Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Cara Membuat Website / Blog WordPress : Pemilihan Domain, Hosting, Themes dan Plugin

Mei
31
2014
by : Losari WS. Posted in : Tutorial Website
5/5 (1)

Cara Membuat WordPress Website / Blog – Membuat website / blog mungkin akan menjadi pekerjaan yang menyulitkan bagi sebagian orang, karena mereka mungkin tidak memahami bagaimana cara membuat website / blog, menyusun dan mengisi konten dan mengoptimalkan sebuah website / blog. Sebenarnya sangat mudah untuk membuat website / blog, dan Anda dapat melakukannya dalam beberapa jam dengan mengikuti langkah-langkah singkat di bawah ini. Apa yang Anda tunggu? Kita mulai sekarang!

6 Langkah Dasar Cara Membuat WordPress website / blog:

Langkah 1: Pilih Nama Domain untuk website / blog baru Anda

Pilihlah sebuah nama domain untuk website / blog baru Anda. Harga sebuah domain berbeda untuk tiap ekstensi berbeda. Apa yang dimaksud dengan ekstensi? Ekstensi adalah akhiran untuk sebuah nama domain, misalnya .com, .org. .net, dan lain-lain, Tentukan nama domain yang sesuai dengan isi blog yang akan Anda tulis nantinya. Nama domain yang sesuai akan membantu optimasi website / blog wordpress di kemudian hari.

Langkah 2: Belilah hosting untuk menampung data website / blog Anda

Pilih layanan hosting yang terbaik menurut Anda. Anda bisa memilih dari sekian banyak layanan hosting, baik yang gratis maupun yang berbayar (disarankan yang berbayar). Anda bisa menentukan pilihan terbaik untuk hosting Anda, baik itu layanan hosting lokal atau layanan hosting kelas dunia yang sudah sangat terkenal. Untuk hosting lokal bisa menggunakan IDwebhost, misalnya. Beberapa layanan hosting kelas dunia tersebut diantaranya adalah Hostgator, iPage, Blue Hawk, Godaddy, dan lain-lain. Sesuaikan besarnya kecepatan, “bandwitch” dan “space” sesuai kebutuhan Anda. Proses upgrade mungkin akan diperlukan bila Anda membutuhkan kapasitas dan kecepatan yang lebih baik untuk website / blog Anda di kemudian hari.

Langkah 3: Menghubungkan hosting dan domain

Untuk menghubungkan domain dan hosting, yang perlu Anda lakukan adalah merubah NS (Name Server) pada domain Anda. Lakukan perubahan Name Server melalui fasilitas pada layanan Domain Anda. Pastikan domain Anda mempunyai penulisan yang sama persis dengan name server pada hosting yang sudah Anda beli sebelumnya. Setelah domain dan hosting terhubung, dibutuhkan waktu agar data domain tertampung di hosting. Jeda waktu yang dibutuhkan disebut dengan “propagansi”, biasanya memerlukan waktu selama 2×24 jam.

Cara Membuat WordPress Website / Blog: Pemilihan Domain, Hosting, Themes dan Plugin

Cara Membuat Website / Blog WordPress : Pemilihan Domain, Hosting, Themes dan Plugin

Langkah 4: Menginstal website / blog WordPress melalui cPanel

Setelah domain aktif dan tertampung dalam hosting, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menginstal “Worpdpress”. Untuk melakukannya, login ke cPanel Anda, lalu cari menu untuk melakukan instalasi pada blog wordpress Anda, seperti Fantastico, atau softaculous.

Pelajari juga: 9 Cara Membuat Blog WordPress Gratis.

Langkah 5: Plilh Themes dan  plugin yang Anda butuhkan

Setelah menyelesaikan semua langkah di atas selesai dilakukan, website / blog Anda sudah aktif, dan Anda bisa memulai merancang website / blog sesuai keinginan Anda. Themes yang akan menentukan bagaimana desain website / blog baru Anda akan terlihat. Langkah lain yang tidak kalah penting dalam cara membuat website / blog wordpress adalah menginstal beberapa plugin yang akan membantu mengoptimasi website / blog Anda.

Langkah 6: Isi dan publikasikan blog WordPress Anda

Setelah semua cara membuat blog WordPress sudah Anda selesaikan dengan benar, Anda bisa mulai mengisi blog WordPress Anda dengan beberapa Artikel untuk segera dipublikasikan.

Itulah langkah-langkah dasar cara membuat blog WordPress di atas. Lakukan dengan cermat semua  langkah demi langkah cara membuat blog WordPress tersebut. Gunakan kreatifitas Anda sehingga blog/ website Anda bisa menjadi sebuah blog/ website dengan segala kelengkapan fasilitas yang diberikan oleh WordPress.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca “Cara Membuat WordPress website / blog”. Semoga penjelasan singkat tentang 6 langkah dasar cara membuat website / blog WordPress tersebut bermanfaat untuk Anda. Untuk penjelasan mengenai cara membuat website / blog WordPress secara lebih detil, silakan cari dengan menggunakan kotak penelusuran yang tersedia pada website kami. Atau jika Anda ingin mempercayakan pembuatan website Anda, silahkan hubungi kami.

artikel terkait Cara Membuat Website / Blog WordPress : Pemilihan Domain, Hosting, Themes dan Plugin

Kamis 27 September 2018 | Tutorial Website

Sebelum kita membahas mengenai Cara parked domain di cPanel, terlebih dahulu kita bahas tentang pengetian Parked…

Minggu 29 Juni 2014 | Tutorial Website

6 cara untuk mengukur blog berkembang atau tidak – Menciptakan sebuah blog itu mudah, karena Menciptakan…

Senin 9 April 2018 | Tutorial Website

File .htaccess merupakan file konfigurasi server Apache yang didistribusikan, di mana Anda dapat memberikan perintah ke server…

Sabtu 22 Februari 2014 | Tutorial Website

JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE – Pengertian HTML HTML (HyperText Mark up Language) merupakan…

6 Langkah Cara Membuat Wordpress Website / Blog : Pemilihan Domain, Hosting, Themes dan Plugin

Online Sejak 8 Maret 2013