Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Mengenal Internet

Feb
10
2014
by : Losari WS. Posted in : Blogging

JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE – Semestinya artikel ini ditulis pada bagian awal, tapi tidak apa-apa, kita kembali ke dasar pengenalan internet.

PENGERTIAN INTERNET

Internet berasal dari kata International Network yang artinya jaringan internasional. Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan. Disebut jaringan internasional karena internet menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar.

Inter juga disebut dunia tanpa penguasa karena semua orang mempunyai hak yang sama atas internet. Oleh karena itu, internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah teritorial negara tertentu.

SEJARAH INTERNET

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan progma e mail yang diciptakan setahun sebelumnya untuk ARPANET. Program e mail itu begitu mudah sehingga menjadi populer dan banyak dinikmati. Ikon @ pada e mail menyatakan pada atau at dalam internet. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan di luar Ameriks Serikat. Komputer University Collage di London merupakan komputer pertama di luar Amerika Serikat yang menjadi anggota ARPANET. Di tahun yang sama, dua orang ahli komputer (Vinton Cerf dan Bob Kahn) mempersentasikan gagasan yang lebih besar, yang kemudian menjadi cikal bakal pemikiran internet.

Mengenal Internet 1

Ratu Inggris pada tahun 1976 juga berhasil mengirimkan e mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, lebih dari 100 komputer tergabung di ARPANET yang membentuk sebuah jaringan. Dari sini pula berkembang pengertian internet sebagai jaringan komputer luas dan besar yang menghubungkan pemakai komputer dari satu komputer ke komputer lainnya di seluruh dunia.

Istilah lain yang kita temukan dalam internet adalah NewsGroup. Awalnya dikenal dengan USENET. NewsGroup ditemukan tahun 1979 oleh Tom Truscolt, Jim Ellis dan Steve Bellovin. Dan tahun 1981, France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama dimana orang bisa saling menelepon sambil berhubungan dengan video link.

Pada tahun 1982 penggunaan jarigan komputer semakin meningkat, sehingga menimbulkan ide untuk membuat sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Maka terbentuklan Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protocol atau IP. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer yang dikenal dengan Eunet, menyediakan jaringan di Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia dengan layanan e mail dan newsgroup.

Tahun 1987 jumlah komputer yang saling tersabung mencapai 10 kali lipat yang menimbulkan ide untuk membuat penyeragaman terutama alamat. Dan dikembangkan sistem penamaan dalam jaringan komputer yang dikenal dengan Domain Name Syatem (DNS) yang mana di tahun 1984 juga sudah diciptakan.

Istilah Chat dalam dunia maya ternyata ditemukan oleh Oikarinen dari Finland tahun 1988, yaitu IRC (Internet Relay Chat). Dan tahun 1990 baru muncul WWW (World Wide Web) yang ditemukan oleh Berners Lee yang bisa menjelajahi satu komputer ke komputer lainnya di seluruh dunia. Ini yang menjadi dasar berkembangnya pembelajaran berbasis web yang akan kita geluti satu semester ke depan.

Pengembangan tentang standarisasi web terjadi pada tuhun 1994, CERN dan MIT (Massachusset Institute of Technology) membuat persetujuan untuk membentuk Konsorsium  World Wide Web.

Sejarah internet Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa di antara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet. Sejak 1988, ada pengguna awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.

Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.

Tulisan-tulisan tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS berjudul “Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio“di bulan November 1990. Juga beberapa artikel pendek di Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB di tahun 1989.

Kegunaan Internet
Internet mempunyai banyak kegunaan yang menguntungkan dalam berbagai bidang (bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi, dan sebagainya) antara lain :

  1. Informasi yang didapatkan lebih cepat dan murah dengan menggunakan berbagai aplikasi antara lain : email, NewsGroup, www, FTP.
  2. Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh : koran, majalah dan brosur.
  3. Sebagai media promosi, contoh : pengenalan dan pemesanan produk.
  4. Komunikasi interaktif, meliputi : email, dukungan pelanggan dengan www, video, conferencing, internet relay chat, internet phone.
  5. Sebagai alat untuk research dan development.
  6. Pertukaran data.

Demikianlah pengenalan singkat mengenai internet. Semoga bermanfaat.

tags:

artikel terkait Mengenal Internet

Sabtu 14 November 2015 | Blogging

Blog merupakan jurnal harian seseorang. Kegiatan menulis blog disebut blogging. Kegiatan yang semakin menjamur di Indonesia…

Jumat 2 Maret 2018 | Blogging

Sering kali kita menghadapi masalah pada website kita yang penyebabnya bukan karena konflik antar plugin, terkena…

Jumat 20 Januari 2017 | Blogging

Pada dasarnya WordPress theme secara default dapat ditambahkan deskripsi pada kategori dan tag dari website. Mungkin…

Minggu 4 Oktober 2015 | Blogging

Tips membuka Olshop bagi pemula agar Sukses – Anda pasti sering mendengar dengan yang namanya Olshop…

Mengenal Internet

Online Sejak 8 Maret 2013