Bahasa Pemrograman: Definisi, 3 Jenis, dan Pentingnya Diajarkan Sejak Dini

By | Agustus 27, 2020
Bahasa Pemrograman

Seiring berjalannya waktu, bahasa pemrograman semakin penting dan secara tidak sadar menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Anda mungkin bingung, mengapa bahasa-bahasa program seperti C, Java, atau PHP menjadi bagian hidup kita padahal Anda sendiri tidak bisa menggunakannya?

Pasalnya, semua gadget, smartphone, komputer, atau barang elektronik pintar apapun yang Anda gunakan bisa beroperasi dengan baik berkat serangkaian kode di dalamnya. Kode-kode tersebut ditulis oleh para programmer menggunakan bahasa program tertentu. Oleh sebab itu, ketika Anda sedang bermedia sosial atau menonton video di YouTube, artinya bahasa program tengah membantu hidup Anda.

Itulah mengapa, sistem pendidikan di Indonesia sedang mengembangkan kurikuium baru yang mengajarkan coding dan bahasa program untuk anak-anak dengan cara yang lebih menyenangkan dan mudah dimengerti.

Apa itu Bahasa Pemrograman?

Sebagai orang awam, masih banyak dari kita yang belum mengerti apa sebenarnya maksud dari coding dan bahasa program. Sebab bahasa ini baru banyak diperbincangkan beberapa tahun belakangan.

Pada dasarnya, bahasa program atau code adalah bahasa yang digunakan oleh komputer agar bisa bekerja sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Meskipun bahasa program bukan hanya digunakan untuk menjalankan komputer saja, namun juga untuk membuat website atau situs, aplikasi, game, dan masih banyak lagi.

Baca juga:
Tutorial 5 menit android menghasilkan $700 dalam 1 game – Review

Bahasa program sendiri sudah digunakan sejak komputer pertama kali diciptakan di tahun 1945. Di dunia juga ada banyak jenis bahasa komputer yang memiliki kegunaan berbeda-beda. Di antaranya ialah:

Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman C

Meskipun bukan bahasa program pertama yang diciptakan, tetapi C bisa dibilang bahasa paling dasar dan paling tua yang masih digunakan hingga saat ini. Bahasa ini dikembangkan oleh Dennis Ritchie di tahun 70’an.

C kemudian dikembangkan oleh ilmuwan komputer lainnya dan menghasilkan banyak bahasa komputer baru. Seperti C++, Java, C#, dan masih banyak lagi.

Bila Anda ingin belajar mengenai coding dari awal, maka belajar C bisa menjadi langkah pertama yang paling mudah dan mendasar.

Bahasa Pemrograman Java

Berikutnya ada Java, bahasa program yang dihasilkan dari pengembangkan bahasa C. Fakta uniknya ialah, bahasa yang satu ini ditemukan oleh James Gosling, salah satu ilmuwan komputer yang sangat tergila -gila dengan kopi. Nama Java sendiri diambil dari tempat asal kopi favoritnya yaitu Pulau Jawa, Indonesia.

Java kini juga menjadi salah satu code yang paling banyak digunakan di dunia. Bahkan hampir semua aplikasi dan perangkat lunak yang kita gunakan di komputer dan smartphone semua dibuat menggunakan bahasa Java.

Bahkan setelah penggunaan smartphone android semakin menjamur, code yang satu ini menjadi semakin populer di Indonesia maupun di dunia.

Bahasa Pemrograman PHP

Bila C dan Java kebanyakan digunakan untuk membuat aplikasi dan program, bahasa yang satu ini memiliki fungsi yang cukup berbeda. PHP Hypertext Pre-processor dikembangkan khusus untuk membuat website dengan desain yang dinamis, menarik, dan mudah dinavigasikan.

PHP sendiri merupakan salah satu bahasa komputer yang paling populer dan banyak digunakan di Indonesia. Salah satu alasannya karena code ini bersifat Open Source alias gratis dan bisa digunakan oleh siapa saja tanpa perlu membajak.

Bukan hanya itu, PHP juga digunakan dalam pengembangan banyak website dan aplikasi media sosial yang terkenal di dunia. Salah satunya ialah Facebook.

Baca juga:
Cara Membuat Website Sendiri dengan Mudah dan Cepat

Pentingnya Belajar Bahasa Pemrograman Sejak Dini

Bahasa Pemrograman Untuk Anak-anak

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kini penggunaan gadget dan elektronik pintar semakin menjamur di Indonesia. Oleh karena itu, semakin banyak pula tenaga programmer yang dibutuhkan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Dengan mengajarkan coding dan cara membuat program untuk anak, kita bisa membekali buah hati kita dengan soft skill yang bisa membantu mereka di masa depan.

Selain itu, belajar bahasa program sebenarnya juga bisa melatih ilmu pengetahuan dasar yang dipelajari sejak SD. Sebab bahasa program sendiri didasari oleh ilmu aritmatika, seperti tambah, kurang, kali dan bagi.

Bukan hanya itu, terdapat pula beberapa manfaat mengajarkan pemrograman dan coding untuk anak-anak. Di antaranya adalah:

1# Melatih Kreatifitas Anak

Layaknya seni seperti bermusik dan menggambar, pemrograman juga membutuhkan kemampuan berpikir secara kreatif. Khususnya untuk pemrograman di bidang website yang menggunakan bahasa PHP. Sebab tanpa kreatifitas, program yang dihasilkan cenderung akan terlihat “plain” atau biasa saja.

Jadi bila Anda ingin melatih sisi kreatif anak yang kurang tertarik dengan seni, tari, atau musik, mungkin pemrograman bisa menjadi jawaban yang dicari.

2# Melatih Anak Menghadapi Masalah dan Mencari Jalan Keluar

Beberapa dari Anda mungkin sudah tahu bahwa akan ada banyak masalah yang ditemui oleh seorang programmer dalam program yang ia buat. Bahkan bisa dibilang, pekerjaan utama dari seorang programmer ialah memecahkan masalah atau bug yang ada pada aplikasi, software ataupun website.

Untuk anak-anak, hal inipun bisa melatih dan membiasakan buah hati menghadapi masalah dan mencari jalan keluar secara mandiri. Meskipun didampingi oleh guru atau Anda sebagai mentornya, buah hati Anda sendirilah yang akan mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah tersebut.

3# Menjaga Generasi Muda Indonesia Agar Tetap Mengikuti Jaman

Meskipun terdengar menyedihkan, tetapi faktanya generasi muda dan anak-anak di Indonesia terbilang ketinggalan jaman bila dibandingkan negara-negara lain di Asia. Sebab meskipun gawai sudah digunakan oleh anak usia di bawah 5 tahun, tetapi pendidikan mengenai cara menggunakan gawai untuk kebutuhan pekerjaan masih jauh di bawah rata-rata.

Hal ini juga menjadi akar permasalahan mengapa SDM di Indonesia kurang kompeten.

Oleh karena itu, Anda bisa menjadi bagian dari perbaikan kualitas SDM dan generasi selanjutnya di Indonesia dengan cara membekali buah hati dengan ilmu dan soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja, salah satunya ialah pemrograman.

Media Belajar Bahasa Pemrograman untuk Anak-Anak

Untuk anda yang bingung bagaimana cara mengajarkan coding ke anak-anak, berikut ini adalah beberapa tools atau media yang siap membantu.

1# Scratch

Scratch merupakan situs khusus yang dikembangkan oleh Massachusetts Institute of Technology Media Lab untuk mengajari anak-anak dunia pemrograman. Website ini bisa Anda gunakan secara gratis di komputer, android maupun iOS.

2# Hopscotch

Berikutnya ada Hopscotch yang hanya tersedia di iPad. Secara garis besar, aplikasi ini punya tampilan dan cara kerja yang sama dengan Scratch. Namun navigasinya lebih mudah dimengerti oleh anak-anak maupun orang tua.

Bahkan bila Anda masih awam dalam dunia pemrograman pun, Hopscotch bisa membandu anda belajar bersama anak-anak.

Itulah sedikit penjelasan mengenai coding dan pentingnya belajar bahasa pemrograman untuk anak-anak. Jadi demi membekali buah hati Anda dengan soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja, ajarkanlah pemrograman dan coding sejak mereka masih usia dini.

Untuk membantu mencegah penyebaran COVID-19 dengan bekerja dari rumah (WFH), maka kami memberikan DISKON Rp. 500.000,- untuk pembuatan semua jenis website.
Silahkan hubungi kami lewat .

REKOMENDASI HOSTING PROFESIONAL
Kode kupon SEPTEMBER 2020
Diskon BERLAKU SEUMUR HIDUP.

Service / DiskonKode Kupon
Shared
25% OFF Recurring
september2020
Semi-Dedicated
25% OFF Recurring
sdseptember2020
Reseller
30% OFF Recurring
rseptember2020

Order di: SINI