Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

5 Strategi membangun personal branding

Feb
12
2018
by : Losari WS. Posted in : Referensi

Tak hanya seorang blogger, freelancer, siapa saja yang terjun ke bisnis online perlu ini, salah satu kunci kesuksesan Anda ialah personal branding. Anda mungkin memiliki skill untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Tapi tanpa branding yang efektif, klien tidak akan mempercayai Anda. Untuk itu, perlu untuk mengembangkan personal branding, mengenali kebutuhan klien, dan membedakan diri dari kompetitor. Jadilah CEO untuk bisnis Anda sendiri. Berikut ini beberapa Strategi membangun personal branding:

  • Menepati janji.

Menepati janji merupakan hal terpenting di atas segalanya. Anda tidak dapat membangun kredibilitas hanya dengan kata-kata. Klien memiliki harapan yang tinggi. Dan ketika Anda berkomitmen pada standar tertentu, mereka akan meminta pertanggungjawaban Anda. Melengkapi komitmen Anda merupakan tanda profesionalisme. Ini menunjukkan orang yang bisa dipercaya.

Buatlah daftar kontrol kualitas untuk memastikan Anda menghasilkan karya yang bagus. Konsistensi merupakan pembangun brand tertinggi. Agar tetap konsisten, jangan pernah berhenti memperbaiki diri. Investasikan waktu dalam mempelajari keterampilan baru, serta mengasah keterampilan yang sudah dimiliki. Anda harus memposisikan diri Anda dengan cara yang unik agar bisa menonjol dari orang lain.

  • Membangun website atau portfolio

Tunjukkan kepada klien siapa diri Anda dan apa yang Anda lakukan. Buat situs web atau portofolio untuk mempromosikan branding Anda. Situs pribadi merupakan alat yang efektif untuk memberi klien perspektif. Ini memberikan gambaran visual tentang nilai merek dan pengalaman kerja Anda. (Baca: Pentingnya Memiliki Website Pribadi)

Kembangkan sebuah situs web yang akan memamerkan bakat Anda. Tambahkan studi kasus tentang klien sebelumnya. Sebutkan penghargaan dan pengakuan yang Anda terima. Dan perlihatkan bagaimana karya Anda berbeda dengan yang lain. Kuncinya ialah menggarisbawahi kekuatan Anda.

Buat website yang memperlihatkan profesionalisme dan membuat kesan pertama yang baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Universitas Sains dan Teknologi Missouri, dikatakan bahwa “ketika melihat sebuah situs web, dibutuhkan [pengunjung] kurang dari dua per sepuluh detik untuk membentuk kesan pertama.”

Hindari menggunakan terlalu banyak kombinasi warna dan gambar-gambar yang tidak penting.

  • Gunakan media sosial
Strategi membangun personal branding

Strategi membangun personal branding

Kita hidup dalam masyarakat yang sudah paham teknologi. Dan media sosial membantu setiap orang terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia. Perluas jangkauan Anda. Gunakan media sosial untuk mendapatkan lebih banyak calon pelanggan. Anda bisa membuat akun facebook, twitter, atau instagram.

 

Kemudian, mulailah membuat konten di jejaring sosial tersebut. Ikuti profil klien Anda. Komentar di posting mereka. Dan posting informasi bermanfaat di akun Anda. Dapatkan Media Sosial Booster untuk membantu Anda melakukan proses marketing di jaringan media sosial Anda.

  • Bergabung dan aktif di berbagai komunitas atau grup

Bagi seorang pebisnis online, jaringan itu sangat penting. Ia merupakan sumber kehidupan bisnis Anda. Orang melakukan bisnis dengan orang, bukan dengan bisnis. Untuk membangun hubungan dengan orang lain sangat penting.

Bila Anda meluangkan waktu untuk membangun jaringan yang kuat, investasi itu akan membawa hasil. Orang-orang mulai melihat Anda sebagai seorang ahli dan akan menghubungi Anda untuk mendapatkan layanan, apakah Anda seorang penulis lepas, jasa pembuatan website atau ahli terapi.

 

Saat bergabung dengan komunitas, tujuan Anda ialah menambahkan nilai. Jadilah sumber daya untuk jaringan Anda. Jangan menyepam orang dengan iklan tentang layanan Anda. Daripada melakukan spam, sebaiknya Anda mencari partner untuk bisnis Anda. Misalnya, jika Anda seorang copywriter, Anda bisa bermitra dengan desainer grafis. Bersama-sama, Anda bisa menawarkan brosur berkualitas tinggi dengan salinan dan tata letak yang tidak ada pilihannya.

Upaya networking harus berpusat pada berbagai hubungan. Personal branding tidak perlu egois. Anda bisa membangun reputasi yang lebih baik dengan membantu orang-orang di sekitar Anda. Berpartisipasi dalam komunitas dengan berbagi pengetahuan. Bangunlah jaringan yang saling menguntungkan.

  • Berikan ciri khas pada branding Anda

Personal branding berkisar pada persepsi. Semua yang Anda lakukan mewakili merek Anda. Untuk memisahkan diri dari orang lain, berikan ciri khas pada merek Anda.

Demikianlah 5 Strategi membangun personal branding, semoga bermanfaat. Ingatlah bahwa setiap bisnis membutuhkan personal branding yang sesuai untuk mereka. Personal branding yang bagus akan menarik pelanggan atau klien, yang akhirnya akan menjadi pundi-pundi pendapatan untuk Anda. Ciptakan kualitas kerja. Bangunlah situs web (Anda bisa menghubungi kami dalam urusan ini). Berinteraksi dengan klien di media sosial, dan kembangkan merek pribadi Anda.

artikel terkait 5 Strategi membangun personal branding

Kamis 28 Desember 2017 | Referensi

WordPress merupakan platform yang sangat populer untuk menjalankan situs web. 28% dari seluruh website yang ada…

Sabtu 9 Januari 2016 | Referensi

YouTube. Situs web yang menampilkan video yang sangat terkenal saat ini. Di situ kita bisa melihat…

Jumat 12 Februari 2016 | Referensi

Internet Marketer Pro. Produk yang dikembangkan Andrie Andropia menawarkan cara dan trik untuk menjadi seorang internet…

Sabtu 2 Januari 2016 | Referensi

Memainkan suatu permainan (game) melalui perangkat gadget merupakan hal yang tidak asing lagi saat ini. Semenjak…

Strategi membangun personal branding

Online Sejak 8 Maret 2013