Pentingnya Privacy Policy, Disclaimer, dan Terms of Service di Website

By | Januari 13, 2019
Pentingnya privacy policy, torm of service dan disclaimer

Sebagian besar dari para blogger ataupun webmaster merasa bahwa Privacy Policy, Disclaimer, dan Terms of Service bagi sebuah blog atau website tidak penting, padahal sebuah website atau blog disarankan untuk menggunakan kebijakan dan aturan-aturan pengguna situs. Kebijakan ini biasanya dituangkan ke dalam halaman Privacy Policy, Disclaimer, Term of Use  dan yang lainnya.

Pengertian Privacy policy

Pentingnya privacy policy, term of service dan disclaimer

Pengertian privacy policy menurut Adsense dan isi peraturannya :

post and abide by a transparent privacy policy that users see. According to this policy, publishers must notify their users of the use of cookies and/or web beacons to collect data in the ad serving process. This change relates to advertisers’ use of innovative products and features like Gadget Ads and other offerings in the future.

Privacy Policy adalah pernyataan atau dokumen hukum (hukum privasi) yang mengungkapkan beberapa atau semua cara mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan mengelola pelanggan atau data klien. Informasi pribadi bisa apa saja yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi individu, tidak terbatas termasuk, nama, alamat, tanggal lahir, status perkawinan, informasi kontak, masalah ID dan tanggal kadaluwarsa, catatan keuangan, informasi kredit, riwayat kesehatan, kemana mana Anda berkunjung, dan niat untuk memperoleh barang dan jasa. Dalam kasus bisnis itu sering merupakan pernyataan yang menyatakan kebijakan partai pada bagaimana mengumpulkan, menyimpan, dan memberikan informasi pribadi yang dikumpulkan. Ini memberitahu klien informasi spesifik apa saja yang dikumpulkan, dan apakah itu dirahasiakan, kepada para mitra, atau dijual kepada perusahaan lain atau perusahaan.

Apa Itu Disclaimer

Apa itu disclaimer

Apa itu disclaimer? Disclaimer adalah semacam peringatan yang diberikan oleh auditor. Disclaimer atau pernyataan penyangkalan diberikan dengan tujuan perlindungan bagi pemilik website atau situs sebagai pemberi informasi. Pembaca suatu situs dianggap secara otomatis menerima syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs tersebut, termasuk klausul disclaimer.

Pengertian Term of Service (TOS)

Terms of Service, atau yang biasa disingkat TOS biasa disediakan oleh pemilik situs web dengan maksud untuk memberikan aturan (rules) sehubungan dengan pelayanan (service) yang ada di dalam blog/situs web-nya. Hampir di setiap tombol navigasi website dan blog menyediakan laman ini. Namun tak sedikit pula blogger yang tidak atau belum berniat membuat dan bahkan belum mengerti benar fungsi dan kegunaannya.

Berikut arti dari Terms of Service menurut Wikipedia:

Terms of service (commonly abbreviated as ToS or TOS) are rules which one must agree to abide by in order to use a service. Unless in violation of consumer protection laws, such terms are usually legally binding. Terms of Service can also be referred to as Terms of Use or sometimes merely a Disclaimer, especially regarding the use of websites.

Yang bila diartikan secara bebas:

Ketentuan Layanan (TOS) adalah aturan-aturan yang harus disetujui kedua belah pihak dalam sebuah pelayanan. Kecuali jika menyangkut hal-hal seperti pelanggaran undang-undang perlindungan konsumen, istilah-istilah dalam TOS biasanya mengikat secara hukum. Ketentuan Layanan juga dapat disebut sebagai Persyaratan Penggunaan atau kadang disertai Sanggahan/Penolakan, terutama mengenai penggunaan layanan di sebuah situs web.

Dengan mengetahui definisi dari Privacy Policy. Apa itu Disclaimer, dan Term of Service untuk Website, maka sebagai pemilik situs, maka Anda dapat memutuskan kebijakan-kebijakan tersebut penting atau tidak Anda terapkan di website Anda

Untuk membantu mencegah penyebaran COVID-19 dengan bekerja dari rumah (WFH), maka kami memberikan DISKON Rp. 500.000,- untuk pembuatan semua jenis website.
Silahkan hubungi kami lewat .

REKOMENDASI HOSTING PROFESIONAL
Kode kupon SEPTEMBER 2020
Diskon BERLAKU SEUMUR HIDUP.

Service / DiskonKode Kupon
Shared
25% OFF Recurring
september2020
Semi-Dedicated
25% OFF Recurring
sdseptember2020
Reseller
30% OFF Recurring
rseptember2020

Order di: SINI

14 thoughts on “Pentingnya Privacy Policy, Disclaimer, dan Terms of Service di Website

  1. ahmad andrian

    gan , kalo masang adsense , di utamakan yg penting pp kan ? kalo ga pasang disclaimer atau tos ga masalah kan dengan google adsense yang akan kita daftarkan ?

    1. Losari WS Post author

      Apa maksud agan Google adsense berbahasa Indonesia atau PPC lokal? Kalau Google Adsense berbahasa Indonesia sebaiknya pakai PP

  2. induaksamang

    ada aturan hukumnya gak mas yang menerangkan untuk di pasang atau tidak Disclaimer dan PP nya?

    1. Losari WS Post author

      Aturan hukumnya sih belum ada, tapi kalau blognya dipasangi adsense sebaiknya PP itu ada, supaya tidak rawan banned blognya. Saya sudah pernah mengalami kena banned karena tidak ada PP. Kalau disclaimer untuk memperjelas batasan-batasan terhadap isi blog kita

  3. achm sopyan

    Maaf mau tanya nih, blog saya kan memang sebagai penyedia jasa, jadi yang harus saya buat apa yaa???
    Privacy police? Disclaimer? Atau Term of Service?
    Mohon bimbingannya. Trima kasih

  4. arsad dhewa

    jika saya membuat blog tapi saya blm terdaftar di adsense gmana dgn prifacy policynya jika nanti akan di daftarkan di google adsense

    1. Losari WS Post author

      Sebaiknya Privacy Policy dibuat memang terlebih dahulu, soal diterima apa nggak, serahkan pada Yang kuasa

  5. UrbandistrO

    jadi kalau saya tidak pasang kedua nya gimana kira kira mas

Comments are closed.