Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Cara membuat kategori di WordPress

Jan
13
2019
by : Losari WS. Posted in : Tutorial Website
5/5 (1)

WordPress dilengkapi dengan kemampuan untuk menyortir konten ke dalam kategori, tag, dan taksonomi. Salah satu perbedaan utama antara kategori dan tag ialah bahwa kategori dapat memiliki subkategori atau anak kategori. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan kepada Anda Cara membuat kategori di WordPress atau cara menambahkan kategori dan subkategori di WordPress.

Jika ingin Website Anda memiliki struktur, Anda harus membagi konten Anda ke dalam kategori. Untuk menambahkan kategori di WordPress, caranya pun cukup sederhana.

Memahami Induk (parent), Anak (child), dan Saudara (Sibling) Kategori di WordPress

Kategori merupakan alat yang ampuh dan dapat digunakan tidak hanya untuk menyortir konten, tetapi juga untuk mengembangkan struktur situs yang semestinya bermakna dan semantik.

Kategori WordPress merupakan cara yang sangat nyaman untuk mengatur postingan. Kategori terdiri dari kategori induk dan Anak kategori yang memungkinkan pengaturan hierarki posting. Selain itu, satu buah postingan dapat ditempatkan pada lebih dari satu kategori.

Kategori menyediakan cara untuk mengelompokkan postingan terkait, yang bertujuan memberi tahu pembaca tentang apa postingan itu. Kategori juga memudahkan orang menemukan konten. Kategori mirip dengan tag, tetapi lebih luas.

Tergantung pada tema digunakan dan widget yang telah diaktifkan, kategori dapat ditampilkan di bagian atas atau bawah postingan, pada tampilan masing-masing postingan, pada menu, dan atau di sidebar. Dan kategori dapat diatur secara hierarkis.

Untuk membedakan induk, anak, dan saudara kategori, mari kita berikan contoh.

Misalkan Anda membuat situs web traveling untuk berbagai tujuan di seluruh Indonesia. Anda mungkin ingin pembaca dapat menemukan artikel berdasarkan kota dan propinsi.

Misalnya, Anda dapat menambahkan Sulawesi Selatan dan kemudian memposting artikel untuk Makassar, Maros, Sungguminasa, dan lain-lain. Di sinilah Anda dapat memanfaatkan anak kategori. Sulawesi Selatan akan menjadi kategori induk, dan kota bisa menjadi anak kategori.

Begitu juga jika kita ingin membuat web kesehatan, kita bisa menggunakan info penyakit sebagai induk kategori, dan menjadikan ADD, ADHD, Alergi, Alzheimer, Amandel sebagai anak kategori.

Cara membuat kategori di Wordpress 1

Cara membuat kategori di WordPress

Untuk menambah atau menghapus kategori di blog, masuk ke admin WordPress dan buka Post -> Kategori yang ada di sisi kiri halaman.

Cara membuat kategori di Wordpress 2

Sepintas, halaman ini sedikit lebih kompleks dari pada halaman untuk membuat postingan, namun pada kenyataannya tidak.

Untuk menambahkan kategori, cukup ketikkan namanya di bidang Kategori Nama. Jika mau, Anda juga dapat mengetik kategori slug, deskripsi, dan memilih Kategori induk yang tersedia jika Anda ingin membuat anak kategori/sub kategori, atau membiarkannya secara default jika ingin membuat induk kategori baru. Kemudian klik Tambah Kategori dan kategori baru akan dibuat.

Cara membuat kategori di WordPress atau cara menambahkan kategori dan subkategori di WordPress.

Bilah di mana Anda harus mengisi nama kategori yang dipilih, slug dan untuk memilih apakah ini merupakan anak kategori (sub-kategori), ada di bagian kiri layar.

Untuk menambahkan sub-kategori atau anak kategori, klik Tambahkan Kategori Baru dan ketik sub kategori ke dalam bidang. Anda memiliki opsi untuk memilih kategori induk, atau Anda dapat memilih salah satu kategori yang sudah ada. Pilih kategori yang Anda inginkan menjadi induk dari sub-kategori baru tersebut, dan klik Tambah.

Untuk menghapus kategori di WordPress, arahkan kursor ke kategori yang diinginkan lalu klik tombol Hapus.

Cara menetapkan kategori postingan

Setelah struktur kategori dibuat, Anda dapat menambahkan postingan ke kategori tertentu. Ada dua cara yang bisa dilakukan.

Yang pertama ialah membuka postingan tertentu (atau menulis postingan baru) dan mencentang kategori yang ingin ditetapkan.

Cara membuat kategori di Wordpress 3

Cara kedua ialah menambahkan postingan ke dalam suatu kategori secara massal. Untuk melakukannya, klik Posting -> Semua Postingan. Selanjutnya, pilih postingan yang ingin Anda tambahkan ke kategori, klik pada tab Tindakan Massal, pilih Edit kemudian tekan tombol Terapkan.

Cara membuat kategori di Wordpress 4

Beberapa bagian baru akan ditampilkan yang memungkinkan Anda untuk mengedit pengaturan berbeda dari postingan yang dipilih. Salah satunya ialah bagian Kategori. Pilih kategori yang ingin Anda tambahkan di postingan itu kemudian klik tombol Perbarui.

Cara membuat kategori di Wordpress 5

Sekarang, postingan yang Anda tandai sebelumnya masuk dalam kategori yang dipilih.

Baca juga: Cara Membuat Menu Kategori Tanpa Menyertakan Linknyah

Demikianlah Cara membuat kategori di WordPress atau cara menambahkan kategori dan subkategori di WordPress, semoga bermanfaat.

tags:

artikel terkait Cara membuat kategori di WordPress

Rabu 13 Februari 2019 | Tutorial Website

Jika anda mencari bagaimana cara membuat website sendiri dengan mudah dan cepat. Atau anda ingin membuat…

Minggu 29 Juni 2014 | Tutorial Website

6 cara untuk mengukur blog berkembang atau tidak – Menciptakan sebuah blog itu mudah, karena Menciptakan…

Selasa 13 Februari 2018 | Tutorial Website

Meskipun saat ini di dashboard admin WordPress telah disediakan sarana untuk menambahkan kategori ke menu, namun…

Minggu 2 Desember 2018 | Tutorial Website

Setelah kita mempelajari cara mengekspor database dari phpmyadmin, maka kali ini kita akan mempelajari cara mengimpor database…

3 Cara Membuat Kategori Di Wordpress - JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE

Online Sejak 8 Maret 2013