Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, Instal theme & Plugin, dan promosi online

Algoritma pencarian yang digunakan Google

Des
26
2018
by : Losari WS. Posted in : SEO
5/5 (3)

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai Algoritma pencarian yang digunakan google. Tujuan dari perlunya memahami algoritma Google, ialah agar website kita tidak mendapatkan penalti dari Google sehingga peringkat website kita hilang di halaman pencarian teratas, atau yang lebih sadis ialah website kita deindeks.

Algoritma pencarian yang digunakan Google

Google Panda

Algoritma Google Panda telah kami bahas dalam artikel: Cara mengatasi algoritma Google Panda.

Google penguin

Begitu juga dengan algoritma Google Penguin telah kita bahas pada artikel sebelumnya: Cara mengatasi Google penguin dan bagaimana menghindarinya.

Exact Match Domain (EMD)

Exact match domain - Algoritma pencarian yang digunakan Google

Algoritma pencarian yang digunakan Google selanjutnya ialah Exact Match Domain. Pada tahun 2012, pelaku SEO menemukan cara cepat untuk membuat situs berkualitas buruk mendapatkan peringkat dalam hasil pencarian. Yaitu dengan menggunakan Keyword on domain, sehingga dianggap memiliki relevansi tertinggi dan mendapatkan peringkat nomor 1 dalam hasil pencarian. Itulah sebabnya Google kemuadian mengambil tindakan dan memperkenalkan update Exact Match Domain untuk menghapus situs spam yang menggunakan domain yang sama persis dengan keyword yang digunakan.

Sasaran Exact Match Domain

Menemukan keyword on domain yang memiliki sedikit konten.

Cara mengatasi Google Exact Match Domain:

Menggunakan keyword on domain sebenarnya tidak ada masalah selama situs Anda diisi dengan konten yang berkualitas. Jadi hal terbaik yang dapat Anda lakukan ialah mengidentifikasi halaman dengan konten yang sedikit, kemudian mengedit dengan mengisinya dengan konten yang relevan dan unik.

Meskipun exact match domain tidak akan membuat website terkena penalti, tapi juga tidak akan meningkatkan peringkat website di SERP. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan otoritas situs website Anda, lebih baik menginvestasikan waktu dan upaya untuk membangun backlink berkualitas.

Google Pirate

Pirate - Algoritma pencarian yang digunakan Google

Satu-satunya peperangan yang masih belum dimenangkan oleh Google ialah perang melawan pembajakan internet (copyright). Satu dekade yang lalu, Internet dibanjiri dengan konten bajakan (film, musik, buku, dlan lain-lain.). Tentu saja ini tidak benar. Google harus menghormati pemilik hak cipta dan, karenanya, meluncurkan update Google Pirate. Tujuan update ini ialah untuk menurunkan peringkat situs yang melanggar hak cipta.

Sasaran Google Pirate:

Situs-stitus yang melanggar hak cipta.

Cara mengatasi Google Pirate:

  1. Membuat konten original.
    Kita telah mengetahui bahwa Google memprioritaskan konten unik yang belum pernah ada sebelumnya. Jadi jangan mencopy paste konten orang lain, karena kalau Google menemukannya, maka website Anda akan terkena penalti. terlebih lagi, content copas tidak akan memberikan Anda link juice.
  2. Minta webmaster lain untuk menghapus konten Anda yang dibajak.
    Internet merupakan tempat yang sangat ramai. Ada jutaan website dan mungkin milyaran artikel yang bertebaran di sana, sehingga seringkali sulit bagi Google untuk bertarung menghadapi pembajakan kontent tersebut. Jadi, jika Anda menemukan seseorang mencuri konten Anda atau kompetitor Anda menggunakan konten bajakan, maka Anda bisa membantu Google dengan mengirimkan permintaan dengan bantuan untuk Menghapus Konten Dari Google Tool.

Hummingbird dan RankBrain

Rankbrain - Algoritma pencarian yang digunakan Google

Untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian, maka Google meluncurkan Hummingbird pada 2013 dan RankBrain pada tahun 2015. Kedua update ini berfungsi untuk pemahaman yang lebih baik tentang makna di balik query tertentu tetapi melakukan fungsi yang berbeda.

Pada dasarnya, tujuan utama Hummingbird ialah untuk menginterpretasikan query pencarian dan memberikan hasil yang paling cocok dengan tujuan pencarian. Sebelumnya, Google digunakan untuk melihat kata-kata yang terpisah dalam suatu kueri sambil mencari tahu apa yang diinginkan pengguna. Dengan Hummingbird, ini maka sekarang kombinasi kata dan konteks yang dipertimbangkan.

Sementara RankBrain merupakan sistem pembelajaran mesin yang membantu Google memproses pertanyaan yang tidak dikenal dan unik. Ini merupakan tambahan untuk Hummingbird yang didasarkan pada data historis dan perilaku pengguna sebelumnya. Secara sederhana, RankBrain melihat kueri yang terpisah, hasil pencarian yang dikirim sebagai respons terhadapnya, dan hasil yang akhirnya dicari pengguna. Kemudian mencoba memahami logika di baliknya untuk memprediksi hasil terbaik untuk kueri yang tidak diketahui.

Sasaran Google Hummingbird / Rankbrain:

  • Penargetan kata kunci
  • Bahasa yang tidak alami

Cara mengatasi Google Hummingbird / Rankbrain:

Membuat diversifikasi konten. Selama ini mungkin kita menggunakan short tail keyword, namun di era Hummingbird, kita perlu melakukan diversifikasi konten dengan istilah atau sinonim terkait.

Terlebih lagi, sangat disarankan untuk menggunakan bahasa yang natural dalam bentuk pertanyaan, misalnya. Hal ini akan meningkatkan peluang website Anda untuk bersaing mendapatkan featured snippet.

Google Pigeon/Possum

Pigeon - Algoritma pencarian yang digunakan Google

Selama bertahun-tahun, sulit bagi hasil pencarian lokal untuk mengungguli hasil pencarian global, padahal hasil pencarian lokal jauh lebih relevan ketika pengguna mencari sesuatu di dekatnya. Itulah sebabnya Google telah menetapkan untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian lokal dan meluncurkan Pigeon pada 2016 dan Possum dua tahun kemudian.

Tujuan utama update Pigeon ialah untuk membuat koneksi yang lebih dekat antara algoritma pencarian lokal Google dan pencarian utama. Jadi sekarang faktor SEO yang dipertimbangkan sama-sama hasil pencarian lokal dan non-lokal. Hal ini akan meningkatkan peluang peringkat bagi situs direktori lokal. Update ini juga menciptakan hubungan yang lebih dekat antara pencarian Web dan pencarian Google Map.

Pada tahun 2016, Google mengubah lanskap SEO lokal sekali lagi dengan update Google Possum. Google mulai membuat peringkat hasil pencarian berdasarkan lokasi geografis si pencari. Jadi sekarang semakin dekat Anda ke lokasi perusahaan, semakin besar peluang Anda untuk melihatnya di hasil pencarian Anda. Google juga menjadi lebih peka terhadap ungkapan yang tepat dari suatu kueri. Sekarang bahkan perubahan kecil dalam kueri dapat menghasilkan hasil yang sangat berbeda.

Sasaran Google Pigeon / Possum

  • Optimasi onpage yang buruk
  • Pengaturan yang tidak benar pada halaman Google Bisnisku
  • Berbagi alamat dengan bisnis serupa

Cara menghadapi Google Pigeon / Possum

  • Optimalkan halaman website Anda. Sekarang kriteria SEO yang sama digunakan untuk hasil pencarian lokal dan umum, pemilik bisnis lokal perlu memastikan halaman web mereka dioptimalkan dengan benar.
  • Buat halaman Google Bisnisku. Jika Anda ingin situs Anda dimasukkan dalam indeks lokal Google, maka buatlah halaman Google Bisnisku. Pastikan untuk mengategorikan bisnis Anda dengan benar sehingga ditampilkan untuk query pencarian yang relevan.
  • Daftarkan website Anda dalam direktori lokal yang relevan

Google Fred

Google Fred mencari website yang dijejali dengan iklan namun minim konten.

Sasaran Google Fred:

  • Konten berkualitas rendah
  • Iklan berlebihan
  • Monetisasi yang berlebihan
  • Masalah pada pengalaman pengguna

Cara menghadapi Google Fred

  • Cari dan edit konten berkualitas rendah. Menampilkan iklan sama sekali tidak masalah bagi Google. Satu-satunya syarat ialah menempatkannya pada halaman web yang bermanfaat bagi pengguna. Itulah sebabnya, jika Anda ingin tetap aman dari Google Fred, hal pertama yang harus dilakukan ialah mengaudit konten Anda yang berkualitas rendah.
  • Periksa pengalaman pengguna, terutama apakah iklan Anda tidak mengganggu pembaca atau pengunjung website Anda
  • Tempatkan iklan dengan bijak.

Mobile Friendly/Mobile-first indexing

Penghargaan Google terhadap website yang mobile friendly dimulai dengan update Mobile Friendly juga dikenal sebagai Mobilegeddon pada tahun 2015. Misi update ini ialah untuk meningkatkan peringkat situs web yang dioptimalkan untuk perangkat seluler dalam pencarian seluler. Sementara pencari desktop sama sekali tidak dipengaruhi oleh update ini.

Setelah Mobilegeddon, Google mulai meluncurkan mobile-first indexing, yang bertujuan mengindeks halaman smartphome agen sebelum halaman desktop. Pada dasarnya, mobile-first indexing berarti bahwa versi seluler sebuah halaman akan digunakan untuk pengindeksan dan pemeringkatan untuk membantu pengguna seluler menemukan apa yang mereka inginkan.

Sasaran mobile friendly atau mobile-first indexing:

  • Kurangnya versi halaman seluler

Cara menghadapi mobile friendly atau mobile-first indexing:

  • Jadikan situs web Anda mudah diakses. Cepat atau lambat, sebagian besar situs web akan dimigrasi ke mobile-first indexing. Jika Anda tidak menerima pemberitahuan di akun Google Search Console Anda, berarti situs web Anda belum diindeks ulang. Dalam hal ini, satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan ialah memeriksa instruksi robots.txt website Anda untuk memastikan bahwa halaman website Anda tidak dibatasi dari perayapan. Anda harus membuatnya dapat diakses sehingga ketika Google bot datang untuk mengindeks situs Anda, tidak ada yang menghentikannya.
  • Go mobile atau periksa mobile friendly
    Mengadaptasi situs web untuk perangkat seluler merupakan suatu keharusan. Banyak cara untuk membuat situs website menjadi mobile friendly, namun Google sangat merekomendasikan untuk membuat desain website yang responsif. Untuk memastikan bahwa website Anda mobile friendly, Anda bisa menggunakan mobile friendly test.

Page speed update

Menurut update ini, kecepatan halaman akhirnya menjadi faktor peringkat untuk pencarian seluler. Ini berarti bahwa situs yang lebih cepat sekarang memiliki lebih banyak peluang untuk mendominasi hasil pencarian.

Sasaran page speed update:

  • Kecepatan loading yang lambat
  • Optimasi teknis yang buruk

Cara menghadapi page speed update:

  • Ukur kecepatan halaman website Anda. Hal pertama yang harus dilakukan ketika mengoptimalkan update page speed ialah melakukan pemeriksaan dengan bantuan alat Page Speed Insights. Alat ini akan mengevaluasi situs Anda pada skala dari 0 hingga 100. Skor total dihitung berdasarkan dua parameter: yaitu FCP dan FID.
    • FCP (First Contentful Paint) mengukur berapa lama untuk elemen visual pertama muncul.
    • FID (First Input Delay) mengukur waktu dari saat pengguna pertama kali berinteraksi dengan situs Anda hingga saat browser merespons interaksi tersebut.

    Algoritma pencarian yang digunakan Google 1

  • Tingkatkan skor kecepatan halaman website Anda
    Jika kita menganalisis kecepatan halaman dengan menggunakan Page Speed Insights, alat ini memberikan beberapa saran optimasi untuk bisa mempercepat halaman website secara signifikan.

    Lihat di bagian Peluang dan lihat apa yang sebenarnya bisa diperbaiki. Klik link Pelajari lebih lanjut untuk mengetahui instruksi yang lebih komprehensif.
    Peluang perbaikan page speed halaman website

Demikianlah Algoritma pencarian yang digunakan Google, dengan mengetahui semua cara kerja algoritma ini, kita dapat menghindari penalti dari Google dan mendapatkan peringkat yang tinggi di SERP.

REKOMENDASI HOSTING PROFESIONAL
Kode kupon Untuk Bulan SEPTEMBER 2019.
25% OFF Recurring Shared Hosting = Kode kupon = september2019
30% OFF Recurring Reseller Hosting = Kode kupon = rseptember2019
25% OFF Recurring Semi dedicated Hosting = Kode kupon = sdseptember2019
30% OFF Recurring VPS Hosting = Kode Kupon = vpsseptember2019
Order di: sini

artikel terkait Algoritma pencarian yang digunakan Google

Rabu 5 Oktober 2016 | SEO

Google baru saja melakukan update algoritma akhir September 2016 lalu, Apakah website Anda masih nangkring di…

Senin 15 Agustus 2016 | SEO

Kita sebenarnya sudah membahas mengenai Tips mempercepat loading wordpress, namun karena masih ada yang kurang lengkap,…

Minggu 25 September 2016 | SEO

Google telah meliris update Penguin dan mengumumkan bahwa algoritma Penguin akan berlaku real time. Setelah stagnan…

Minggu 4 Maret 2018 | SEO

Kami telah memuat banyak artikel tentang SEO, namun kali ini kami melengkapi kembali apa yang pernah…

Link Penting / MOST WANTED

Jl. Batua Raya No. 53 Makassar
081355077575
081355077575
monitoringclub@yahoo.co.id

9 Algoritma Pencarian Yang Digunakan Google - JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE

Online Sejak 8 Maret 2013