Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

14 Plugin Yang Wajib Di instal Dalam Blog

Nov
20
2015
by : Natasha Wiyanti. Posted in : Plugin Pendukung

WordPress menyediakan banyak kemudahan bagi penggunanya. Salah satunya dengan menyediakan plugin. Plugin yang disediakan dalam wordpress semakin beragam, dan terkadang membuat kita bingung. Dari semua plugin yang ada, kita bisa menginstal plugin yang memang kita butuhkan :

14 Plugin Yang Wajib Di instal Dalam Blog

Plugin yang wajib diinstal

Plugin yang wajib diinstal (Ilustrasi/pixabay)

1. Akismet

Dari sekian banyaknya plugin yang ada di wordpress, berikut plugin yang harus kita instal dalam blog kita. Plugin ini adalah plugin wajib yang harus diinstal pengguna blog. Akismet adalah plugin yang berfungsi untuk mencegah masuknya komentar yang mencurigakan (spam) pada blog.

2. Back Up WordPress

Di kategori Database dan File Backup, WordPress menyediakan Back Up WordPress. Plugin ini membantu kita mengembalikan database atau file yang hilang dalam blog kita.

3. All In One SEO Pack

Plugin yang digunakan untuk menunjang kegiatan optimasi SEO ini. All In One SEO Pack merupakan plugin yang paling banyak dipakai. Karena dalam pengaturannya lebih mudah. All In One Seo Pack hanya memiliki satu halaman setting.

4. WordPress SEO by Yoast

Plugin ini menyediakan tur singkat bagi para pemula yang baru berkenalan dengan SEO. Tak seperti All In One SEO Pack yang memiliki tampilan sederhana. WordPress SEO by Yoast ini memiliki banyak fitur yang akan membantu kita. Salah satu fitur dalam Yoast yang terkenal adalah Breadcrumbs atau bisa disebut navigasi satu halaman. Fitur Breadcrumbs ini ternyata lebih digemari search engine seperti google karena mempermudah dalam membaca artikel. Selain Breadcrumbs, Yoast memiliki alat diagnosis bernama Page Analysis, alat ini mendeteksi kesalahan yang ada dalam halaman blog kita yang berhubungan dengan SEO. Di halaman menulis, Yoast memiliki sebuah widget yang berbentuk Snippet Preview. Snippet Preview ini akan memberikan preview tulisan kita yang tampak di halaman mesin pencari seperti google.

5. All in One WP Security Firewall

Untuk keamanan blog kita plugin yang sebaiknya kita install adalah All In One WP Security Firewall, plugin ini akan mengamankan blog kita dengan htaccess. Plugin ini juga mengurangi fitur pemanggilan database sehingga sangat ringan dan jarang crash dengan plugin lain.

6. Google Analytics for WordPress

Untuk tracking aktivitas blog, Google Analytics for WordPress adalah plugin yang wajib diinstall. Plugin ini otomatis menampilkan bagaimana pengunjung berinteraksi dengan blog kita.

7. W3 Total Cache

Plugin ini berfungsi untuk meningkatkan performa blog. Plugin ini juga bisa meningkatkan page rank kita. Tool ini dikenal tercepat dan terlengkap dalam kategori plugin yang digunakan untuk meningkatkan performa.

8. Contact From 7

Dikategori pembuatan halaman kontak, kita bisa menginstal contact from 7, plugin ini menawarkan fitur untuk membuat halaman kontak. selain itu kita juga bisa mengatur tampilan form yang kita inginkan

9. Sociable dan Share This

Sosial media merupakan salah satu media promosi untuk blog kita agar memiliki pengunjung yang lebih banyak, untuk itu wordpress juga menyediakan plugin Sociable, plugin ini memungkinkan kita secara otomatis membagikan artikel blog kita ke dalam social media, selain Sociable kita juga harus menambahkan plugin Share This, plugin ini memudahkan pengunjung kita untuk membagikan artikel yang ada dalam blog kita langsung pada sosial media yang mereka miliki.

10. Google Adsense Plugin

Plugin ini berfungsi untuk menambahkan iklan Adsense ke dalam blog/situs kita. Dalam penggunaanya juga mudah dan bisa langsung terhubung dengan webmaster google dengan sekali klik.

11. Simple Photo Gallery

Simple Photo Gallery adalah plugin yang menawarkan fitur simple dalam mengatur galeri foto dalam blog. Tentu saja plugin ini sangat penting karena gambar/photo merupakan media promosi yang efektif saat kita menjual suatu produk. Plugin ini juga bisa menjadi pilihan bagi yang ingin membagikan foto dalam jumlah banyak, karena menjadi lebih terorganisir.

12. WordPress Simple Paypal Shopping Cart

WordPress menyediakan plugin WordPress Simple Paypal shopping Cart. Plugin ini sangat mudah digunakan, dan plugin ini memungkinkan kita untuk menjual produk atau menawarkan jasa secara online sekali klik dari blog kita. Plugin ini sangat cocok bila kita menginginkan ada fitur keranjang belanja dalam blog kita.

13. WP Affiliate Platform

Sebagian blog menerapkan sistem keanggotaan bagi yang ingin meng*nduh artikel yang ada dalam blog itu atau sekedar melihat artikel itu. Nah plugin yang satu ini menawarkan fitur untuk memprotect artikel yang hanya bisa dilihat member blog, jadi bagi orang lain yang ingin melihat artikel tersebut harus mendaftar menjadi anggota. Bila kita ingin menghasilkan uang dari afiliasi dalam blog, WP Affiliate Platform menjadi plugin selanjutnya yang harus diinstal. Plugin ini merupakan sarana penjualan yang baik bagi blog kita. Terutama ketika kita menjual produk atau jasa via blog. Keunggulan plugin ini adalah mudah dalam penginstalannya, selain itu WP Affiliate Program juga menyajikan laporan secara real time(langsung). Dalam penghitungan komisinya juga sangat akurat.

14. Yet Another Posts Plugin

Plugin lain yang harus diinstal adalah Yet Another Related Posts Plugin. Plugin ini menampilkan artikel-artikel yang terkait dengan artikel yang kita posting di dalam blog baik berdasarkan kategori, tag atau post. Plugin terakhir adalah Pop Up Pro, plugin ini berfungsi untuk memberikan pilihan kepada pembaca apakah ingin berlangganan artikel dari blog yang dikunjunginya. Artikel-artikel akan dikirimkan via email.

Plugin yang banyak dan beragam, akan semakin memudahkan kita untuk mengoptimalkan blog yang kita buat. Tak ada yang perlu dikhawatirkan baik adanya komentar spam, bagaimana berinteraksi dengan pembaca, membuat artikel yang SEO friendly  dan lain sebagainya. Semuanya dapat diatasi dengan plugin yang disediakan oleh wordpress. Dan tak perlu bingung tentang berapa mahalnya plugin, karena banyak plugin yang disediakan oleh wordpress gratis, namun tentu saja ada yang berbayar (premium) tentunya dengan fitur yang lebih lengkap.

artikel terkait 14 Plugin Yang Wajib Di instal Dalam Blog

Kamis 4 April 2013 | Plugin Pendukung

Apakah saat ini Anda sedang beternak blog? Atau membuat autoblog yang banyak? Jika ya, maka tentu…

Jumat 23 Februari 2018 | Plugin Pendukung

Suka atau tidak, popup paling besar peranannya untuk membangun list building atau menjaring orang untuk berlangganan…

Rabu 23 Maret 2016 | Plugin Pendukung

Plugin Autoresponder (CBauto) merupakan produk digital yang mampu membantu pemasar online untuk mendapatkan penghasilan jutaan rupiah.…

Minggu 17 Maret 2013 | Plugin Pendukung

Bagi Anda pengguna WordPress, Plugin SEO ini sangat penting untuk optimasi SEO, sehingga artikel yang kita…

14 Plugin Yang Wajib Di instal Dalam Blog

Online Sejak 8 Maret 2013