Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Mengenal Reputasi Alamat IP Website Anda

Jul
01
2015
by : Losari WS. Posted in : Artikel

Mengenal Reputasi Alamat IP Website Anda – Sebagai pemilik website, Anda mungkin tidak berpikir tentang fakta bahwa alamat IP website Anda memiliki reputasi atau hal itu penting. Ide dari IP situs yang memiliki reputasi bukanlah sesuatu yang dibahas banyak di antara penyedia hosting, apalagi oleh hosting yang hanya menyediakan shared hosting.

Inilah yang dimaksud dengan reputasi alamat IP situs Anda:

Jika situs IP Web Anda telah terdaftar sebagai blacklist database spam seperti SpamHaus, maka reputasi Anda telah dirugikan. Dampaknya: Email yang berasal dari situs web Anda akan kemungkinan besar tidak akan dikirim ke penerima. Sebagai contoh, jika ada yang mendaftar di website Anda maka kemungkinan tidak akan menerima password atau email yang terkirim tidak diterima jika berasal dari alamat IP situs yang terdaftar dalam blacklist.

Mengetahui Reputasi Alamat IP Website Anda

Mengetahui Reputasi Alamat IP Website Anda (Ilustrasi)

Sebagai contoh lain: Jika alamat IP publik situs Anda telah blok oleh firewall di negara tertentu – misalnya Great Firewall of China, maka reputasi alamat IP Anda telah rusak. Sebuah situs web yang kontroversial di negara tertentu memiliki alamat IP publik dan jika Cina misalnya ingin memblokir akses warga mereka ke situs web itu, mereka dapat mencegah mereka mengakses alamat IP bersangkutan. Hasilnya adalah bahwa setiap website lain yang mempunyai alamat depan IP yang sama juga diblokir.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membantu melindungi reputasi IP situs Anda:

Mengetahui jika Anda berbagi alamat IP dengan situs-situs lain

Jika Anda menggunakan penyedia shared hosting, berarti Anda berbagi IP dengan ratusan atau mungkin ribuan situs-situs lain. Jika salah satu dari mereka terdaftar dalam spam atau diblokir oleh negara atau jaringan besar, Anda mungkin akan terpengaruh.

Anda dapat mengelola risiko ini dengan menginstal Wordfence, upgrade ke Premium dan mengaktifkan fitur pada halaman pilihan yang berjudul “Periksa apakah IP situs ini adalah spam”. Fitur ini memeriksa reputasi alamat IP Anda dengan monitor spam dan akan mengingatkan Anda jika reputasi IP Anda telah dirugikan. Anda juga dapat memeriksa apakah domain website Anda sedang “Spamvertized” (termasuk dalam email spam) dan Anda dapat mengaktifkan filter lanjutan komentar spam.

Perhatikan umpan balik pengguna dari negara lain tentang akses ke situs Anda

Jika Anda berada di IP publik bersama karena Anda menggunakan jaringan distribusi konten (CDN), perhatikan di inbox email Anda. Jika misalnya, pengunjung Cina mulai mengeluh tentang tidak dapat mengakses situs Anda, mungkin karena cloud provider Anda pindah ke IP lain, atau sementara mereka lagi mengubah DNS yang merujuk ke website Anda sendiri.

Jika Anda berada di shared hosting dan pengguna menerima pesan yang tampaknya dari sensor ketika mereka mencoba untuk mengakses situs Anda, hubungi pihak hosting Anda agar memindahkan server Anda ke alamat IP yang lain.

Mengetahui siapa saja yang berada pada alamat IP yang sama dengan website Anda:

Anda dapat mencari tahu siapa lagi yang sama dengan alamat IP publik website Anda dengan melakukan reverse IP lookup domain. Situs ini menyediakan layanan gratis, cukup mengetik alamat website Anda, misalnya www.example.com, dan tekan tombolenter untuk mengetahui siapa lagi yang sama alamat IP Anda.

Jika Anda melihat situs yang Anda tidak suka sangat banyak, jangan khawatir. Ini umum jika shared hosting memiliki ratusan situs di satu alamat IP, selama IP tersebut tidak diblokir oleh sensor atau monitor spam, Anda tidak memiliki masalah. Itulah mengapa penting untuk memantau reputasi IP Anda.

Demikianlah Mengenal Reputasi Alamat IP Website Anda, Sekarang Anda memahami mengapa reputasi alamat IP itu penting dan cara memantau memantau reputasi alamat IP website Anda dan mencari tahu siapa saja yang sama IP dengan website Anda, sehingga Anda dapat mengetahui bahwa website Anda aman, dapat diakses oleh siapa saja, dan dapat mengirim email lewat website tanpa masuk ke folder spam. (Sumber: Wordfence)

artikel terkait Mengenal Reputasi Alamat IP Website Anda

Rabu 30 Desember 2015 | Artikel

Pada pertengahan tahun ini tepatnya 31 Agustus 2015 menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi para pecinta windows,…

Mengenal Reputasi Alamat IP Website Anda

Online Sejak 8 Maret 2013