Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Pentingnya Privacy Policy, Disclaimer, dan Terms of Service di Website

Mar
20
2013
by : Losari WS. Posted in : Tutorial Website

Pentingnya privacy policy, term of service dan disclaimerSebagian besar dari para blogger ataupun webmaster merasa bahwa Privacy Policy, Disclaimer, dan Terms of Service bagi sebuah blog atau website tidak penting, padahal sebuah website atau blog disarankan untuk menggunakan kebijakan dan aturan-aturan pengguna situs. Kebijakan ini biasanya dituangkan ke dalam halaman Privacy Policy, Disclaimer, Term of Use  dan yang lainnya.

Pengertian Privacy policy

Pengertian privacy policy menurut Adsense dan isi peraturannya :

post and abide by a transparent privacy policy that users see. According to this policy, publishers must notify their users of the use of cookies and/or web beacons to collect data in the ad serving process. This change relates to advertisers’ use of innovative products and features like Gadget Ads and other offerings in the future.

Privacy Policy adalah pernyataan atau dokumen hukum (hukum privasi) yang mengungkapkan beberapa atau semua cara mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan mengelola pelanggan atau data klien. Informasi pribadi bisa apa saja yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi individu, tidak terbatas termasuk, nama, alamat, tanggal lahir, status perkawinan, informasi kontak, masalah ID dan tanggal kadaluwarsa, catatan keuangan, informasi kredit, riwayat kesehatan, kemana mana Anda berkunjung, dan niat untuk memperoleh barang dan jasa. Dalam kasus bisnis itu sering merupakan pernyataan yang menyatakan kebijakan partai pada bagaimana mengumpulkan, menyimpan, dan memberikan informasi pribadi yang dikumpulkan. Ini memberitahu klien informasi spesifik apa saja yang dikumpulkan, dan apakah itu dirahasiakan, kepada para mitra, atau dijual kepada perusahaan lain atau perusahaan.

Pengertian Disclaimer

Disclaimer adalah semacam peringatan yang diberikan oleh auditor. Disclaimer atau pernyataan penyangkalan diberikan dengan tujuan perlindungan bagi pemilik website atau situs sebagai pemberi informasi. Pembaca suatu situs dianggap secara otomatis menerima syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs tersebut, termasuk klausul disclaimer.

Pengertian Term of Service (TOS)

Terms of Service, atau yang biasa disingkat TOS biasa disediakan oleh pemilik situs web dengan maksud untuk memberikan aturan (rules) sehubungan dengan pelayanan (service) yang ada di dalam blog/situs web-nya. Hampir di setiap tombol navigasi website dan blog menyediakan laman ini. Namun tak sedikit pula blogger yang tidak atau belum berniat membuat dan bahkan belum mengerti benar fungsi dan kegunaannya.

Berikut arti dari Terms of Service menurut Wikipedia:

Terms of service (commonly abbreviated as ToS or TOS) are rules which one must agree to abide by in order to use a service. Unless in violation of consumer protection laws, such terms are usually legally binding. Terms of Service can also be referred to as Terms of Use or sometimes merely a Disclaimer, especially regarding the use of websites.

Yang bila diartikan secara bebas:

Ketentuan Layanan (TOS) adalah aturan-aturan yang harus disetujui kedua belah pihak dalam sebuah pelayanan. Kecuali jika menyangkut hal-hal seperti pelanggaran undang-undang perlindungan konsumen, istilah-istilah dalam TOS biasanya mengikat secara hukum. Ketentuan Layanan juga dapat disebut sebagai Persyaratan Penggunaan atau kadang disertai Sanggahan/Penolakan, terutama mengenai penggunaan layanan di sebuah situs web.

Dengan mengetahui definisi dari Privacy Policy. Disclaimer, dan Term of Service untuk Website, maka sebagai pemilik situs, maka Anda dapat memutuskan kebijakan-kebijakan tersebut penting atau tidak Anda terapkan di website Anda

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- arti disclaimer, - disclaimer adalah, - term of service adalah

artikel terkait Pentingnya Privacy Policy, Disclaimer, dan Terms of Service di Website

Sabtu 31 Mei 2014 | Tutorial Website

Cara Membuat Website / Blog WordPress – Membuat website / blog mungkin akan menjadi pekerjaan yang menyulitkan…

Selasa 13 Februari 2018 | Tutorial Website

Meskipun saat ini di dashboard admin WordPress telah disediakan sarana untuk menambahkan kategori ke menu, namun…

Kamis 1 Maret 2018 | Tutorial Website

Mengganti domain lama ke domain baru merupakan salah satu hal yang biasa terjadi dalam dunia bisnis…

Senin 9 Juni 2014 | Tutorial Website

Cara merekam dan upload video ke YouTube dari WordPress – Menambahkan video YouTube di WordPress bisa…

Pentingnya Privacy Policy, Disclaimer, dan Terms of Service

Online Sejak 8 Maret 2013