
Bagi seorang blogger, untuk meningkatkan ketertarikan pengujung terhadap website Anda, maka Anda harus belajar copywriting. Tulisan yang efektif juga akan membantu bisnis Anda dalam hal menjual lebih banyak produk, meningkatkan kesadaran merek, dan mendominasi persaingan. Cobalah tips membuat copywriting di bawah ini untuk menciptakan pengalaman pengunjung website yang tak terlupakan.
Tips membuat copywriting untuk website Anda
Cari tahu siapa audiens Anda
Penjualan terjadi ketika Anda mengidentifikasi kebutuhan dan memenuhinya. Tulisan efektif menyoroti kebutuhan dan menjelaskan mengapa produk atau layanan Anda merupakan solusi terbaik. Namun, pertama-tama, Anda perlu tahu siapa yang Anda tuju.
Untuk menentukan siapa audiens Anda, coba buat beberapa persona pengguna. Ini berarti melakukan penelitian, mencari tahu kelompok orang mana yang menggunakan produk Anda, dan mencari tahu kesamaan apa yang mereka miliki. Pertimbangkan beberapa dari karakteristik berikut dan bagaimana karakteristik tersebut dapat diterapkan pada calon pelanggan Anda:
- Status sosial ekonomi
- Pekerjaan dan industri
- Status pernikahan
- Usia
- Lokasi
Setelah Anda menentukan beberapa ciri pemersatu di antara audiens Anda, Anda kemudian dapat membuat beberapa persona untuk ditargetkan. Misalnya, Anda menjalankan perusahaan yang berspesialisasi dalam selimut dan pakaian bayi kelas atas. Ada berbagai kemungkinan persona pengguna untuk produk Anda.
Belajar Menulis Judul yang powerful.
Semua tulisan Anda tidak ada gunanya jika headline utama Anda tidak menarik pengunjung untuk mengklik dan membaca lebih lanjut.
Buatlah Tulisan yang Tertarget
Situs Anda merupakan sarana untuk membangun merek Anda di pasar. Ketika orang mengunjungi situs Anda, mereka ingin tahu apa yang Anda lakukan dan inginkan. Tulislah apa yang mencerminkan visi bisnis Anda dengan jelas. Tulislah penawaran yang detail dan tidak bertele-tele. Berfokus pada satu tujuan akan meminimalkan kebingungan pembaca.
Tulisan yang tertarget akan menunjukkan solusi yang Anda tawarkan kepada pengunjung. Anda bukan sekedar blogger kuliner atau perancang situs web. Orang ingin tahu bagaimana Anda dapat membantu mereka mengatasi masalah mereka.
Ingat Detail Penting.
Siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana sangat penting bagi sebuah copywriting yang baik
Ringkas.
Orang memiliki rentang perhatian yang lebih pendek dari sebelumnya. Gunakan kalimat pendek, paragraf pendek, dan pesan singkat secara keseluruhan untuk menarik perhatian mereka.
Satu-satunya pengecualian untuk tip ini ialah jika Anda membuat sumber daya yang epik, seperti panduan atau tutorial utama, atau jika bagian dari daya tarik Anda ialah postingan blog atau buku yang panjang dan menyeluruh. Konten lainnya harus tetap sesingkat mungkin.
Jadikan Pengunjung sebagai Pahlawan
Jika keinginan Anda adalah mengubah pengunjung menjadi prospek (atau pelanggan), tulisan Anda harus berfokus pada audiens dan kebutuhan mereka. Semua tulisan harus befokus pada topik bagaimana membantu pengunjung. Bukan tulisan seputar Anda.
Caranya dengan menceritakan sebuah kisah menarik dan menciptakan sebuah perjalanan yang melibatkan pengunjung. Sama seperti film, tulisan akan membahas tantangan dan kemenangan sang pahlawan. Tulisan tidak mesti tentang meminta seseorang untuk bertindak, tapi buatlah ingatan unik dalam pikiran mereka, sehingga ketika mereka meninggalkan situs Anda, mereka akan tetap mengingatnya.
Ekspresikan Nilai Anda
Pengunjung website akan tertarik untuk mengetahui bagaimana Anda bisa mengubah hidup mereka. Nilai apa yang akan Anda berikan kepada pelanggan untuk memperbaiki kebutuhan mereka? Nilai ini akan memenangkan Anda dari kompetisi. Anda bisa membanggakan produk Anda tapi jangan sampai berlebihan atau over claim.
Tulisan di website Anda seperti Anda berbicara dengan pelanggan Anda secara langsung. Untuk menunjukkan nilai Anda, tampilakn hasil layanan Anda, seperti testimoni pelanggan. Mintalah orang-orang terlibat dalam melakukan berbagai hal berbeda dengan bisnis Anda.
Buat Call To Action
Tulisan yang efektif mengarahkan pengunjung ke langkah selanjutnya yang Anda inginkan, dan di situlah Call To Action diperlukan. Misalnya, untuk pengunjung baru, sasaran Anda mungkin mengubahnya menjadi prospek yang berkualitas. Ajakan bertindak dapat meyakinkan audiens untuk mendapatkan ebook gratis dengan memasukkan nama dan email mereka.
Sementara bagi pengunjung yang kembali yang sudah memiliki minat terhadap produk Anda, Buatlah call to action dengan memberikan kupon 10% atau hadiah bonus setelah pembelian awal.
Tambahkan Bukti Sosial (Social Proof)
Merek Anda perlu mendapatkan kredibilitas di mata pelanggan. Mereka ingin tahu bahwa produk dan layanan Anda layak untuk dibeli.
Pelanggan membeli mobil untuk mengangkutnya dari satu tempat ke tempat lain. Tapi mengapa ada orang yang ingin membeli Lamborghini atau Tesla? Karena pelanggan juga mencari kendaraan untuk mewakili status mereka di masyarakat.
Memanfaatkan bukti sosial, seperti testimonial pelanggan, untuk mempengaruhi audiens Anda. Testimoni singkat dan meyakinkan pelanggan dapat menambahkan kredibilitas Anda.
Baca juga:
Cara membuat Landing Page yang sempurna untuk Website Anda
Demikianlah Tips membuat copywriting untuk website Anda, semoga bermanfaat.
Sharing is caring