Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, Instal theme & Plugin, dan promosi online

Cara menambahkan widget di wordpress

Feb
12
2019
by : Losari WS. Posted in : Tutorial Website
5/5 (1)

Cara menambahkan widget di wordpress – Jika Anda ingin menambahkan fitur bary ke dalam situs wordpress Anda, maka Anda tidak perlu mempelajari kode-kode tertentu untuk melakukannya. Anda cukup menggunakan fasilitas Widget untuk menambahkan apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda di sidebar, footer, header, ataupun di tempat yang sesuai dengan tema yang digunakan.

Widget adalah blok kode yang berdiri sendiri yang berfungsi sebagai ekstensi WordPress. Intinya, widget adalah aplikasi yang sudah terintegrasi dengan situs WordPress yang menawarkan berbagai fungsionalitas.

Widget WordPress berfungsi untuk menambahkan konten dan fitur ke bagian sidebar, footer, atau header dari situs WordPress Anda. Contohnya jika Anda ingin menambahkan Kategori, Tag cloud, Kotak Pencarian, gambar, galeri, postingan populer, dan item dinamis lainnya ke bagian sidebar.

Widget pada awalnya dirancang untuk memberikan cara yang sederhana dan mudah digunakan untuk memberikan desain dan kontrol struktur Tema WordPress kepada pengguna.

WordPress secara default sudah dilengkapi dengan widget, namun jika Anda ingin menambahkan widget secara khusus, maka Anda bisa menginstal plugin

Cara menambahkan widget di wordpress

Untuk menambahkan widget ke situs WordPress Anda, sangatlah mudah. Secara default, Anda hanya perlu melakukan drag and drop pada widget yang ingin Anda tambahkan, serta memilih posisi tempat widget tersebut ingin Anda tambahkan.

Sebelum Anda dapat menambahkan Widget, Anda harus memverifikasi bahwa Tema yang Anda gunakan mendukung Widget. Anda dapat melakukannya dengan menavigasi ke menu Appearance dan mencari sub menu yang berjudul “Widgets“.

  1. Login ke dasbor wordpress.
  2. Klik Appearance > Widget pada menu samping.
    Menambahkan widget
  3. Akan terbuka halaman Widget.
    Halaman widget
  4. Ada beberapa cara untuk menambahkan widget ke sidebar yang tersedia di tema WordPress Anda.
    • Cara termudah ialah dengan menggunakan drag dan drop ke sidebar. Untuk menambahkan, tinggal pilih widget yang ingin ditambahkan, klik kemudian seret ke bagian sidebar atau footer yang ingin ditambahkan. Cara ini secara default di WordPress.
      Cara menambahkan widget di wordpress dengan drag and drop
    • Anda juga dapat mengklik judul widget dari daftar widget yang tersedia. WordPress akan menampilkan urutan daftar sidebar tempat Anda dapat menambahkan widget ini.

      Cukup pilih urutan sidebar tempat Anda ingin menambahkan widget, lalu klik tombol Tambahkan widget untuk menambahkannya.
      Menambahkan widget dengan mengklik judul widget

    • Ada juga accessibility mode untuk pengguna yang membutuhkannya. Untuk mengaktifkan mode aksesibilitas, Klik tombol Opsi Layar di sudut kanan atas layar.
      Menambahkan widget dengan mode accessibility
  5. Anda juga dapat menyusun ulang urutan widget ini, arahkan kursor ke salah satu widget dan klik mouse untuk memilih dan menariknya ke atas atau ke bawah, tergantung di mana Anda ingin ditampilkan (Mode drag and drop). Setelah melakukan perubahan, jangan lupa untuk menyimpannya dengan menekan tombol Simpan & Terbitkan di bagian atas panel.
  6. Klik Save.

Perlu diketahui bahwa setiap theme support widget yang berbeda-beda, ada yang di sidebar, footer, ada juga yang di header. Ada juga theme yang custom peletakan widget di area tertentu.

Untuk widget yang ada di sidebar, baiasanya akan bersusun ke bawah. Footer 1,2,3, dan seterusnya akan tersusun ke bawah.

Sementara widget yang ada di footer akan tersusun ke kanan. Biasanya footer widget memuat 1-4 widget dalam satu baris ke kanan, jika footer support widget lebih dari 4, biasanya akan tersusun di bawahnya.

Jika Anda ingin fungsionalitas yang lebih, maka Anda juga bisa menginstal plugin yang mendukung untuk penambahan widget sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya:

Menghapus Widget

Menghapus widget

Jika Anda ingin menghapus widget dari sidebar, klik link Hapus pada opsi konfigurasi.

Mode Aksesibilitas

Jika Anda memerlukan Cara menambahkan widget di wordpress dengan mudah, Klik Tampilan → Widget dan alihkan Opsi Layar untuk mematikan fitur drag and drop.

Enable accessibility mode

Dalam mode aksesibilitas, Anda dapat menambahkan widget ke sidebar mengklik Add di sebelah setiap nama widget.

Demikianlah Cara menambahkan widget di wordpress, cara menghapus widget, dan penjelasan mengenai mode aksesibilitas, semoga bermanfaat. Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan website, silahkan hubungi kami.

REKOMENDASI HOSTING PROFESIONAL
Kode kupon Untuk Bulan SEPTEMBER 2019.
25% OFF Recurring Shared Hosting = Kode kupon = september2019
30% OFF Recurring Reseller Hosting = Kode kupon = rseptember2019
25% OFF Recurring Semi dedicated Hosting = Kode kupon = sdseptember2019
30% OFF Recurring VPS Hosting = Kode Kupon = vpsseptember2019
Order di: sini

tags:

artikel terkait Cara menambahkan widget di wordpress

Selasa 20 Februari 2018 | Tutorial Website

Setiap orang memiliki cerita dan pengalaman yang menarik, serta ide-ide yang cemerlang. Jaman dahulu ketika saya…

Sabtu 22 Februari 2014 | Tutorial Website

JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE – Pengertian HTML HTML (HyperText Mark up Language) merupakan…

Minggu 10 Februari 2019 | Tutorial Website

Cara menambahkan gambar di header wordpress dan Cara membuat slider header wordpress – Header merupakan elemen…

Sabtu 16 Februari 2019 | Tutorial Website

Jika anda ingin membuka bisnis online shop, maka anda harus tahu bagaimana cara membuat toko online…

Link Penting / MOST WANTED

Jl. Batua Raya No. 53 Makassar
081355077575
081355077575
monitoringclub@yahoo.co.id

Cara Menambahkan Widget Di Wordpress Dengan 6 Langkah - JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE

Online Sejak 8 Maret 2013