Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

6 Cara Untuk Mengukur Blog Berkembang atau Tidak

Jun
29
2014
by : Losari WS. Posted in : Tutorial Website

6 cara untuk mengukur blog berkembang atau tidak – Menciptakan sebuah blog itu mudah, karena Menciptakan sebuah blog adalah pekerjaan yang hanya dilakukan satu kali. Tetapi mengembangkan blog Anda membutuhkan waktu dan usaha. Tetapi bagaimana Anda bisa mengukur pertumbuhan blog Anda dan melihat jika apakah sudah sesuai harapan Anda atau belum?

Banyak blogger menyerah atau memperlambat aktifitas blogging karena mereka tidak melihat hasil secara langsung. Mereka merasa bahwa mereka tidak berada di jalur yang benar. Jadi, bagaimana cara Anda memahami apakah blog Anda berada di jalur yang benar, apakah blog Anda benar-benar tumbuh atau bahkan jika Anda tidak mendapatkan manfaat langsung dalam bentuk uang?

6 cara untuk mengetahui petumbuhan Blog:

1. Apakah jumlah Backlink meningkat tanpa penambahan backlink secara manual?

Backlink atau Inbound link adalah ukuran langsung untuk mengetahui apakah blog Anda mempunyai konten yang layak untuk orang lain dan memberikan backlink ke blog Anda. Backlink sangat penting untuk meningkatkan peringkat blog di mata mesin pencari dan popularitas sebuah blog.

Karena peningkatan jumlah backlink tersebut, berarti blog Anda mulai diakui sebagai sebuah sumber atau otoritas. Saya tidak berbicara tentang backlink dibangun secara manual melalui komentar atau posting tamu, tapi saya berbicara tentang backlink yang diperoleh secara otomatis karena konten Anda dijadikan sumber di blog lain, dan pemilik blog itu menghargai kualitas konten Anda dengan sebuah backlink ke blog Anda.

2. Berapa jumlah pengunjung unik, pengunjung yang kembali dan jumlah tampilan halaman blog Anda?

Statistik adalah komponen penting untuk mengukur pertumbuhan dari sebuah blog. Sebuah blog tanpa trafik pengunjung akan menjadi tidak berharga. Keseluruhan statistik terpenting meliputi: jumlah pengunjung unik ke blog Anda setiap hari, jumlah pengunjung yang kembali ke blog Anda di hari yang sama, jumlah halaman yang dilihat, dan rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung di blog Anda. Anda harus mempertimbangkan semua faktor ini untuk memeriksa apakah blog Anda benar-benar berkembang. Untuk mengetahui statistic sebuah blog, Anda bisa menggunakan Google Analytics dan Anda dapat menemukan semua informasi tentang hal tersebut melalui Google Analytics.

3. Apakah jumlah email pelanggan blog Anda meningkat?

Jika orang-orang mulai senang berlangganan konten dari blog Anda, itu berarti bahwa blog Anda benar-benar berkembang. Pengunjung blog akan secara sukarela mendaftarkan email mereka pada blog Anda jika mereka berharap akan mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari email yang Anda kirimkan. Jadi jelas bahwa perkembangan jumlah email yang didaftarkan juga berarti perkembangan untuk blog Anda.

6 Cara Untuk Mengukur Blog Berkembang atau Tidak

6 Cara Untuk Mengukur Blog Berkembang atau Tidak

4. Adakah komentar-komentar di blog Anda?

Komentar tidak secara langsung berhubungan dengan pertumbuhan sebuah blog. Tapi komentar adalah refleksi dari kualitas blog yang menimbulkan keinginan dari pengunjung untuk berkomentar di sebuah blog.

5. Adakah “like” dan follower?

Tentunya, setiap kali Anda menulis konten, Anda selalu ingin berbagi dengan teman dan pengikutnya. Dan teman dari jejaring sosial yang Anda gumakan, misalnya Facebook akan memberikan “Like”. Apakah Anda juga mendapatkan lebih banyak follower pada twitter? Jika ya, maka blog Anda berkembang. Dengan konten yang bermanfaat yang Anda tulis dan bagikan, jika teman-teman Anda benar-benar menyukainya, mereka akan menganggap bahwa konten yang Anda bagikan layak untuk disukai dan disebarluaskan.

6. Apakah Anda sudah mencapai tujuan jangka pendek?

Dalam jangka panjang, sebagian besar blogger membangun blog dengan tujuan untuk mendapatkan uang. Tujuan jangka pendek seorang blogger bermacam-macam, misalnya mendapatkan 100 pelanggan dalam waktu 2 bulan, mendapatkan 200 pengunjung per hari dalam waktu 2 bulan dan seterusnya. Jika Anda belum mencapai tujuan-tujuan jangka pendek tersebut, maka blog Anda bisa dikatakan belum berkembang.

Untuk setiap blogger, mengukur pertumbuhan blog mereka secara mingguan atau bulanan adalah satu-satunya cara agar blog bisa terpantau secara lebih baik, sehingga memberi pengetahuan kepada Anda tentang apa yang harus dilakukan agar sebuah blog tetap berkembang. Jadi.. teruslah ber-blogging dengan benar dan raih tujuan Anda sebagai seorang blogger.

artikel terkait 6 Cara Untuk Mengukur Blog Berkembang atau Tidak

Senin 30 Mei 2016 | Tutorial Website

Ini merupakan artikel paling mendasar tentang WordPress, yaitu cara Melakukan Posting Artikel di WordPress, dan ini…

Senin 9 Juni 2014 | Tutorial Website

Cara merekam dan upload video ke YouTube dari WordPress – Menambahkan video YouTube di WordPress bisa…

Kamis 14 Desember 2017 | Tutorial Website

Jika Anda mempunyai domain, banyak hal yang Anda dapat lakukan dengannya, selain membangun sebuah situs web…

Sabtu 1 September 2018 | Tutorial Website

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang cara membuat Menu Kategori Tanpa Menyertakan Linknya. Artikel ini…

6 Cara Untuk Mengukur Blog Berkembang atau Tidak

Online Sejak 8 Maret 2013