Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

Pengertian www (World Wide Web)

Feb
15
2014
by : Losari WS. Posted in : Blogging
5/5 (1)

JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE – World Wide Web adalah nama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses dengan software web browser. Sampai saat ini ada beberapa software web browser yang sering digunakan antara lain Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla, Google Chrome dan Opera. (Baca juga: Mengenal Internet)

World Wide Web atau WWW atau singkatnya web, terdiri dari jutaan situs web (web site) dan setiap web site terdiri banyak halaman web (web page). Halaman-halaman web ini tersebar di seluruh dunia di komputer-komputer server yang terhubung dengan Internet. Situs-situs seperti www.yahoo.com atau www.microsoft.com adalah web site yang sudah lama ada dan menyediakan banyak sekali fasilitas sehingga halaman dalam situs ini juga sangat banyak.

Tujuan diciptakannya WWW adalah untuk menyediakan ruang informasi di dalam internet yang dapat diakses dengan cara yang mudah dan cepat bagi para penggunanya.

Pengertian www (World Wide Web)

Berikut ini adalah pengertian dan definisi www menurut berbagai berbagai versi:

  • # MCLEOD (PEARSON)
    Www adalah informasi yang dapat diakses melalui internet di mana dokumen – dokumen hypermedia (file – file komputer) disimpan dan kemudian diambil dengan cara – cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.
  • # AKBAR KAELOLA
    Www adalah media bagi orang untuk dapat berbagi dokumen, gambar, film, musik dan informasi, serta menjual barang dan jasa
  • # YUHEFIZAR
    Www adalah metode untuk menampilkan informasi di internet yang dapat diakses melalui sebuah browser
  • # V. DJONG
    www adalah fasilitas di internet untuk layanan website yang menggunakan protocol http, sering kita lihat sebuah nama domain ditulis secara lengkap, seperti http://www.lintau.net (Baca juga: Pengertian Website)
  • # S’TO, MCSE, CCNA
    Www adalah server web, sehingga akhirnya orang yang mengunjungi suatu situs bisa melakukan browsing dan ke alamat yang tepat
  • # F. BUDI HARDIMAN
    Www adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh
  • # LISA KUSWAYATNO
    Www adalah kependekan dari world wide web, merupakan suatu layanan internet dengan menggunakan konsep hypertext antar dokumen yang berkaitan
  • # KATHLEEN MEEHAN ARIAS
    www adalah salah satu sumber yang paling mudah untuk digunakan, dan terdapat sejumlah jasa menyediakan pencarian secara gratis.

Seiring dengan semakin berkembangnya jaringan internet di seluruh dunia, maka jumlah situs web yang tersedia juga semakin meningkat. Hingga saat ini, jumlah halaman web yang bisa diakses melalui internet telah mencapai angka miliaran. Untuk memudahkan penelusuran halaman web, terutama untuk menemukan halaman yang memuat topik-topik yang spesifik, maka para pengakses web dapat menggunakan suatu search engine (mesin pencari). Penelusuran berdasarkan search engine dilakukan berdasarkan kata kunci (keyword) yang kemudian akan dicocokkan oleh search engine dengan database (basis data) miliknya. Saat ini, search engine yang sering digunakan antara lain adalah Google (www.google.com) dan Yahoo (www.yahoo.com).

Pengertian www (World Wide Web)

Pengertian Browser

Browser adalah suatu program yang dirancang untuk mengambil informasi dari suatu server komputer pada jaringan Internet. Informasi ini dikemas dalam page yang masing-masing memiliki beberapa link yang menghubungkan Web page ke sumber informasi lain. Jika suatu link diklik, browser akan melihat alamat dari tujuan link tersebut, kemudian mencari di Web server. Jika menemukan alamat dari tujuan link, browser akan menampilkan informasi yang ada. Jika tak menemukan alamat dari tujuan link, browser akan memberikan suatu pesan yang menyatakan bahwa alamat dari tujuan link tidak dapat ditemukan. Ketika belum banyak komputer yang menggunakan program Windows,browser dibuat dengan berbasiskan teks, sedangkan untuk menyatakan link dapat dibuat barisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Software ini dibuat untuk komputer yang menggunakan Unix. Setelah itu muncul browser Mosaic dari NCSA (National Center Supercomputing Applications) yang berbasiskan grafik dan mudah digunakan. Browser ini dipakai untuk komputer UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.Sekitar tahun 1994, muncullah Netscape versi pertama menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser. Sampai saat ini Netscape masih merupakan browser yang paling banyak digunakan untuk melakukan navigasi di Web. Kemudian salah satu perguruan tinggi terkenal di AS, yaitu MIT, membangunstandar bagi teknologi Web yang disebut World Wide Web Consortium (W3C).Teknologi terakhir yang dikembangkan oleh Microsoft adalah Internet Explorer 3.0 yang mendukung HTML 3.2. (Baca: Pengertian HTML)

Demikianlah Pengertian www (World Wide Web), semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam bahasan:

- pengertian word wide web

tags:

artikel terkait Pengertian www (World Wide Web)

Minggu 4 Oktober 2015 | Blogging

Tips membuka Olshop bagi pemula agar Sukses – Anda pasti sering mendengar dengan yang namanya Olshop…

Sabtu 27 Januari 2018 | Blogging

Saat ini, pembaca blog memiliki banyak pilihan untuk dibaca, sehingga para blogger harus bersaing untuk mendapatkan…

Minggu 11 Oktober 2015 | Blogging

WordPress atau Blogspot? Bagi kamu yang ingin membuat Blog, kamu harus menentukan platformnya dulu! Nah di…

Minggu 10 Juli 2016 | Blogging

Membuat postingan blog, apalagi jika Anda mengelola blog berbahasa Inggris, jangan asal membuat saja tanpa teknik…

Pengertian www (World Wide Web)

Online Sejak 8 Maret 2013