Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Cara Optimasi SEO WordPress : 10 Tips Meningkatkan SEO Blog

Jun
01
2014
by : Losari WS. Posted in : SEO

JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE – Apakah kegunaan optimasi SEO pada blog/ website berbasis WordPress? Lalu bagaimana cara optimasi SEO WOrdpress? Berbagai cara optimasi SEO WordPress yang tepat dilakukan agar sebuah blog/ website mempunyai nilai lebih, baik di mata mesin pencari atau pembaca yang mengunjungi blog/ website kita. Cara optimasi SEO WordPress harus dilakukan secara tepat dan tidak berlabihan. Mengapa? Karena cara optimasi SEO WordPress yang berlebihan justru akan merugikan blog/ website kita di kemudian hari. Peningkatan secara drastis mungkin terjadi bila Anda menerapkan cara optimasi SEO WordPress secara berlebihan, tapi itu tidak akan berlangsung lama. Segera setelah Google mendeteksi adanya asktifitas tidak wajar dalam optimasi blog/ website Anda, saat itu juga Google akan memberikan hukuman kepada blog/ website kita, sampai akhirnya blog/ website kita menjadi tidak bernilai dan sepi pengunjung. Berikut ini akan kami jelaskan cara terbaik optimasi SEO WordPress.

10 Cara Optimasi Seo WordPress

1.Riset keyword

Riset keyword adalah langkah awal dari cara optimasi SEO wordpress. Konten yang baik adalah konten yang kaya akan kata kunci, namun tidak berlebihan, dan tidak merusak susunan bahasa. Jumlah kata kunci yang baik dalam optimasi SEO wordpress adalah 2% sampai 4% dari artikel. Semakin banyak jumlah kata yang kita tulis dalam sebuah artikel, maka akan semakin banyak kesempatan kita untuk memasukkan kata kunci utama dan berbagai variasi kata kunci yang masih berhubungan. Melalui riset kata kunci, kita juga bisa mengetahui tingkat persaingan untuk sebuah kata kunci. Sesuaikan kata kunci yang Anda bisih dengan kemampuan Anda untuk meraih posisi terbaik di search engine. Berperang dalam persaingan yang berat tanpa bekal ilmu SEO yang cukup hanya akan merugikan blog Anda sendiri.

2. Google PageRank

Google PageRank adalah salah satu tolak ukur prestasi sebuah blog, baik yang berbasis blogger maupun WordPress. Algoritma Google untuk menentukan tinggi rendahnya page rank suatu website atau blog terus berubah. Jumlah dan kualitas link ke website adalah salah satu penentu tinggi-randahnya page rank.

3. Deep linking

Deep linking sangat penting karena suatu blog/ website dianggap berkualitas baik bila tedapat link yang relevan yang mengarah ke blog/ website tersebut. Link yang baik seharusnya menyebar merata di semua halaman dan posting. Backlink akan memungkinkan mesin pencari untuk melihat bahwa website kita memiliki banyak konten yang berkualitas, sehingga akan meningkatkan PageRank. Website yang hanya memiliki link menuju homepage sering dipandang sebagai website yang kurang berkualitas oleh mesin pencari. Backlink akan dianggap tidak asli dan seringkali dianggap spam karena dihasilkan dari tindakan manual dari pemilik website yang pada akhirnya akan mengurangi nilai sebuah blog/ website.

4. Sitemap/ Peta website

Peta website adalah alat penting untuk meningkatkan kemudahan navigasi di website kita. Peta website memungkinkan web crawler dari mesin pencari sehingga bisa lebih cepat dan efisien mendeteksi setiap halaman dalam blog/ website web kita. Peta situs website yang tertata rapi juga akan memudahkan pengunjung blog kita untuk menelusuri dan mencari setiap informasi yang mereka butuhkan.

Jenis sitemap yang paling sering digunakan oleh mesin pencari adalah XML. XML sitemaps terdiri dari daftar semua halaman dan posting yang mencakup isi dan waktu publikasi sebuah konten. XML sitemaps juga digunakan oleh mesin pencari untuk membantu menemukan backlink dalam semua konten di website kita.

5. Konten atau isi artikel yang relevan

Bagian paling penting dari SEO adalah memiliki konten artikel yang relevan dengan topik utama blog/ website kita. Konten atau isi artikel harus relevan dengan kata kunci yang kita bidik. Selain optimasi kata kunci yang padat, konten juga harus mudah dipahami agar bermanfaat bagi pembaca.

Cara Optimasi SEO WordPress : 10 Tips Meningkatkan SEO Blog

Cara Optimasi SEO WordPress : 10 Tips Meningkatkan SEO Blog

6. Optimasi Meta  tag

Meta Tag adalah kode dari website, halaman, atau artikel. Dua Meta Tag yang paling penting meta adalah meta deskripsi dan meta keyword/ kata kunci. Meta Tag meringkas apa yang ada dalam website, dan memiliki peran penting bagi search engine/ mesin pencari untuk menjelajahi rangkuman konten dalam blog/ website kita.

Deskripsi Meta Tag juga berguna bagi pengunjung blog yang akan membaca artikel kita ketika halaman kita muncul dalam daftar hasil pencarian. Panjang yang direkomendasikan untuk deskripsi meta tag yang baik tidak lebih dari 160 karakter. Deskripsi Meta Tag harus memiliki beberapa kata kunci di dalamnya, tapi pemberian keyword/ kata kunci tidak boleh merusah susunan kalimat dan tetap mudah dipahami oleh pembaca.

Penggunaan kata kunci yang diulang-ulang sebaiknya tidak digunakan untuk mendefinisikan sebuah konten dalam artikel kita, misalnya jasa SEO, jasa optimasi SEO, jasa optimasi SEO handal, dsb) karena hal tersebut pada dasarnya sama, lebih baik memilih satu atau dua variasi untuk setiap kata kunci.

7. Alt Tag untuk optimasi gambar

Alt Tag sangat penting karena akan membantu SEO. Alt Tag dapat menambahkan teks relevan untuk gambar dalam blog/ website kita. Mesin pencari dapat melihat Alt Tag ketika berusaha mengindeks website kita.

8. Sosial media

Secara teknis, sosial media bukan termasuk SEO, tetapi sosial media membantu faktor pertumbuhan yang cepat untuk website kita. Sosial media adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan berbagai platform berbasis Web, aplikasi, dan teknologi yang memungkinkan orang untuk berinteraksi secara sosial satu sama lain secara online. Beberapa contoh aplikasi dan website sosial media adalah Facebook, YouTube, Del.icio.us, Twitter, Digg, dll. Semakin banyak jumlah pengunjung blog/ website, maka mesin pencari, misalnya Google dan Yahoo! akan memberikan nilai.

9. Nama Domain harus berisi kata kunci

Tidak perlu banyak kata kunci dalam sebuah nama domain, tetapi beberapa kata kunci yang dipilih dengan cermat dan sesuai topik sangat berguna untuk website kita. Terlalu banyak kata kunci dalam nama domain dapat membuat sebuah website terlihat seperti spam. Hindari kata penghubung (misalnya di, dan, ke, dll), karena kata sambung sering diabaikan oleh mesin pencari

10. Gunakan Heading secara tepat

Judul adalah hal pertama yang akan dilihat oleh mesin ketika menentukan isi dari sebuah blog/ website. Judul juga menjadi hal pertama yang akan dilihat pengunjung ketika mencari sebuah artikel. Oleh karena itu sangat penting jika judul berisi satu atau dua kata kunci yang relevan dengan konten pada halaman atau posting. Judul memiliki peran penting dalam organisasi informasi pada website web kita. Judul juga dapat memberikan aspek estetika untuk sebuah website. Penggunaan tag judul yang baik akan memudahkan webcrawlers untuk mengakses website kita.

Demikianlah Cara Optimasi Seo WordPress : 10 Tips Meningkatkan SEO Blog, semoga bermanfaat.

artikel terkait Cara Optimasi SEO WordPress : 10 Tips Meningkatkan SEO Blog

Rabu 5 Oktober 2016 | SEO

Google baru saja melakukan update algoritma akhir September 2016 lalu, Apakah website Anda masih nangkring di…

Selasa 6 Maret 2018 | SEO

Bounce rate diyakini oleh banyak praktisi SEO sebagai faktor penentu peringkat mesin pencari yang memberi tahu…

Kamis 23 November 2017 | SEO

Setiap bisnis, penulis lepas, pemilik situs web atau blog hari ini sangat khawatir dengan Search Engine Optimization…

Rabu 30 November 2016 | SEO

Kursus SEO terbaik dengan materi paling lengkap dan up-to-date, merupakan slogan untuk Kursus Private SEO V.3…

Cara Optimasi SEO Wordpress : 10 Tips Meningkatkan SEO Blog

Online Sejak 8 Maret 2013