terbanyak dalam memberikan peningkatan pada website.
Cara Menggunakan Google Analytics #4: Mengetahuii Perilaku Visitor Website lewat menu Perilaku

Di bagian menu Perilaku, anda bisa melihat bagaimana interaksi yang dilakukan oleh pengunjung terhadap halaman dan konten yang ada di website anda. Melalui fitur ini anda juga bisa mengetahui halaman mana yang paling banyak dikunjungi, melacak apa saja yang dikunjungi oleh pengunjung selama berada di website anda, hingga data kecepatan website.
Dengan fitur ini, anda dapat melacak halaman mana saja yang sering dikunjungi dan menjadi landing page, melacak aktifitas pengunjung selama berada di website, dan data kecepatan website.
Alur Perilaku
Salah satu sub-menu yang cukup menarik adalah Alur perilaku. Fitur ini akan menunjukkan alur aktifitas visitor selama berada di website.
Konten Situs
sub-menu ini berisi informasi tentang semua postingan blog, landing page, dan halaman yang terdapat di website anda. Pada bagian sub-menu ini, terdapat lagi beberapa data diantaranya, semua halaman, perincian konten, halaman landing, dan halaman keluar.
Kecepatan Website
Sub-menu ini menampilkan laporan mengenai data speed website, dari sisi server maupun visitor. Speed website menjadi salah satu tolak ukur yang menjadi penilaian mesin pencari.
Baca juga:
Tips Mempercepat Loading Website WordPress
Penelusuran Situs
Fitur yang satu ini banyak dimanfaatkan sebagai alat untuk melacak pencarian yang dilakukan visitor selama berada di website anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk menambahkan kotak pencarian pada website agar menu ini bisa anda gunakan.
Peristiwa
Sub-menu ini akan menampilkan pelacakan mengenai peristiwa yang terjadi dalam website saat dikunjungi oleh pengunjung. Misalnya saja, menonton video, mengklik sebuah tombol, mengunduh file, dan sebagainya.
Penayang
Bagi anda yang memonetisasi website menggunakan Google Adsense atau Ad Exchange, anda bisa menghubungkan Ad Manager ke Google Analytics agar bisa mengetahui semua data iklan yang dimunculkan di website.
Cara Menggunakan Google Analytics #5: Menelusuri Hasil Marketing dengan Pelacakan Konversi

Untuk menu ini biasanya digunakan oleh para digital marketing, untuk menentukan suatu sasaran yang ingin dicapai, misalnya sasaran pengunjung membuka halaman produk atau halaman invoice, sasaran pengunjung menonton video, melakukan share, membuka link, dan sebagainya, pengunjung melakukan kunjungan dalam waktu tertentu, dan yang lainnya.
Menu ini terdiri dari sub-menu Sasaran, E-commerce, dan Funner Multisaluran
Cara Daftar Google Analytics
Setelah mengetahui hampir sebagian besar menu dan sub-menu yang ada di Google Analytics. Anda sudah bisa mencoba menggunakannya di website anda. Sebelum bisa menggunakan semua fitur yang dimiliki Google Analytics, sebaiknya anda membuat akun Gmail terlebih dahulu, jika sudah ada silahkan langsung ikuti setiap langkah dibawah ini:
- Buka halaman https://analytics.google.com/analytics/
- Silahkan login dengan memasukkan data Gmail, jika belum pilih tombol Sign Up dan masukkan semua data yang dibutuhkan.
- Langkah selanjutnya, anda akan berada di halaman Account Setup. Di sini, Anda wajib mengisi nama akun lengkap dengan ceklist newsletter yang berisi produk dari Google. Klik tombol Next jika semua data yang dibutuhkan terisi.
- Berikutnya, tentukan platform apa yang Anda gunakan, yang ingin dilakukan pelacakan. Akan ada tiga pilihan platform, yakni Web, Apps, atau Web and Apps. Jika anda seorang blogger silahkan pilih Web, lalu klik next.
- Setelah itu, masukkan data nama website, URL website, kategori, dan time zone (zona waktu).
- Selesai, proses daftar Google Analytics selesai. Langkah terakhir tinggal melakukan integrasi dengan website anda dengan memasukkan id pelacakan properti Google Analytics yang telah diberikan.
Itulah pembahasan lengkap mengenai bagaimana cara menggunakan Google Analytics untuk melakukan pelacakan terhadap pengunjung dan mengambil berbagai data kunjungan di website.
Google Analytics memang merupakan salah satu tool yang sangat bermanfaat untuk berbagai jenis website.
Data yang diperoleh di Google Analytics dapat dikatakan cukup akurat sehingga ketika diolah dengan baik akan menjadi salah satu cara terbaik untuk memberikan perkembangan pada website, baik dari sisi bisnis ataupun SEO Jadi, setelah membaca semua informasi di atas anda sudah bisa mengaplikasikannya ke website anda.
Video Tutorial cara menggunakan google analytics di website
Demikianlah Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakan Google Analytics, semoga bermanfaat.