Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Cara mengganti url login WordPress

Apr
12
2018
by : Losari WS. Posted in : Tutorial Website
5/5 (2)

Sudah tidak diragukan lagi betapa pentingnya keamanan bagi situs WordPress. Salah satu cara mengamankan website WordPress, yaitu dengan mengubah URL halaman login WordPress Anda. Namun, Anda mungkin tidak tahu bagaimana cara melakukannya. Mengubah URL halaman login merupakan teknik keamanan yang sederhana namun efektif yang dapat membantu mencegah peretas. Lagi pula, URL unik dan sulit ditebak akan sulit ditemukan. Ini berarti orang tidak akan mendapatkan akses ke situs Anda kecuali Anda mengijinkannya. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara singkat mengapa kita perlu mengubah URL halaman login WordPress Anda dan kemudian menunjukkan cara mengganti url login WordPress menggunakan plugin gratis. (baca juga Cara mengamankan WordPress)

Mengapa sebaiknya mengubah URL halaman login WordPress Anda?

Cara mengganti url login WordPress 1

URL halaman login WordPress (atau ‘URL admin’) ialah alamat web yang dikunjungi ketika ingin mengakses back end atau bagian dalam situs web Anda.

Secara default, situs WordPress semuanya menggunakan struktur URL identik untuk halaman login. Jika domain situs web Anda ialah www.domainkamu.com, misalnya, Anda dapat masuk dengan mengunjungi www.domainkamu.com/wp-login.php atau www.domainkamu.com/wp-admin. Hal ini untuk memudahkan mengingat cara mengakses situs Anda. Namun, masalahnya ialah bahwa siapa pun yang mengetahui hal pertama tentang WordPress dapat menemukan halaman login Anda dengan cepat. Setelah mereka menemukannya, peretas dapat mencoba menerobos masuk. Jika Anda mengubah URL login Anda menjadi sesuatu yang sulit ditebak, maka Anda akan memperlambat peretas dengan membuat url masuk yang lebih sulit ditemukan.

Selain itu, mengubah URL halaman login memiliki manfaat sekunder, karena dapat menghilangkan banyak lalu lintas bot yang membuang banyak sumber daya ke situs Anda.

Mengapa sebaiknya tidak mengubah URL halaman login secara manual?

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan Cara mengganti url login WordPress menggunakan plugin. Namun, dalam beberapa kasus, Anda mungkin berpikir, mengapa tidak melakukannya secara manual, guna membatasi jumlah penggunaan plugin.

Meskipun Anda dapat menggunakan File Transfer Protocol (FTP) atau metode lain untuk mengakses file situs Anda secara langsung untuk membuat perubahan ini, namu cara ini bukan ide yang bagus karena alasan berikut:

  • Setiap kali Anda memperbarui versi WordPress, maka itu akan membuat file halaman login. Ini berarti Anda harus mengubah URL login dari awal lagi.
  • Mengubah URL halaman login secara manual dapat membuat error halaman logout, dan menyebabkan masalah lain serta masalah fungsi situs penting lainnya.

Secara umum, sebaiknya tidak mengubah core file situs Anda jika tidak perlu. Melakukan hal ini dapat memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan. Untuk itu, ada cara yang lebih baik untuk menyembunyikan halaman login Anda, yaitu dengan menggunakan plugin.

Cara mengganti url login WordPress menggunakan plugin

Perlu ditekankan bahwa teknik ini tidak sepenuhnya mencegah peretasan. Namun, hal ini akan memberikan lapisan keamanan ekstra untuk situs Anda. Mengubah URL halaman login juga sebaiknya dibarengi dengan kombinasi metode lain untuk melindungi area admin, seperti menerapkan Two-Factor Authentication (2FA) dan membatasi jumlah upaya login yang diizinkan.

Salah satu cara mengganti url login WordPress, yaitu menggunakan plugin WPS Hide Login.

Cara mengganti url login WordPress 2

Plugin ini merupakan plugin yang ringan, cepat, populer, dan memiliki banyak review positif, serta selalu diupdate.adalah solusi ringan yang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dan cepat. Setelah plugin ini diaktifkan, masuk ke settings > WPS hide login

Cara mengganti url login WordPress 3

 

Opsi ini akan memungkinkan Anda membuat URL baru untuk halaman login website Anda dengan mengetikkannya ke bidang setelah nama domain situs web Anda. Sebaiknya menggunakan huruf dan angka secara acak. Pastikan Anda mengingat URL baru tersebut, sehingga Anda tidak kehilangan akses ke situs Anda.

Setelah menyetel URL baru, klik tombol Save Change.

Setelah itu, Anda dapat menggunakan alamat tersebut untuk masuk ke situs Anda, dan URL default akan dinonaktifkan. Jika karena alasan tertentu Anda ingin kembali ke url login yang lama, cukup nonaktifkan WPS Hide Login, dan URL akan kembali normal.

Demikianlah Cara mengganti url login WordPress, semoga bermanfaat. Dengan mengganti url login, maka kita dapat membuat keamanan berlapis pada website kita, dan WPS Hide Login merupakan plugin yang sangat mudah digunakan untuk keperluan ini.

artikel terkait Cara mengganti url login WordPress

Selasa 20 Februari 2018 | Tutorial Website

Setiap orang memiliki cerita dan pengalaman yang menarik, serta ide-ide yang cemerlang. Jaman dahulu ketika saya…

Minggu 14 Oktober 2018 | Tutorial Website

Setelah kita mempelajari Cara Membuat Database di cPanel, kita akan membahas mengenai cara menghapus database di cpanel…

Rabu 20 Maret 2013 | Tutorial Website

Sebagian besar dari para blogger ataupun webmaster merasa bahwa Privacy Policy, Disclaimer, dan Terms of Service…

Jumat 21 November 2014 | Tutorial Website

5 Kelebihan WordPress.org Daripada Blogspot dan WordPress.com – Khususnya di Indonesia, orang lebih banyak memilih Blogspot.com…

Cara mengganti url login WordPress

Online Sejak 8 Maret 2013