Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Tips memilih web hosting

Sep
04
2018
by : Losari WS. Posted in : Domain Hosting
5/5 (1)

Sebelum Anda membuat keputusan untuk menyewa web hosting, maka sebaiknya perhatikan Tips memilih web hosting berikut ini.

Tips memilih web hosting

1. Costumer support.

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum menyewa web hosting ialah perhatikan apakah penyedia layanan web hosting tersebut menyediakan costumer support. Apakah costumer supportnya stand by 24 jam? Hal ini penting agar kalau terjadi masalah dengan website kita, maka kita dapat segera menghubungi pihak penyedia web hosting apabila masalah terjadi pada sisi server, atau ada masalah yang tidak bisa kita pecahkan sendiri.

2. Fitur dan Harga

Sebelum memilih penyedia layanan web hosting, sebaiknya bandingkan dulu harga serta fitur-fitur yang disediakan.  Jangan terkecoh dengan harga murah namun fiturnya tidak bisa memenuhi semua kebutuhan website kita.

3. Disk space

Tips memilih web hosting

Tips memilih web hosting

Hal yang perlu diperhatikan lainnya sebelum memilih web hosting ialah pilihlah disk space sesuai kebutuhan. Jika kita ingin membuat website profile saja, mungkin tidak sama jika kita ingin membuat blog atau portal berita yang sering diupdate.

4. Target visitor

Sebelum memilih web hosting, lihat dulu website yang ingin dibuat, apakah target visitornya dalam negeri saja atau target visitornya global. Jika target visitornya hanya dalam negeri saja, sebaiknya pilih server Indonesia atau lebih baik server Singapura, tapi kalau target visitornya global, Anda bisa memilih server USA.

5. Control Panel

Sebelum memilih web hosting, periksa apakah penyedia layanan web hosting menyediakan control panel (cpanel). Dengan adanya Control Panel, kita bisa melakukan banyak hal atau pengaturan pada website kita.

6. Traffic Log

Sebenarnya ini tidak terlalu penting, tapi jika Anda ingin mengetahui detail pengunjung situs Anda tanpa menggunakan plugin atau script pihak ketiga, maka Anda bisa memilih penyedia jasa hosting yang menyediakan traffic log di cpanelnya.

7. Uptime server

Sebuah web hosting yang baik memiliki uptime atau performa yang baik (biasanya 99%), serta dilengkapi dengan uptime monitoring. Uptime merupakan sebuah kondisi dimana mesin server hosting beserta seluruh fungsinya berjalan dengan baik sehingga website klien bisa diakses dengan baik.

8. Backup

Carilah web hosting yang menyediakan layanan backup otomatis, sehingga Anda tidak perlu kuatir akan kehilangan data jika website Anda mengalami gangguan yang bisa menyebabkan hilangnya semua data. Coba Anda bayangkan jika Anda sudah meluangkan banyak dana dan tenaga untuk membuat konten website Anda, tiba-tiba hilang dalam sekejap, tentu akan sangat disayangkan. Meskipun sebenarnya backup bisa dilakukan sendiri secara rutin.

9. Memiliki bangunan fisik

Sangat penting sebelum memilih web hosting, cari tahu apakah penyedia web hosting tersebut mempunyai bangunan fisik atau kantor, terutama jika lokasi tempat penyedia web hosting tersebut berbeda dengan lokasi tempat tinggal Anda, karena jangan sampai tempat menyewa web hosting tersebut hanya pihak ketiga, yang tidak bisa bertanggung jawab jika terjadi sesuatu dengan website Anda.

10. Belilah paket web hosting sesuai dengan kebutuhan

Pada awal-awal membuat website, mungkin sebaiknya Anda memilih untuk menyewah shared hosting dulu, setelah website Anda berkembang, barulah Anda memikirkan untuk updrage ke VPS atau dedicated server, hal ini supaya tidak mubasir dalam mengeluarkan dana. Meskipun sebenarnya, memilih VPS lebih disarankan agar tidak menghosting website beramai-ramai

11. Memiliki member area

Sebaiknya memilih penyedia layanan web hosting yang menyediakan member area untuk mengelola layanan hosting, mengirimkan support tiket, dan semua yang berkaitan dengan administrasi web.

12. Memiliki lapis keamanan

Sebaiknya Anda perlu mencari tahu mengenai track record sebuah perusahaan penyedia layanan hosting sebelum memilih layanan mereka, terutama dari sisi keamanan, apakah perusahaan tersebut mempunyai sistem atau teknologi untuk mencegah atau meminimalisir dari gangguan seperti perlindungan terhadap DDoS, serta aplikasi keamanan lainnya, termasuk  firewall dan enkripsi aplikasi web.

Lihat: Top 10 Layanan Domain Hosting di Dunia

Demikianlah Tips memilih web hosting yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menyewa web hosting dari penyedia layanan tersebut. Semoga bermanfaat.

artikel terkait Tips memilih web hosting

Kamis 26 Juli 2018 | Domain Hosting

Domain sebenarnya identik dengan nama sebuah website atau url, misalnya www.losari.web.id, namun secara teori, domain bisa…

Sabtu 8 September 2018 | Domain Hosting

Control panel hosting memegang peranan penting dalam pengelolaan web. Bagi webmaster, mungkin setiap hari mengakses control…

Jumat 7 September 2018 | Domain Hosting

Cara pesan domain dan hosting di Idwebhost sangatlah mudah. Ini lebih mudah dibandingkan jika memesan domain…

Minggu 2 September 2018 | Domain Hosting

Memilih nama domain hampir sama dengan memilih nama perusahaan, tidak hanya asal memilih nama domain saja,…

Tips memilih web hosting

Online Sejak 8 Maret 2013