Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Website e-Government

Mar
16
2014
by : Losari WS. Posted in : Layanan

JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICEe-government (berasal dari kata Bahasa Inggris electronics government, juga disebut e-gov, digital governmentonline government atau dalam konteks tertentu transformational government) adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik. (Wikipedia)

Saat ini e-Government merupakan program dari pemerintah khususnya pemerintah daerah. Hal ini dipicu dengan semakin berkembangnya TI. E-Government memiliki empat tingkatan yaitu :

  1. pemerintah mempublikasikan informasi melalui website
  2. interaksi antara masyarakat dan kantor melalui e-mail
  3. masyarakat pengguna dapat melakukan transaksi dengan kantor pemerintahan secara timbal balik.
  4. Integrasi di seluruh kantor pemerintahan, di mana masyarakat
  5. dapat melakukan transaksi dengan seluruh kantor pemerintahan yang telah mempunyai pemakaian data base bersama.

Website e-Government 1DALAM KONTEKS MIKRO, e-government adalah pelayanan publik yang dilaksanakan oleh semua instansi pemerintah yang terkoordinasi satu dengan lainnya secara optimal dengan menggunakan teknologi telematika. E-Government harus dipandang sebagai sarana bukan sebagai tujuan. Agar implementasi e-government dapat terlaksana dengan baik perlu diperhatikan faktor teknis dan non-teknis yang dapat mempengaruhi keberhasilan. Pada umumnya faktor non-teknis lebih dominan dibandingkan faktor teknis, oleh karena itu pemahaman mendalam terhadap faktor non-teknis sangat diperlukan ketika merancang dan mengimplementasikan e-government. Implementasi e-government yang dikaitkan dengan upaya memenuhi kebutuhan semua sektor kegiatan baik dipemerintahan dan masyarakat membutuhkan patron dari pemimpin yang dapat memberikan teladan dan komitmen bersama. Kepemimpinan menjadi kunci keberhasilan implementasi e-goverment sebagaimana telah ditunjukan Singapura, Amerika Serikat, Korea, dan banyak negara yang telah mampu melaksanakan e-government. SASARAN E-GOVERNMENT. Bila visi, definisi, dan leadershipsudah dimiliki, faktor yang menentukan dalam suksesnya implementasi e-government adalah kesepakatan mengenai sasaran yang ingin dicapai dengan e-government ini. Secara bijak Amartya Sen, ekonom pemenang hadiah nobel ekonomi, mengingatkan bahwa teknologi hanyalah alat (means), bukan tujuan (ends). Kesalahan dalam menetapkan tujuan membawa kita terjebak pada keberhasilan semu. Dengan pola pikir Sen ini, kita harus berani mengatakan bahwa tujuan kita membangun e-government bukan agar: semua instansi pemerintah terotomatisasi, atau terintegrasi satu dengan lainnya melalui Internet, atau agar terbangun sistem pelayanan publik secara online, namun lebih besar dari itu, yakni sebagai sarana untuk mensejahterakan masyarakat. Kejelasan sasaran dan pemahaman serta konsistensi semua pelaku terhadap tercapainya sasaran inilah yang perlu disepakati sejak awal suatu pemerintah merencanakan membangun e-government. Kalau tidak, yang akan terbentuk adalah aplikasi aplikasi telematika yang dibangun tanpa mengindahkan harmonisasi dan sinergi dengan elemen-elemen pemerintah dan masyarakat.

Pemerintahan di seluruh dunia pada saat ini menghadapi “tekanan” dari berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan partisipasi aktif dalam pemberian informasi bagi masyarakat serta dituntut untuk lebih efektif. Hal tersebut menyebabkan e Government atau pemerintahan berbasis elektronik semakin berperan penting bagi semua pengambil keputusan.

Demikianlah informasi mengenai website e-government, semoga bermanfaat.

artikel terkait Website e-Government

Minggu 4 Januari 2015 | Layanan

Kebijakan Perubahan Pengelolaan Domain ID – Berita ini terkait Pengalihan Pengalihan Pengelolaan Nama Domain (Transfer Domain),…

Senin 25 Maret 2013 | Layanan

Untuk membantu para pengusaha menengah ke bawah yang ingin memperluas jaringan usahanya hingga ke luar kota…

Senin 18 Maret 2013 | Layanan

Dewasa ini, kecanggihan sistem informasi dan teknologi semakin pesat. Bukan hanya media cetak dan elektronik saja…

Sabtu 16 Maret 2013 | Layanan

Belum banyak orang yang membuat website pribadi, tetapi pada umumnya orang sudah familiar dengan blog. Website…

Website e-Government

Online Sejak 8 Maret 2013