Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Sub Domain Gratis atau Domain Berbayar?

Mar
21
2013
by : Losari WS. Posted in : Layanan

memilih sub domain gratis atau domain berbayarSub domain gratis semakin banyak dipakai oleh para pemasar internet untuk menjalankan websitenya. Memang, siapa yang bisa menolak barang gratis? Kalau bisa gratis kenapa harus membayar?

Tidak salah memang kalau memakai sub domain gratisan, tapi ada baiknya sebelum memutuskan untuk menggunakan sub domain gratisan, atau membeli domain berbayar, maka ada baiknya untuk menyimak artikel ini sehingga menjadi pertimbangan sebelum akhirnya menyesal di kemudian hari.

Pengertian Domain

Pengertian Domain menurut wikipedia :

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Secara umum, Domain adalah sebuah nama unik yang digunakan untuk mempermudah pengguna mengakses informasi pada server komputer yang ada di jaringan Internet. Sebelum mengenal istilah domain, untuk mengakses informasi yang ada pada server komputer digunakan alamat IP Address yang berupa sederetan angka panjang. Nah, oleh karena itu digunakanlah domain untuk mempermudah pengguna untuk mengakses informasi yang ada pada server komputer dan mempermudah pengguna untuk mengingatnya.
Sebagai contoh: www.losari.web.id dengan alamat IP Address: 222.165.255.254

Pelajari: Setelah beli domain apa yang dilakukan?.

Bagian-Bagian Domain

Top Level Domain (TLD)
TLD merupakan sebuah extension atau akhiran dari suatu nama domain. Ada 2 kelompok utama dalam TLD, yakni country code top-level domains (ccTLD) dan generic top-level domains (gTLD). Country code top-level domains (ccTLD) merupakan sebuah level domain tertinggi yang didasarkan pada kode negara seperti .id, .us, .ca, .ru, dan masih banyak lainnya. Sedangkan generic top-level domains (gTLD) merupakan sebuah level domain tertinggi yang digunakan secara umum seperti .com, .mil, .net, .gov, .edu, .asia, .info ,.org dan masih banyak lainnya. Hingga tahun 2010, terdapat lebih dari 21 gTLD dan 250 ccTLD.

Second Level Domain (SLD)
Second Level Domain merupakan nama domain yang ada di sebelah kiri TLD. Agar Anda tidak menjadi bingung, saya akan memberikan contohnya, jembelisme.com . Nah, kata jembelisme ini merupakan Second Level Domain (SLD), sedangkan .com merupakan Top Level Domain (TLD).

Lower Level Domain
Lower Level Domain merupakan nama domain yang ada di sebelah kiri SLD. Lower Level Domain dapat dibagi lagi menjadi Third Level Domain, Fourth Level Domain, Fifth Level Domain, dan seterusnya. Namun hal ini sangat jarang. Kebanyakan nama domain hanya sampai SLD saja.

Domain Indonesia
Indonesia memiliki nama domain tersendiri yang dikelola langsung oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Domain-domain indonesia meliputi .ac.id, .web.id, .co.id, .net.id, .go.id, .sch.id, .mil.id, dan .or.id .

Domain-domain tersebut mempunyai kegunaan dan karakeristik yang berbeda.

  • .AC.ID digunakan untuk website perguruan tinggi, institut dan sejenisnya
  • .WEB.ID digunakan untuk website pribadi atau komunitas
  • .CO.ID digunakan untuk website komersial, badan usaha dan sejenisnya
  • .NET.ID digunakan untuk website penyedia jasa telekomunikasi yang berlisensi
  • .GO.ID digunakan untuk website institusi pemerintah dan sejenisnya
  • .SCH.ID digunakan untuk website sekolah
  • .MIL.ID digunakan untuk website instansi militer
  • .OR.ID digunakan untuk website organisasi

SubDomain

Subdomain adalah bagian dari domain. Subdomain biasanya digunakan sebagai pembagian area dari sebuah website.
PSubdomain juga dapat diartikan sebagai nama domain tambahan yang menjadi bagian tak terpisahkan dari nama domain utama. (misalnya: domain losari.web.id dibuatkan subdomain properti menjadi http://properti.losari.web.id

Pentingnya Sebuah Domain

Shakespeare pernah bilang “Apalah arti sebuah nama?” Ungkapan tersebut tidak berlaku dalam nama domain.

Domain menunjukkan nama kita, eksistensi kita, dan karya kita di internet. Apalagi buat para praktisi internet marketing yang mengejar tingginya nilai sebuah pagerank. Pagerank menunjukkan pentingnya sebuah halaman web dalam internet. Pagerank terkait langsung dengan URL, dan URL mengandung nama domain kita. Jadi kita bisa melihat di sini betapa pentingnya sebuah domain di internet.

Di awal-awal kebangkitan internet, nama domain ternyata tidak begitu mendapat perhatian yang serius. Hal ini menyebabkan bebasnya orang-orang untuk mendaftarkan sebuah nama perusahaan yang sudah memiliki hak paten, lalu dijual dengan harga yang tinggi ke perusahaan tersebut. Sebuah nama domain yang seharga $10 bisa laku terjual 100 sampai 1000 kali lipat.

Layanan Sub Domain Gratis

Layanan sub domain gratis biasanya disediakan oleh pemilik sebuah domain dengan tujuan tertentu. Misalnya pemilik domain wordpress.com memutuskan untuk membuka layanan sub domain gratis untuk setiap orang yang bersedia nge-blog di wordpress.com.

Keuntungan Sub Domain Gratis

Keuntungan memakai sub domain gratis sudah jelas, yaitu gratis. Kita tidak perlu mengeluarkan biaya akuisisi atau biaya sewa untuk menggunakan sub domain tersebut. Untuk layanan tertentu seperti wordpress.com, kita juga tidak perlu memikirkan infrastruktur web hosting untuk keperluan nge-blog.

Sebetulnya keuntungan karena gratis tersebut tidaklah terlalu besar. Dengan harga sewa domain per tahun yang berkisar di angka Rp 100.000, untuk sebuah nama unik yang kita sukai, seharusnya harga tersebut tidak terlalu mahal. Apalagi kalau domain tersebut mendukung jualan atau bisnis kita.

Kerugian Sub domain gratis / Manfaat Domain berbayar (Top Level Domain)

Kebanyakan orang memulai blog mereka melalui subdomain gratis seperti wordpress.com maupun blogspot.com. Namun sayangnya hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa subdomain tidak akan lebih bermanfaat dibandingkan Top Level Domain / domain berbayar.

Ada satu hal yang mesti kita ingat dalam menggunakan layanan sub domain gratis. Domain yang kita pakai sebagai induk dari sub domain gratis kita adalah punya seseorang atau perusahaan yang punya motivasi tertentu dalam memberikan layanan gratisnya. Seseorang atau perusahaan pemilik domain tersebut bebas mengeluarkan ketentuan yang mesti disetujui oleh para pengguna sub domainnya. Sebagai pengguna gratis, kita tidak memiliki hak apa pun terhadap sub domain tersebut. Termasuk apabila pemilik domain memutuskan untuk mengambil kembali sub domain yang kita pakai untuk kepentingan sendiri.

Kata “gratis” memang menjadi sebuah kata ampuh untuk menarik minat konsumen sebanyak-banyaknya, apalagi di zaman yang serba sulit seperti saat. . Tapi, sepertinya kita harus kembali ke keyakinan bahwa tidak ada yang benar-benar gratis di dunia ini. Salah satunya juga dengan penawaran untuk membuat website dengan subdomain gratis.

Sebenarnya kerugian menggunakan sub domain gratisan banyak sekali telah diulas di internet, silahkan googling sendiri untuk mendapatkan info lebih lengkap.

Setelah membaca artikel ini, maka Anda bisa memutuskan untuk menggunakan sub domain gratisan atau menggunakan domain berbayar milik Anda sendiri. Jangan lupa untuk mempelajari Cara mengganti domain DI wordpress.

artikel terkait Sub Domain Gratis atau Domain Berbayar?

Senin 3 Maret 2014 | Layanan

JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE – Website sudah bukan lagi barang yang mahal di…

Jumat 22 April 2016 | Layanan

Table of Contents Pembuatan Website Sekolah atau Lembaga pendidikanPengertian website sekolahPentingnya website sekolahCMS Yang digunakan pada…

Senin 18 Maret 2013 | Layanan

Dewasa ini, kecanggihan sistem informasi dan teknologi semakin pesat. Bukan hanya media cetak dan elektronik saja…

Rabu 13 Maret 2013 | Layanan

Website ibaratnya sebuah toko atau perusahaan yang buka 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 30 hari…

Memilih Sub Domain Gratis atau Domain Berbayar?

Online Sejak 8 Maret 2013