Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

6 Cara Memulai Travel Blogger

Okt
18
2015
by : Angel Law. Posted in : Blogging

Traveling merupakan hobi yang sedang naik daun saat ini. Hobi ini banyak diminati oleh kaum muda maupun kaum tua. Selain untuk mencari pengalaman baru, hobi ini dapat menghasilkan uang juga loh! Bagaimana caranya? Jadi travel blogger! Tertarik? Saya akan membahasnya.

6 Cara Memulai Travel Blogger

Menjadi travel blogger

Menjadi travel blogger (Ilustrasi/pixabay)

1. Tentukan Platform yang akan digunakan

Sebelum anda membuat Blog, tentukan Platform blog yang akan anda gunakan. Terdapat dua Platform blog yang populer di kalangan blogger Indonesia maupun dunia, yakni Blogger dan WordPress.
Masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekuranganya tersendiri! Anda harus mempertimbangkanya baik-baik.

2. Tentukan Nama Blog Anda!

Nama blog anda bisa menjadi Trademark anda! Oleh sebab itu anda harus memikirkan nama blog anda matang-matang. Saya memiliki tips memilih nama yang bagus untuk travel blog anda!

  • Buatlah sesingkat mungkin dan Mudah diingat
    Nama dari travel blog anda haruslah singkat, mudah diketik, mudah diucapkan, mudah diingat dan mudah dibagikan. Saya menyarankan anda sebaiknya memilih nama travel blog anda sesuai dengan apa yang terbaik untuk dibahas di blog anda. Amerika? Petualangan? Kebudayaan? Makanan? Apa yang akan anda tulis dan bahas? Apa yang anda minati? Tulis semuanya! Dan buat blog anda memiliki ciri khas tersendiri.
  • Hindari nama yang Panjang dan Rumit
    Saat ini banyak travel blogger yang menggunakan nama yang rumit dan panjang untuk blog mereka, hal ini dapat membuat kita repot bilamana kita harus menjelaskanya. Misalnya :

    Calon Pembaca: Wow! Apakah kamu travel blogger? Apa nama blogmu?
    Anda: ya, blog saya expert travelling to the wild world dot com.

    Seperti yang anda lihat nama sebuah blog tak harus panjang, tetapi singkat dan mudah di promosikan.

  • Berpikir Jangka Panjang
    Nama dari Blog anda adalah Trademark milik anda, jadi untuk menentukan nama blog perlu berpikir panjang. Sebab bila salah memilih nama dan menggantinya akan membuat perjalanan blogger anda menjadi sulit. Jika ingin memilih nama blog sebaiknya anda jangan membatasinya, misalkan blog anda bernama 20Placetotravel.com, yang artinya 20 tempat untuk dikunjungi. Bagaimana jika anda ingin menulis lebih dari 20 tempat? Anda pasti akan mengubah nama blog anda!

3. Gunakan Theme Blog yang Professional

Theme adalah salah satu hal penting di blog anda. Tak sedikit pembaca menilai suatu blog dari Theme yang dimiliki. Hal-hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih Thema adalah:

  1. Responsive
  2. SEO Friendly
  3. Mudah dibaca

Anda tak perlu memiliki theme yang terlalu lebay dan norak! Cukup miliki theme dengan desain minimalis sebab akan terkesan elegan.

4. Manfaatkan Social Media

Tak hanya untuk Online shop dan ajang eksis, Social Media juga penting untuk blog anda! Mengapa? Sebab dengan Social Media anda dapat menjangkau lebih banyak calon pembaca!

5. Bergabung dengan Komunitas Travel Lainya

Anda tak sendiri! Coba cari komunitas travel yang ada! Dengan masuknya anda ke dalam suatu komunitas anda dapat berbagi ilmu, mendapatkan ilmu tentang blog maupun travel serta mempererat hubungan silahturahmi antar traveler.

6. Mulailah Blogging!

Nah sekarang waktunya kamu mengisi konten yang ada di Travel blog kamu. Ketika anda memulainya saya sarankan isilah konten Travel blog anda dengan 3 konten per minggu.

Apa yang harus saya tulis? Apa saja yang membuat anda tertarik!

Apakah anda sedang Traveling sekarang? Bagilah pengalaman anda tentang tempat favorit anda, makanan favorit anda, video travelling anda dan banyak lagi!

Bagi anda yang belum pernah Traveling, jangan ragu! Anda dapat menulis tentang kampung halaman anda dan apa saja yang ada di sana! Anda juga bisa menulis tentang rencana traveling anda!

Bagaimana? Tertarik menjadi Travel Blogger? Ya travel blogging merupakan salah satu pekerjaan yang paling menyenangkan dilakukan. Tetapi jika anda ingin menjadi Travel Blogger profesional, bekerja keraslah! Sebab cukup makan waktu untuk membangun pembaca blog anda! Tetaplah bekerja dan berdoa.

artikel terkait 6 Cara Memulai Travel Blogger

Selasa 22 September 2015 | Blogging

Cara Menghasilkan Uang dari Menggunakan Blog Sebagian besar dari anda tentunya mengenal media internet bernama blog,…

Minggu 20 September 2015 | Blogging

Trik menghilangkan gangguan dalam ngeblog – Apabila anda seorang blogger, anda sudah pasti merasakan hal semacam…

Selasa 8 September 2015 | Blogging

Fitur Baru WordPress 4.3 – Bagi Anda yang mempunyai web dengan engine WordPress, maka Anda dapat…

Sabtu 15 Februari 2014 | Blogging

JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE – World Wide Web adalah nama yang diberikan untuk…

6 Cara Memulai Travel Blogger

Online Sejak 8 Maret 2013