Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, Instal theme & Plugin, dan promosi online (Google Adwords)

Google WebMaster Tools: Pengertian, 4 Cara Mendaftar, dan Manfaat

Nov
26
2015
by : Losari WS. Posted in : Blogging

Google WebMaster Tools atau sekarang namanya Google Search Console merupakan alat yang disediakan oleh Google untuk membantu mengoptimalkan blog atau web agar terindeks dalam halaman mesin pencari Google. Google Web Master Tools ini sangat erat kaitannya dengan SEO (Search Engine Optimization) dan SERP (Search Engine Result Page).

Fitur Google Search Console termasuk informasi tentang tampilan pencarian, lalu lintas pencarian, pembaruan status teknis, data perayapan dan sumber daya pendidikan tambahan.

Google Search Console yang sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster Central dan kemudian menjadi Google Webmaster Tools hingga mengambil nama saat ini di tahun 2015.

Upaya SEO akan maksimal hasilnya bila kita menggunakan google web master tools. Google web master tool bisa diibaratkan ‘pintu masuk’ karena dengan mendaftarkan blog atau website kita ke web master tool maka blog atau website kita diakui oleh google.

Google webmaster tools
Google webmaster tools

Cara mendaftar Google Web Master Tools

Cara mendaftar ke Google Web Master Tools sangat mudah, syarat utamanya adalah memiliki akun gmail.

  • Setelah login ke akun gmail, lalu masuk ke Google Webmaster Tools.
  • Setelah itu kita akan diminta untuk memasukkan alamat blog atau website kita.
  • lalu akan muncul tombol untuk memverifikasi. Untuk memverifikasi kita diberikan file html yang nantinya harus kita upload di blog atau website kita atau kita bisa mengkonfirmasi lewat Google Analytics.
  • Bila telah terverifikasi maka blog atau website anda akan mulai terindeks google.

Manfaat Google Web Master Tools

Selain membuat blog dan website kita terindeks oleh mesin pencari. Google WebMaster tools ternyata memberikan banyak manfaat yang akan membuat blog atau website kita semakin berkembang :

  1. Kita bisa mengatur target geografis, URL, tautan situs, perubahan alamat sesuai yang kita inginkan.
  2. Adanya peringatan tentang malware dalam blog atau website kita. Google secara otomatis mendeteksi semua kejanggalan dan hal-hal yang mencurigakan yang akan mengancam blog atau website kita. Setelah menemukan hal-hal mencurigakan, google akan memberikan peringatan pada kita, selain itu para pengunjung atau pembaca blog/website kita akan melihat tanda peringatan dari google, ketika mereka menggunakan aplikasi google chrome dalam kegiatan browsing mereka. Setelah memberi peringatan kepada pengunjung dan pemilik blog/website, google akan segera memeriksa blog/ webste untuk memastikan tidak ada malware atau hal-hal yang mencurigakan yang bisa menganggu keamanan blog atau website kita.
  3. Google Web Master Tools juga memberikan review tentang kinerja blog atau web, sehingga pemilik blog atau website mengetahui kecepatan loading dari blog atau website yang mereka miliki. Manfaat ini merupakan hasil dari penambahan fitur Google Labs ke dalam Google Web Master Tools. Fitur ini memungkinkan kita melihat grafik perbandingan proses loading blog atau website yang kita miliki dengan milik orang lain.
  4. Google Web Master Tools secara otomatis akan memberikan kita informasi tentang aktifitas yang terjadi dalam blog atau website kita, seperti kesalahan server, URL dan trafik tentang kesalahan crawl (perayapan). Selain itu kita juga akan diberikan laporan tentang jumlah URL yang terindeks oleh google. Informasi lain yang akan kita peroleh adalah kita mengetahui tentang keyword (kata kunci) dan link yang banyak digunakan pengunjung atau yang banyak diklik. Selain itu kita akan mengetahui daftar URL yang dicekal oleh google, alasan mengapa URL dicekal google adalah karena terjadi kesalahan setting dalam pengaturan blog dan website mereka.
  5. Google Web Master Tools menawarkan manfaat lain kepada pemilik blog dan website yaitu menghapus duplikat konten meta deskripsi, serta menghapus link yang tidak bisa dipakai (eror) agar kualitas dan page rank blog atau website kita meningkat. Google Web Master akan secara otomatis memperbaiki judul tag yang hilang.
  6. Google Web Master Tools juga memberikan kemudahan kepada pemilik blog atau website untuk menjaga data-data lama meskipun domain web atau blog telah berubah. Sehingga pemilik blog atau website tak perlu takut atau khawatir karena data-data akan hilang.

Baca juga: Google Web Master Tools : Pengertian, Cara Mendaftar, dan Manfaat

Pastikan blog atau website anda sudah terdaftar di Google Web Master Tools, agar blog atau website anda bisa merasakan manfaat dari Google Web Master Tools ini.

Untuk membantu mencegah penyebaran COVID-19 dengan bekerja dari rumah (WFH), maka kami memberikan DISKON Rp. 500.000,- untuk pembuatan semua jenis website.
Silahkan hubungi kami lewat .

REKOMENDASI HOSTING PROFESIONAL
Kode kupon JULI 2020
Diskon BERLAKU SEUMUR HIDUP.

Service / DiskonKode Kupon
Shared
25% OFF Recurring
july2020
Semi-Dedicated
25% OFF Recurring
sdjuly2020
Reseller
30% OFF Recurring
rjuly2020

Order di: SINI

artikel terkait Google WebMaster Tools: Pengertian, 4 Cara Mendaftar, dan Manfaat

Jumat 9 Maret 2018 | Blogging

Rate this post Kadang kala dalam menulis artikel, kita melakukan kesalahan penulisan yang membuat pembaca menilai kita sebagai…

Minggu 11 Oktober 2015 | Blogging

Rate this post WordPress atau Blogspot? Bagi kamu yang ingin membuat Blog, kamu harus menentukan platformnya…

Senin 31 Desember 2018 | Blogging

Rate this post Bagaimana Cara mendapatkan 10 juta per bulan dari Bisnis Online? Tentu ini menjadi…

Kamis 25 Februari 2016 | Blogging

Rate this post Bagi para sahabat yang menggeluti dunia desain grafis pasti sangat mudah jika diberi…

Jl. Batua Raya No. 53 Makassar
081355077575
081355077575
081355077575
monitoringclub@yahoo.co.id

Google WebMaster Tools: Pengertian, 4 Cara Mendaftar, Dan Manfaat | JASA PEMBUATAN WEBSITE | LOSARI WEB SERVICE

Online Sejak 8 Maret 2013