Menu
Jasa Pembuatan website, SEO, dan promosi online

6 Tips Menghilangkan Jenuh Saat Ngeblog

Jan
24
2016
by : Natasha Wiyanti. Posted in : Blogging

Ngeblog merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi yang memang hobi dengan dunia tulis menulis. Meski ngeblog menjadi hobi sebagian orang, namun banyak dari mereka yang jenuh atau merasa bosan ketika ngeblog. Entah karena kehilangan ide atau mood yang menurun. Tapi jenuh menjadi momok tersendiri bagi orang-orang yang memiliki hobi ngeblog.

Tips menghilangkan rasa jenuh ngeblog

Tips menghilangkan rasa jenuh ngeblog (Ilustrasi/flickr)

Ngeblog menjadi hobi sekaligus pekerjaan yang menggiurkan saat ini. Tak perlu keluar rumah namun tetap menghasilkan uang. Dari sekian banyak penyakit yang dihadapi para blogger. Jenuh inilah penyakit yang paling susah dicari obatnya.

Namun banyak tips-tips yang ditawarkan di berbagai blog yang bisa dicoba untuk menghilangkan jenuh. Berikut 6 tips menghilangkan jenuh saat ngeblog :

1. Fokus pada tema yang ingin ditulis

Seorang blogger atau penulis blog memiliki sejuta ide dan beragam macamnya untuk diungkapkan. Hal ini yang membuat para blogger hank saat akan menulis karena saking banyaknya materi yang ada, para blogger sering kebingungan memutuskan tema apa yang akan dipilih.

Nah karena kebingungannya mereka akan merasa jenuh dan menyerah untuk menulis. Karena tidak bisa mendapatkan ide yang bagus untuk tulisannya. Untuk itu para blogger dan penulis harus memiliki tema yang akan dibuat tulisan, dan mereka harus mematuhi tema yang telah mereka putuskan agar tidak terjadi kebingungan. Pada intinya ialah mereka harus tetap fokus pada tema yang mereka putuskan.

2. Mengumpulkan tekad dan niat untuk menulis

Tekad dan niat merupakan modal awal seseorang dalam melakukan sesuatu. Karena tekad dan niat ini diibaratkan seperti fondasi dari tujuan yang akan kita capai. Sebelum menulis, kumpulkan tekad dan niat agar nantinya kita tidak berhenti di tengah jalan.

Tekad dan niat ini bisa menjadi perisai bagi kita untuk menghalangi perasaan jenuh menyerang kita. Saat tekad dan niat telah terkumpul maka kita akan mudah menyelesaikan apa yang ingin kita tulis.

3. Sering berkumpul dan berdiskusi dengan orang lain

Berdiskusi dengan orang lain akan mendatangkan manfaat yang luar biasa bagi kita, banyak pengalaman dan pengetahuan yang tak kita dapat dari sekolah. Banyak kita dapatkan dengan berdiskusi.

Nah dengan begitu kita memiliki banyak ide dan referensi untuk menulis. Hal ini juga bermanfaat agar tulisan kita tidak monoton. Meski satu tema yang kita jadikan acuan namun kita bisa membuat judul dan isi yang lebih bervariasi. Bahasa tulisan kita pun menjadi lebih bervariasi.

Tak hanya itu diskusi juga bisa membantu kita menemukan solusi dari setiap kesulitan yang kita hadapi dalam ngeblog. Entah bagaimana cara menaikkan traffic atau tentang SEO. Kita akan lebih mengerti ketika kita langsung berdiskusi dengan orangnya secara langsung, namun bukan berarti membaca tutorial tidak membantu tapi akan lebih baik bertemu dan berdiskusi secara langsung

4. Sering-seringlah membaca buku atau blog milik orang lain

Buku merupakan sumber ilmu sekaligus bisa menjadi sumber ide. Para blogger yang mulai jenuh sebaiknya mulai membaca buku-buku yang memang disukai dan bisa meningkatkan mood dan memunculkan ide untuk menulis.

Tak hanya buku, para blogger juga bisa berkunjung dan membaca blog blog milik orang lain. Hal ini bisa memunculkan ide baru sehingga perasaan jenuh tak lagi menghinggapi. Selain membaca buku, mendengarkan musik juga bisa menjadi alternatif penghilang perasaan jenuh saat menulis. Musik dapat menstimulasi otak dan perasaan menjadi lebih bahagia.

5. Refreshing atau berlibur

Ngeblog merupakan pekerjaan yang fleksibel karena tak memerlukan seragam dan tidak terikat. Bahkan ngeblog bisa dilakukan dimana saja dan ngeblog bisa dilakukan dengan gadget. Nah dengan konsep ini, sangat mungkin bagi anda untuk refreshing atau berlibur. Tak perlu repot mengajukan cuti.

Bagi para blogger yang tetap ingin bekerja meski sedang berlibur, bisa tetap ngeblog selama ada sambungan internet ya. Refreshing atau liburan sangat baik bagi para blogger yang kehabisan ide dan moodnya sedang menurun. Refreshing dan liburan ini juga merupakan obat yang baik bagi para blogger yang merasa jenuh.

Dengan refreshing atau liburan para blogger bisa sejenak mengistirahatkan pikiran dan otak, agar fresh kembali dan bisa menulis dengan ide-ide baru yang lebih bervariasi.

6. Beristirahat

Nah tips keenam ini ialah tips yang paling mudah untuk dilakukan para blogger. Meski bekerja di rumah para blogger juga perlu istiarahat yang cukup agar ide-ide baru dapat bermunculan.

Memporsir diri dengan pekerjaan juga dapat menyebabkan timbulnya rasa jenuh pada diri seseorang. Jadi hendaknya para blogger dan penulis senantiasa berisitirahat yang cukup agar kembali fresh dan memiliki mood yang baik untuk menulis.

Nah itulah 6 tips menghilangkan jenuh saat ngeblog. Selain 6 tips di atas para blogger atau penulis sebaiknya juga berolahraga dan makan-makanan yang bergizi serta teratur karena tubuh yang sehat akan membuat pikiran dan hati kita menjadi lebih bahagia dan fresh. Semoga bermanfaat ya tips-tipsnya

artikel terkait 6 Tips Menghilangkan Jenuh Saat Ngeblog

Minggu 4 Oktober 2015 | Blogging

Tips membuka Olshop bagi pemula agar Sukses – Anda pasti sering mendengar dengan yang namanya Olshop…

Selasa 8 Oktober 2013 | Blogging

Losari Web Service – Internet didominasi oleh dua “kekaisaran”, yaitu Google dan Facebook, menurut para peneliti…

Jumat 13 Januari 2017 | Blogging

Rahasia cara menaikkan earning Google Adsense akan dibahas melalui e-book yang berjudul Adsense Earning Monster.  Buku…

Senin 30 November 2015 | Blogging

Salah satu tujuan orang ketika membuat blog atau sebuah web adalah ingin mendapatkan penghasilan dari Google…

6 Tips Menghilangkan Jenuh Saat Ngeblog

Online Sejak 8 Maret 2013