2 Cara Membuat Link Nofollow di WordPress Untuk Link Keluar atau External Link

By | Agustus 16, 2020
Cara membuat link nofollow

Cara Membuat Link Nofollow di WordPress Untuk Link Keluar atau External Link – WordPress memungkinkan kita untuk membuka link di jendela baru secara default, tapi kita tidak bisa dengan mudah menambahkan rel = “nofollow”. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk menambahkan kotak centang nofollow pada link keluar blog berbasis WordPress.

Panduan cara membuat link nofollow di WordPress ini akan memudahkan Anda untuk membuat link keluar menjadi nofollow pada saat menulis posting Anda.

Mengapa sebaiknya kita menambahkan rel = Nofollow pada semua link eksternal?

Dalam SEO, setiap kali ada link ke halaman apapun, apakah link tersebut menuju blog/ website Anda sendiri atau link tersebut menuju blog/ website eksternal, maka secara otomatis Anda mentransfer poin SEO ke halaman tersebut. Titik-titik SEO ini umumnya dikenal sebagai link juice. Ini adalah sebab mengapa kebanyakan ahli SEO menyarankan Anda untuk memberikan link ke posting Anda sendiri.

Atribut nofollow menginstruksikan kepada mesin pencari untuk tidak mentransfer setiap link juice dari website Anda ke website eksternal. Berikut ini adalah contoh penulisan secara manual ketika sebuah atribut rel = nofollow ditambahkan pada link eksternal.

<a href=”http://www.example.com” rel=”nofollow”> Contoh Link</a>

Cara Membuat Link Keluar Menjadi Nofollow di WordPress
Cara Membuat Link Keluar Menjadi Nofollow di WordPress

Cara Membuat Link Nofollow di WordPress

Menggunakan plugin

Untuk mempermudah Anda ketika akan menambahkan rel=noFollow, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin.

Plugin Rel Nofollow Checkbox

Salah satu plugin yang bisa Anda gunakan ialah  Rel Nofollow Checkbox. Dengan plugin tersebut akan mempermudah cara membuat link keluar menjadi nofollow di WordPress.

Penggunaan plugin tersebut tidak memerlukan pengaturan apapun. Cukup install dan aktifkan plugin tersebut, dan plugin sudah siap digunakan. Untuk menggunakannya, cari tombol untuk mengedit posting, klik pada tombol “create link”, dan Anda akan melihat tombol “Open link in a new window/tab. Anda dapat menambahkan atribut rel = nofollow ketika menulis sebuat artikel dengan mencentang pada kolom yang tersedia.

Plugin Rankmath SEO

Jika Anda mengggunakan plugin Rankmath sebagai plugin SEO Anda, maka Anda juga bisa mengatur semua link keluar sebagai nofollow.

Tapi kalau saya sih lebih baik mengaturnya secara manual.

Nah, selain kedua plugin di atas, masih banyak plugin yang lain yang mempunyai fungsi untuk membuat link nofollow, tinggal Anda cari saja di direktori WordPress yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Secara manual

Cara membuat link nofollow di WordPress secara manual

Pada versi WordPress terbaru, saat tulisan ini kami update, kami telah menggunakan WordPress versi 5.5., untuk membuat link nofollow secara manual sangatlah gampang, karena WordPress sudah menyediakan pilihannya, tinggal dicentang

Caranya, klik link yang ingin dibuat nofollow, kemudian klik pada pilihan yang tersedia.

Perlu diketahui bahwa perlu tidaknya sebuah link eksternal itu di nofollow atau tidak, ini juga ada pro dan kontra, namun jika kita menggunakan plugin SEO Rankmath, ada sebuah anjuran untuk membuat sebuah eksternal link yang di dofollow yang mengarah pada situs otoritas atau yang dapat dipercaya.

Berdasarkan penjelasan mengenai link juice di atas, dan agar tidak dianggap sebagai link spam, maka tidak baik juga jika menggunakan link eksternal yang dofollow terlalu banyak, karena ini bisa merusak SEO, dan bisa jadi akan berbahaya dan berisiko terkena penalti Google.

Ini pengalaman saya waktu membuat postingan direktori website radio, televisi, dan media yang memuat link ke semua website tersebut dalam satu halaman, yang jumlah linknya ada lebih 100, dan mendapatkan peringatan langsung di GWT atau Search Console. Setelah saya mengubah semua linknya menjadi nofollow, dan melaporkannya kembali, barulah peringatan tersebut hilang, dan website saya kembali mendapatkan trafik normal seperti biasanya.

Link yang paling berisiko ialah link yang menuju ke website affiliasi. Nah, untuk link ini, wajib Anda tandai sebagai nofollow link.

Baca juga:
Cara Mengatasi Penalti Google karena Unnatural Links (Link Tidak Wajar)

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel berjudul Cara membuat link nofollow di WordPress Kami berharap artikel tentang Cara membuat link keluar menjadi nofollow di WordPress ini dapat mempermudah Anda mengoptimalkan SEO pada blog/ website Anda.

Untuk membantu mencegah penyebaran COVID-19 dengan bekerja dari rumah (WFH), maka kami memberikan DISKON Rp. 500.000,- untuk pembuatan semua jenis website.
Silahkan hubungi kami lewat .

REKOMENDASI HOSTING PROFESIONAL
Kode kupon SEPTEMBER 2020
Diskon BERLAKU SEUMUR HIDUP.

Service / DiskonKode Kupon
Shared
25% OFF Recurring
september2020
Semi-Dedicated
25% OFF Recurring
sdseptember2020
Reseller
30% OFF Recurring
rseptember2020

Order di: SINI

5 thoughts on “2 Cara Membuat Link Nofollow di WordPress Untuk Link Keluar atau External Link

  1. inovasi

    Cra membuat link ke wordpress bagus,makaih mau di coba dulu

  2. reviewbos.web.id

    Thanks gan info plugin nofollownya,plugin ini rasanya yang tepat,mudah dan simple untuk membuat attribute nofollow pada postingan blog wordpress.

Comments are closed.