Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, Instal theme & Plugin, dan promosi online

5 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Sep
22
2015
by : Endar Julian. Posted in : Blogging
5/5 (1)

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog – Sebagian besar dari anda tentunya mengenal media internet bernama blog, blog merupakan aplikasi web yang dapat memuat kontent berupa tulisan maupun gambar. Bicara mengenai blog secara lebih mendalam, aplikasi web yang satu ini sendiri terdiri dari cukup banyak jenis berbeda . Beberapa diantaranya adalah:

  • Blog Pribadi
  • Blog Politik
  • Blog Bertopik
  • Blog mode
  • Blog Bisnis
  • Blog Pendidikan
  • Blog Kesehatan
  • Dan beberapa jenis blog lainnya.

Pada era informasi dan teknologi seperti sekarang, blog bukanlah hanya sebuah media untuk berbagi informasi ataupun bercerita lewat tulisan. Namun blog telah menjelma menjadi sarana yang dapat mengantarkan anda mendapatkan fee/ bayaran dari kegiatan blogging/ meng-update postingan.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Menghasilkan uang dari blog
Menghasilkan uang dari blog (Ilustrasi/Wikimedia)

Mendaftar Blog anda ke program Google Adsense

Google Adsense
Google Adsense

Program yang satu ini merupakan salah satu cara yang paling difavoritkan oleh para blogger/ pengguna blog untuk meraup pundi-pundi uang. Program yang di-handle dan sponsori oleh Google ini akan membayar anda untuk setiap klik iklan maupun tampilan iklan kunjungan pengguna internet ke blog yang anda kelola atau yang lebih dikenal dengan istilah traffic.

Semakin besar jumlah kunjungan penggunan internet/ traffic ke blog anda, maka akan semakin besar pula (kesempatan untuk mendapatkan) fee atau bayaran yang akan anda dapatkan. Untuk mendaftarkan blog anda ke program Google Adsense ini, hal yang pertama harus anda lakukan adalah membuat akun Google Adsense terlebih dahulu.

Kemudian Google Adsense akan menilai apakah blog anda memenuhi kriteria untuk mengikuti program. Biasanya kriteria penilaian Google Adsense ini berkaitan dengan umur blog, jumlah postingan dan kualitas content/ postingan (postingan dalam bahasa Inggris biasanya memiliki kesempatan lebih besar untuk lolos dalam penilaian).

Program PTC

Paid to Click - salah satu cara mendapatkan uang dari blog
Paid to Click (Ilustrasi/Pommycity)

Program PTC adalah salah satu jenis program yang akan membayar internet user untuk setiap klik yang dilakukan pada iklan yang disediakan oleh PTC yang dipilih. Tentu saja, anda harus membuat akun terkait dengan PTC yang anda pilih terlebih dahulu. Meskipun menggiurkan, anda tetapi harus hati-hati dikarenakan tidak sedikit pula PTC yang berupa SCAM atau penipuan alias tidak membayar.

Terkait dengan blog, anda dapat menggunakan blog anda sebagai media promosi suatu PTC dengan menawarkan baris iklan pada blog anda. Untuk cara yang satu ini, anda harus mendaftar terlebih dahulu ke salah satu PTC lokal maupun asing untuk mendapatkan kode iklan referral/ banner yang akan dimuat pada baris blog yang anda miliki.

Baris/ ruang iklan

Anda dapat menggunakan beberapa space kosong pada blog anda sebagai ruang iklan untuk pebisnis online. Biasanya, blog yang memiliki traffic tinggi akan dapat mencapai angka 500 ribu hingga 1,5 juta Rupiah per-bulannya untuk setiap spot iklan yang ditawarkan.

Penjualan Blog

Cara yang satu ini biasanya adalah cara yang digunakan oleh master/ orang yang sangat mengenal teknik SEO (Search Engine Optimilization), sehingga menaikkan dan membuat suatu blog adalah suatu pekerjaan yang sangat mudah. Untuk penjualan blog, blog dengan traffic/ kunjungan cukup tinggi biasanya akan dihargai dengan kisaran $1000 bahkan lebih.

Afiliasi

Pemasaran afiliasi juga merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari blog. Inilah cara kerja pemasaran afiliasi:

  1. Pengiklan memiliki produk yang ingin dijual. Dia setuju untuk memberi Anda komisi dari setiap penjualan jika pembeli datang dari situs Anda.
  2. Dia memberi Anda link unik yang melacak kode afiliasi Anda. Dengan begitu, dia mengetahu kapan pembeli menggunakan link Anda untuk melakukan pembelian.
  3. Anda memasukkan link afiliasi Anda di situs Anda. Anda dapat melakukannya secara langsung dalam artikel Anda atau melalui iklan banner. Jika pembaca mengklik link afiliasi Anda dan membeli produk yang Anda rekomendasikan, maka Anda akan mendapatkan persentase dari apa yang dia beli.
  4. Anda dapat memanfaatkan pemasaran afiliasi melalui jaringan iklan seperti Amazon Associates, atau Anda dapat membuat kemitraan pribadi dengan pengiklan dan bisnis dengan program afiliasi.

Baca juga: Cara memulai bisnis online dari nol.

Demikianlah Cara Mendapatkan uang dari Blog, semoga bermanfaat.

REKOMENDASI HOSTING PROFESIONAL
Kode kupon Untuk Bulan SEPTEMBER 2019.
25% OFF Recurring Shared Hosting = Kode kupon = september2019
30% OFF Recurring Reseller Hosting = Kode kupon = rseptember2019
25% OFF Recurring Semi dedicated Hosting = Kode kupon = sdseptember2019
30% OFF Recurring VPS Hosting = Kode Kupon = vpsseptember2019
Order di: sini

artikel terkait 5 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Minggu 20 September 2015 | Blogging

Trik menghilangkan gangguan dalam ngeblog – Apabila anda seorang blogger, anda sudah pasti merasakan hal semacam…

Minggu 30 Desember 2018 | Blogging

Cara memulai bisnis online dari nol – Entah apakah Anda ingin resign dari pekerjaan, atau melebarkan…

Rabu 14 Februari 2018 | Blogging

Salah satu pertanyaan paling umum yang sering dilontarkan oleh para nubi setelah mendaftar ke Google AdSense…

Kamis 26 November 2015 | Blogging

Google Web Master Tools merupakan alat yang disediakan oleh Google untuk membantu mengoptimalkan blog atau web…

Link Penting / MOST WANTED

Jl. Batua Raya No. 53 Makassar
081355077575
081355077575
monitoringclub@yahoo.co.id

5 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog - JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE

Online Sejak 8 Maret 2013